Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Saturday, 13 July 2019

6 Tips Belanja Baju Murah Untuk Hari Raya

6 Tips Belanja Baju Murah Untuk Hari Raya
Tidak dipungkiri lagi bahwa pakaian adalah salah satu pengeluaran yang teratur dikeluarkan tiap menginjak hari raya. Baik itu idul fitri, maupun idul adha. Pengeluaran ini dilaksanakan tentunya guna menyambut hari raya semisal lebaran 2019. Meski begitu, harga pakaian tentunya bakal ada kenaikan sebab permintaan yang lumayan tinggi. karenanya, Anda mesti lebih teliti dalam berbelanja semisal belanja promo lottemart hari ini supaya pengeluaran tidak menjadi berlebihan.




1. Tentukan Anggaran

Tentu saja sebelum pergi melakukan pembelian barang baju lebaran 2018, urusan kesatu yang mesti diperhatikan ialah dengan menyaksikan lagi apakah kita memiliki lumayan dana guna berbelanja. kita wajib menilik bahwa melakukan pembelian barang baju lebaran bukanlah suatu keharusan. Jadi, andai memang dana guna lebaran tahun ini telah habis dianggarkan untuk prioritas yang lain, maka urungkan niat untuk melakukan pembelian barang baju lebaran 2018. Jika Anda telah mempunyai anak, usahakanlah memberikan definisi bahwa arti Idul Fitri lebih dari sekedar melakukan pembelian barang pakaian baru. Dengan begitu, urusan ini pun akan menolong mengedukasi anak guna tidak terbiasa hidup boros.emanfaatkan Diskon dari Online

2. Marketplace/

Ketika menginjak bulan Ramadan seringkali online marketplace di Indonesia bakal mulai berlomba-lomba mengenalkan program diskon di sana-sini, tergolong di dalamnya promosi guna produk pakaian.

Program potongan harga ini dapat muncul kapan saja, maka dari tersebut penting andai Anda mengunduh software dari online marketplace yang bersangkutan. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan notifikasi harian dan menolong Anda guna lebih bersiap-siap berbelanja.

Di samping itu, tidak boleh lupa guna mendaftarkan email ke susunan newsletter. Biasanya pihak online marketplace pun akan menyerahkan notifikasi baik harian maupun mingguan supaya Anda dapat ikut melakukan pembelian barang di program promosi tersebut.

3. Berbelanja di Instagram. Kenapa Tidak?

Anda juga dapat mendapatkan barang rumah melewati promo-promo yang ada di di Instagram. Biasanya tidak sedikit online shop yang meluangkan potongan harga sendiri. Untuk mempermudah Anda dalam mencarinya, usahakanlah ketik #PromoRamadan di tab hashtag. 3p jrg teasaidni ght Sale di Mallng 3 Ggp.

4. Midnight Sale

DI sejumlah mal, acara midnight sale seringkali juga akan dilangsungkan saat bulan Ramadan. Tentunya inilah peluang Anda untuk melakukan pembelian barang baju lebaran 2018 dengan potongan harga. Sampai ketika ini memang belum terdapat informasi tentang mal mana yang akan melangsungkan acara midnight sale.

Namun, andai memang dalam masa-masa dekat bakal ada mal yang melangsungkan acara midnight sale, pastinya Anda mesti berhati-hati supaya tidak gampang tergiur diskon. Tetap perhatikan keperluan Anda.

Carilah terlebih dahulu brand apa yang sedang diskon dan barang apa yang lebih Anda mau dan tetapkan untuk melakukan pembelian barang tersebut saja sampai-sampai tidak melakukan pembelian barang-barang yang tidak dibutuhkan in

5. Belanja Langsung di Toko? Belanjalah dari Sekarang!

Masih belum merasa nyaman untuk melakukan pembelian barang online? Tentu saja melakukan pembelian barang langsung ke toko adalahopsi yang tersisa. Seperti layaknya melakukan pembelian barang lebaran, produk pakaian yang sangat sering ditelusuri saat bulan Ramadan seringkali peralataan shalat laksana mukena, sajadah, peci, hingga pakaian pesta guna lebaran laksana baju koko, baju gamis, serta produk lainnya.

Sayangnya, telah bukan rahasia lagi bahwa pusat perbelanjaan akan paling ramai dan menciptakan Anda jadi susah memilih atau bahkan mencocokkan barang & harga. Berbelanja dari jauh hari pun melindungi kita dari ledakan harga, selain tersebut pilihan barang tentu tersedia lebih tidak sedikit karena belum tidak sedikit orang yang membelinya.

Untuk lokasi yang memasarkan pakaian dengan harga murah kita bisa melakukan pembelian barang di pusat perbelanjaan laksana Pusat grosir. Namun, lokasi ini pasti saja pun sangat ramai, usahakanlah kunjungi lokasi tersebut sedini barangkali untuk menghindari keramaian yang berlebihan.

Kenakan pakaian yang nyaman, dan hindari membawa kendaraan pribadi sebab akan semakin melelahkan. Cobalah untuk memakai kendaraan umum, di samping lebih nyaman, kita juga dapat menghemat BBM serta tarif parkir. 

6. Belanja Memanfaatkan Promo Kartu Kredit

Jika tagihan kartu kredit kita masih termasuk lancar, maka usahakanlah untuk memanfaatkan promosi kartu kredit ketika bertransaksi. Namun, terus ingat ya bahwa kartu kredit bukanlah duit tunai. Jadi, memang mesti terdapat kontrol diri yang paling kuat, supaya Anda tidak terjerumus dan menimbun utang. Manfaatkan promo kartu kredit andai program tersebut dapat memberikan kita potongan harga tambahan ketika berbelanja. Jika Anda menyimpulkan untuk memakai kartu kredit, pastikan kita memiliki lumayan dana untuk menunaikan cicilannya di bulan depan supaya terhindar dari jeratan kartu kredit

Nah, agar tak boros dan menghabiskan tabungan Anda, terdapat baiknya kalian menghitung dengan seksama biaya-biaya yang bakal dikeluarkan ketika lebaran. Ya, Anda butuh mempunyai strategi dalam mengelola, mengatur, dan memaksimalkan finansial keluarga menjelang lebaran. Berikut caranya!

1) Fokus melakukan pembelian sesuai keperluan lebaran

Menjelang lebaran bakal ada tidak sedikit sale atau diskon yang paling menggiurkan. Mungkin saja Moms akan diciptakan terlena dengan potongan harga atau diskon hingga 80 persen! Tapi tahan diri dulu ya, Moms. Belilah keperluan yang kita benar-benar perlukan saja. Coba bikin list kira-kira apa saja barang yang akan digunakan saat lebaran nanti. Pastikan melakukan pembelian sesuai kebutuhan, bukan sebab keinginan semata.

2) Jangan habiskan duit semuanya
Tak dipungkiri bila momen lebaran paling lekat dengan perayaan yang memerlukan dana tidak sedikit. Meski begitu, tidak boleh menghabiskan seluruh uang guna membeli keperluan lebaran ya! Ingat, kehidupan masih terus berlanjut. Di samping itu, bakal ada dana terpaksa yang barangkali Anda keluarkan di hari H lebaran dan setelahnya.

3) Gunakan THR dengan bijak
Buat kita yang menemukan Tunjangan Hari Raya (THR), gunakanlah dana tersebut sebijak mungkin. Berdasarkan keterangan dari konsultan finansial Farah Dini dari Janus.id, THR jangan terbuang percuma. Gunakanlah THR tersebut untuk urusan penting, seperti menunaikan zakat. Untuk yang mempunyai asisten lokasi tinggal tangga, bayarlah THR mereka terlebih dahulu. Sisa THR kemudian dapat dipakai guna membeli keperluan lebaran atau ditabung.

4) Buat perkiraan sendiri guna perjalanan mudik
Pulang dusun atau mudik seringkali paling tidak sedikit membutuhkan biaya. Karena itu, Anda butuh merencanakan perkiraan jauh-jauh hari, terutama andai Anda dan keluarga mudik memakai transportasi umum.

Sebaiknya ongkos perjalanan mudik ini terdapat posnya sendiri ya. Beberapa urusan yang tergolong dalam ongkos mudik ialah tiket, ongkos selama perjalanan termasuk santap dan obat-obatan, oleh-oleh, tiket masuk lokasi rekreasi, dan sebagainya. Usahakan sekitar mudik bawa duit tunai secukupnya saja, supaya Anda tidak tergoda melakukan pembelian barang yang tidak terlampau dibutuhkan.

Itulah sebanyak tips yang sebetulnya dapat diaplikasikan. Cukup mensyaratkan kemauan alias good will saja. Tentunya semua orang berkeinginan melewatkan hari raya dengan hepi. Dan sebisa barangkali tak merongrong pengeluaran. Jangan hingga sesudah Lebaran lewat malah mengalami kanker alias kantong kering!

Sunday, 26 May 2019

Inilah 3 Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Anak Kecil


Inilah 3 Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Anak Kecil :

Bagi seorang anak, menjalankan ibadah puasa adalah sebuah pelajaran untuk melatih kedisiplinan diri. Nah, apa saja yang perlu untuk diajarkan orang tua pada anaknya yang baru pertama kali berpuasa?

Saturday, 25 May 2019

Inilah 3 Aplikasi Smartphone yang Digunakan selama Ramadhan


Inilah 3 Aplikasi Smartphone yang Digunakan selama Ramadhan

Bagi kamu yang sedang berpuasa ramadhan, tak ada salahnya untuk menggunakan beberapa aplikasi yang sangat berguna bagi muslim yang akan menjalankan ibadah puasa.

Monday, 20 May 2019

Bandung Kota Terpopuler Kedua Pencarian Rumah Setelah Jakarta

Bandung Kota Terpopuler Kedua Pencarian Rumah Setelah Jakarta
Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Bandung menjelma menjadi kota yang menawarkan sejuta impian, beragam fasilitas umum menarik dibangun di sana mulai dari pusat perbelanjaan, pusat pendidikan, pusat hiburan, tempat wisata dibangun untuk memenuhi kebutuhan warganya.

Wednesday, 15 May 2019

Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa

Bulan puasa jarang sikat gigi sehingga timbul bakteri penyebab bau mulut? Ya jangan dong ya. Bagi muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, berpuasa satu bulan penuh adalah kewajiban.

Saturday, 11 May 2019

Berburu Diskon Promo Belanja Online Ramadhan Sale

Berburu Diskon Promo Belanja Online Ramadhan Sale


Bulan Ramadhan kali ini ada beragam promo belanja online Ramadhan Sale yang menarik untuk diikuti. Aku udah jarang banget beli baju karena mikir dah kebanyakan baju juga di rumah hehe. Niatnya sih mau ngurangi timbunan di rumah ya ala-ala Marie Kondo gitu deh. Tapi ternyata untuk diskon buku saya masih tergoda juga. Heuheu. Walau kadang belinya udah dipilah-pilah lagi sih. Bukan jenis handbook alias buku fisik, tapi belinya ebook.





Jadi kapan hari aku lihat ada promo ebook di beberapa tempat yang menawarkan Diskon Belanja Online Ramadhan Sale yaitu :


1.Cashback 20% saat Berlangganan Gramedia Digital bayar via Gopay



Jadi kapan hari aku berlangganan Gramedia Digital lagi setelah sekian lama nggak langganan. Hehe. Aku subscribe yang khusus fiction package. Jadi hanya bayar 45 rb untuk subscribe Fiction Package di Gramedia Digital. Eh, pas mau bayar baru tahu kalau ada cashback 20%. Jadi bauar hanya 36 rb aja buat langganan sebulan. Alhamdulillah. Uang 9 rb nya dibalikin lagi ke saldo gopay. Hehe







2. Diskon Ramadhan Sale di Google Play Book Store



Yeah, kali ini ada diskon gede-gedean di Google Play Book Store. Ebook Mizan dijual dengan harga sangat murah, ada yang bayar 19 rupiah aja. Rata-rata 40-70 rupiah per buku.


Aku kira beneran diskon ya, jadilah aku beli banyak buku inceran. Apalagi ada sisa saldo pulsa 5 rb an. Eh ternyata total biaya beli ebook hanya bayar 2500 an. Wow, padahal aku beli bukunya nyampe 76 buku. Nggak tahu kudu bilang apa ya, selain alhamdulillah. Huhu. Ku bingung mendeskripsikan perasaan ini.









Ya… Di satu sisi aku ngira kalau ini beneran diskon makanya beli langsung banyak judul sekaligus. Eh besoknya ternyata pas cek lagi di sana udah nggak diskon lagi. Jadi, apa yang kemarin itu beneran bug price? Trus gimana dong status buku yang udah kubeli? Alhamdulillahnya nggak ada tagihan sih. Aku kira bakal ada tagihan lain. Huhu. Kalo iya kutak sanggup bayar harga bukunya. Tapi ampe sekarang masih kepikiran status bukunya nih. Halal ga nih? Ya walo nggak ada tagihan ya. Tapi gimana dong~ pusing akutu. :(


3. Voucher Gopay Deal Bayar 200 Rupiah Buat Beli Komik di Gramedia



Jadi kita bisa beli komik dengan harga murah dengan cara beli dulu voucher diskon 200 rupiah Gramedia di Gopay Deal. Nah, vouchernya ntar dituker buat dapetin diskon 12500 rupiah. Jadi kalau nuker di kasir aku cuma bayar 12500 aja buat beli komik Detektif Conan. Murah banget kan beli komik 5 volume kalikan aja 12500. Bayar cuma 62500 aja. Hehe. Tapi vouchernya baru bisa dtuker tanggal 22 Mei ya. Jadi beli aja dulu vouchernya. ;)




Yaa… udah itu aja. Aku nggak beli barang yang lain. Paling ya beli buku, ebook dan komik aja. Wehehe. Sungguh sebuah pengiritan yang hakiki. Paling habis 100 rb dapet banyak buku yang diincer. Alhamdulillah. :D


Kalau kamu gimana? Apakah kamu juga Berburu diskon promo belanja online Ramadhan Sale selama bulan Ramadhan ini? Share dong di kolom komentar mana aja inceranmu. Hehehe. :D

Monday, 6 May 2019

3 Alasan Buka Bersama Saat Ramadhan Terasa Menyenangkan

Kelas bahasa Arab hari itu dimulai agak sore, jam 3 sore. Padahal hari itu seharusnya hari terakhir kami berangkat kelas bahasa arab sebelum libur Ramadhan. Diam-diam aku bertanya apa alasan Ummu belum juga berangkat hingga jam menunjukkan angka 3.

Thursday, 2 May 2019

Perihal Kehilangan

Perihal Kehilangan

3 tahun lalu…

Hari itu aku ulang tahun, bertepatan dengan kejadian yang bikin aku trauma dan nggak mau lagi bersahabat dengan tetangga super rese. Hari di mana aku berkali-kali mengutuk kenapa ada tetangga yang tak suka dan tak pengertian karena kami memelihara kucing.

Thursday, 25 April 2019

Catatan Kecil : Dilema Pemakaman Umum

Kemarin adalah hari ke 7 meninggalnya seorang ibu yang tinggalnya di belakang rumahku. Jadi yang punya rumah itu menantu dan anaknya. Terhitungnya ibu ini bukan warga sini. Dan ada yang bilang kalau bukan warga sini ga bs dimakamkan di pemakaman umum.

Wednesday, 24 April 2019

Tips belajar efektif 20% hasil 80% ala Peachy Liv

Tips belajar efektif 20% hasil 80% ala Peachy Liv

Sebenarnya ini buat catatanku pribadi setelah nonton video di Youtube Channel Peachy Liv. Soalnya aku gampang lupa. Jadi daripada ngulang nonton videonya, mending kucatat aja ya.

Bucin : Mencintai atau Dicintai?

Bucin : Mencintai atau dicintai?

Pernah nanya ga apa arti bucin? Kenapa seseorang jadi bucin? Kenapa juga ada bucin di antara kita? Halah hahaha. Udah, ga usah dijawab dalam hati, ucapin aja biar plong. *lho

Tuesday, 23 April 2019

Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak Sebelum Tidur


Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak Sebelum Tidur

Bagi orang tua menidurkan anak terkadang akan dianggap sebagai pekerjaan yang sulit. Akan munculnya disetiap pikiran orang tua tentang cara untuk menaklukan si kecil yang masih ingin terus bermain, menonton TV, atau tidak mau berbaring di tempat tidur.

Saturday, 20 April 2019

Itinerary Liburan dan Wisata Favorit di Bali

Liburan ke Bali dengan berjuta pesonanya, siapa yang nggak mau coba? Kalau kamu menjadikan Bali sebagai destinasi wisata favorit, maka perlu untuk mengunjungi tempat wisata di Bali ini. Nah, apa saja sih wisata Bali yang bisa kamu jelajahi di pulau dewata ini? Yuk simak detail itinerarynya ya!

Friday, 12 April 2019

Pacific Garden Alam Sutera Sangat Cocok Untuk Hunian Mahasiswa

Pacific Garden Alam Sutera Sangat Cocok Untuk Hunian Mahasiswa
Mahasiswa sekarang ini memang harus mempunyai pemikiran yang lebih produktif, kreatif, dan juga harus selalu update untuk segala macam hal yang berkaitan dengan ilmu yang dipelajarinya. Karena memang dunia ini atau zaman sekarang ini menuntut setiap anak muda mempunyai kompetensi yang sangat tinggi dan juga mempunyai karya yang benar-benar nyata. Bahkan tidak sedikit dari para mahasiswa sekarang ini sudah menyusun sebuah konsep bisnis yang mempunyai potensi sangat besar untuk mendapatkan sebuah pendapatan.

Sunday, 7 April 2019

Webinar Week 5 : Mapping Prioritas Sebagai Solusi Galau Dalam Amanah

Webinar Week #5
Pemateri : Fathur, Mahasiswa Univ. Telkom.

Materi malam minggu ini akan diisi oleh Kak Fathur, Mahasiswa Telkom University dengan materi MAPPING PRIORITAS SEBAGAI SOLUSI GALAU DALAM AMANAH. 

Tuesday, 26 March 2019

Beberapa Resep Kue Kering Lebaran Yang Enak dan Lezat

Beberapa Resep Kue Kering Lebaran Yang Enak dan Lezat

Mungkin kali ini kamu ingin mencoba membuat kue sendiri untuk lebaran nanti? Namun masih bingung mau membuat kue apa? Untuk itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa resep kue kering lebaran yang enak dan lezat sebagai berikut ini :

Sunday, 24 March 2019

Kajian Islam Rumah Qur'an : Bahaya Lisan #2

Resume Kajian Rutin Islam

๐Ÿ Rabu, 13 Maret 2019
⏰ Pukul 16.00 - 17.30 WIB
๐Ÿƒ Pemateri : Ustadz Abdu Syukur
๐Ÿก Rumah Quran Kota Tegal
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



๐Ÿƒ Bahaya Lisan Part 2๐Ÿƒ


❓Apa saja kerusakan dan kebinasaan yang disebabkan oleh lisan?

❓Apa saja bahaya yang akan ditimbulkan akibat lisan kita?

1. GHIBAH


Artinya menggunjing atau mengumpat.

๐ŸŒพ Sesungguhnya ghibah itu haram berdasarkan kesepakatan seluruh ulama. Sebagian besar mereka menyebut bahwa ghibah termasuk dosa besar.

Imam Al-Qurtubi:

Ulama-ulama ahli tafsir dan ulama besar lainnya sepakat seluruhnya bahwa ghibah termasuk dosa besar karena ada ancaman bagi pelaku ghibah tersebut. Dan dosanya semakin besar lagi jika ghibah dialamatkan kepada para ulama dan penghafal Qur'an.

Orang yang duduk dan mendengarkan orang-orang yang sedang berghibah namun dia tidak mencegah atau menghentikan maka dia juga berdosa sama dengan orang yang menggibah. Naudzubillah

๐Ÿ”ฅ Di hari kiamat dosa orang yang ghibah tidak akan diampuni kecuali dia meminta maaf langsung kepada orang yang telah dighibahi.

๐Ÿ“Œ Termasuk ghibah jika kita membicarakan aib dan kekurangan seseorang walaupun hanya dengan isyarat.

๐Ÿ“Œ Melakukan ghibah dengan cara tulisan. Status di facebook, instagram, dll. Kita share hal yang belum tentu kebenarannya juga harus hati-hati!

๐Ÿ“Œ Menggibah dengan lisan dan perbuatan bahkan menggumam dalam hati pun tidak boleh

๐Ÿƒ Q.S Al-Hujurat 12

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุงุฌْุชَู†ِุจُูˆุง ูƒَุซِูŠุฑًุง ู…ِู†َ ุงู„ุธَّู†ِّ ุฅِู†َّ ุจَุนْุถَ ุงู„ุธَّู†ِّ ุฅِุซْู…ٌ ۖ ูˆَู„َุง ุชَุฌَุณَّุณُูˆุง ูˆَู„َุง ูŠَุบْุชَุจْ ุจَุนْุถُูƒُู…ْ ุจَุนْุถًุง ۚ ุฃَูŠُุญِุจُّ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุฃَู†ْ ูŠَุฃْูƒُู„َ ู„َุญْู…َ ุฃَุฎِูŠู‡ِ ู…َูŠْุชًุง ูَูƒَุฑِู‡ْุชُู…ُูˆู‡ُ ۚ ูˆَุงุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู„َّู‡َ ۚ ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุชَูˆَّุงุจٌ ุฑَุญِูŠู…ٌ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

๐Ÿ“ Jangan sampai menjadi orang yang ahli ghibah, mencari keburukan orang lain, dan berprasangka buruk terhadap sesama muslim. Kita harus senantiasa husnudzon.

๐ŸŒพ Kemuliaan apa yang kau peroleh dari Allah?

Saya selalu mendapat rahmat karena selalu berhusnudzon kepada orang terutama kepada Allah.

❓Apa itu ghibah?


Rasulullah bersabda: "Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan ghibah?" Mereka menjawab: "Allah dan Rasulnya lebih tahu", Rasulullah menjawab : "Ghibah adalah kalian membicarakan terhadap saudara kalian apa-apa yang tidak disukainya baik". Mereka bertanya, "Bagaimana jika yang kita bicarakan benar sesuai dengan keadaannya?"

Rasulullah bersabda: "Maka ketika apa yang kau bicarakan tetang saudaramu adalah benar maka itu teasuk benar, namun jika yang kalian bicarakan tidak sesuai kenyataan maka ini termasuk kebohongan atau fitnah". (H.R Muslim)

❓Apa kafarat ketika kita melakukan ghibah?


1. Bersegera bertaubat kepada Allah

2. Meminta maaf kepada orang yang telah dighibahi

Karena sesungguhnya ghibah dosanya lebih besar daripada zina. Jika dosa zina bisa langsung diampuni oleh Allah namun dosa ghibah belum bisa diampuni Allah kecuali kita sudah meminta maaf kepada siapa orang yang telah dighibahi jika belum maka di akhirat kebaikan kita akan diberikan kepada orang yang kita ghibahi.

Namun jika kita sulit untuk bertemu karena ia sudah meninggal atau pindah. Tidak cukup meminta maaf kepada ahli warisnya saja tapi kita harus terus beristighfar agar Allah mengampuni dosa kita dan dosa orang yang telah kita ghibahi.

Semoga kita bisa menjaga lisan dari ghibah dan bisa mencegah ghibah di kalangan masyarakat dan teman kerja.

Allahu'alam bisshowab

☘ Resumed by
SAA (owner @profesormukena)
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
#YukDatangiMajelisIlmu
#KajianBerkahManfaat
#SiapMemuliakanAlqur'an
#1rumah1hafidz/ah
@rumahqurantegal

๐Ÿ“ฑCP : 085742366314
Ingin dapat resume dan rekaman kajian? Yuk gabung di grup kajian rutin

https://chat.whatsapp.com/GiYjvLyzh8jLoMdXnYw7YO

Hadiri Kajiannya, dapatkan Berkahnya
Sebarkan... Ajak kerabat dan keluarga ๐Ÿ˜Š

Saturday, 23 March 2019

Kajian Islam Rumah Qur'an : Bahaya Lisan #1

Resume Kajian Rutin Islam

๐Ÿ Rabu, 30 Januari 2019
⏰ Pukul 16.00 - 17.30 WIB
๐ŸŒด Ustadz Abdu Syukur
๐Ÿก Rumah Quran Kota Tegal
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

How to be an Extraordinary Student

Webinar Week #4 : How to be an extraordinary student

Pemateri : Dina Ega Mulya


๐ŸŒผ๐Ÿƒ๐ŸŒผ๐Ÿ๐ŸŒผ๐Ÿƒ


Assalamu'alaikum,

Hello everyone,  Let me introduce myself,  I'm Dina Ega Mulya,  people often call me Dina form English Education Department 2016 Siliwangi University.


Wednesday, 20 March 2019

How to be a Good and an Usefull Student

“ HOW TO BE A GOOD AND AN USEFULL STUDENT ”

Pemateri : Tirta Meyrizka Lubis
_____________________________________________

Definisi
๐Ÿ‘‰ Baik ( Good )
Elok ; patut ; teratur (apik, rapi, tidak ada celanya, dan sebagainya)

Tuesday, 19 March 2019

Konser Lany di Indonesia Pasti Meriah

Konser Lany di Indonesia Pasti Meriah


LANY menjadi salah satu band asal Los Angeles yang sedang dilirik oleh dunia. Bukan hanya karena penampilannya yang selalu keren dan ketampanan dari sang vokalis. Namun juga karena lagu-lagu yang mereka ciptakan selalu memberikan kesan yang mendalam dan tentunya enak didengar.

Tuesday, 26 February 2019

Cerita Hari Ini : Dari Rumah Qur'an hingga Kelas Bahasa Arab


Tahun ini bisa dibilang tahun yang super bikin aku harus fokus dengan hal yang aku inginkan. Fokus untuk melakukan banyak hal baru dan berbeda dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini pula pertama kalinya aku bilang pada diriku sendiri. "Hidup yang tak dipertaruhkan, tak akan pernah dimenangkan." Itu artinya aku harus lebih bisa bertanggungjawab terhadap diriku sendiri. Harus mulai bisa mengambil keputusan dengan serius dan matang demi masa depan.

Friday, 22 February 2019

Tips Memilih Layanan Data Center Terbaik untuk Keamanan Data Perusahaan

Tips Memilih Layanan Data Center Terbaik untuk Keamanan Data Perusahaan

Sudah bukan zamannya lagi sebuah perusahaan kebingungan menyimpan data-data penting. Di era modern seperti ini, ada berbagai cara untuk penyimpanan data yang mutakhir dan aman. Contohnya adalah dengan mengandalkan layanan data center.

Inilah Wisata Alam di Malaysia Dengan Fasilitas Mewah

Inilah Wisata Alam di Malaysia Dengan Fasilitas Mewah

Selain singapura,  destinasi paling akrab jadi tujuan wisata masyarakat Indonesia adalah negara Malaysia. Selain dekat, budget yang dibutuhkan untuk berkunjung ke Malaysia tergolong masih sangat terjangkau. Terutama pelancong yang baru saja menjajal berpergian ke laur negeri, berfoto dengan latar belakang Menara Petronas sudah bisa menjadi salah satu pembuktiannya.

Wednesday, 13 February 2019

[KAJIAN RUMAH QURAN 2 ] Tafsir Surat Maryam (Ayat 1-13)

Kajian Rumah Quran 2 Tegal kali ini adalah kajian perdana. Bertempat di Jl Bekasi, Krandon, Tegal Barat. Nah, pematerinya ustad yang sudah sering ngisi kajian di rumah quran juga. Beliau akan mengisi per 2 pekan sekali.

Friday, 1 February 2019

3 Tips Mudah Membuat Gambar Yang Lucu Dan Unik Sendiri

3 Tips Mudah Membuat Gambar Yang Lucu Dan Unik Sendiri

Salah satu kata kata unik yang sering dijumpai didalam fenomena gambar yang telah lama muncul dalam kegiatan online kita adalah “Kalau semua beres dicampur plastik, disitu kadang saya merasa sedih”. Jika kamu ingin berkreativitas dengan membuat gambar lucu sendiri, maka kami akan memberikan tips membuat gambar yang lucu dan unik. Berikut 3 tips mudah membuat gambar yang lucu dan unik sendiri diantaranya yaitu :


1. Dengan Memilih Gambar Yang Tepat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan pada saat akan membuat gambar adalah dengan menentukan terlebih dahulu jenis gambar apa yang akan dibuat. Ada banyak jenis gambar yang bisa dipilih seperti gambar komik atau biasa, atau bahkan gambar gabungan. Untuk membuat gambar komik diperlukannya keahlian tambahan seperti kemampuan untuk membuat gambar komik yang sangat lucu.

Untuk membuat gambar biasa, kamu tinggal memilih gambar atau foto yang menarik bagi kamu atau komunitas tempat dimana gambar yang dibuat nanti akan disebarkan.

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memilih gambar sendiri atau teman sendiri untuk dijadikan gambar yang lucu. Misalnya saja dengan menggunakan gambar teman yang ada di tempat kerjaan.




2. Dengan Mengangkat Topik Yang Sedang Tren


Langkah kedua yang harus kamu lakukan untuk membuat gambar yang lucu adalah dengan mengangkat topik yang sedang tren. Buatlah gambar dengan mengusung topic yang sedang tren atau booming sehingga nantinya akan dihasilkannya gambar yang sangat menarik. Dan akan lebih menarik lagi jika menggunakan kata kata yang sedang booming saat ini seperti “….disitu kadang saya merasa sedih” atau menggunakan topic yang lainnya yang memang sedang tren saat itu.

Topik lain yang selalu menjadi tren dan biasanya akan digunakan adalah peluncuran film terbaru. Oleh karena itu untuk membuat gambar yang lucu, gunukanlah gambar promosi film terbaru yang sedang diluncurkan. Bahkan supaya lebih menarik lagi, wajah pemeran digambar tersebut diganti atau diedit dengan menggunakan wajah orang yang dikenal atau bahkan dengan menggunakan wajahmu sendiri.


3. Dengan Menentukan Aplikasi Yang Digunakan

Ada banyak aplikasi yang memang dikhususkan untuk membuat gambar baik yang berplatform android, PC ataupun online. Ada banyak aplikasi di android yang bisa digunakan secara gratis seperti Meme Generator, Meme Maker, GATM Meme Generator, Meme Me, dan yang lainnya. Kesemua aplikasi di android tersebut telah menyediaka berbagai gambar default yang sangat menarik untuk dibuat gambar. Tetapi untuk membuatnya kamu juga bisa memilih gambar sendiri.

Bagi platform PC salah satu aplikasi yang cocok untuk digunakannya adalah iMeme yang menyajikan berbagai macam gambar default. Atau juga dengan menggunakan aplikasi PC lainnya yaitu Photoshop. Meski photoshop merupakan aplikasi gambar yang sangat lengkap dan terkesan rumit, tetapi membuat gambar dengan menggunakan photoshop ini prosesnya sangatlah mudah. Cukup dengan membuka aplikasi lalu foto yang akan digunakan dibuka dan tambahkan pada bagian atas dan bawahnya layer teks.

Sedangkan untuk platform online bisa dengan menggunakan Memecenter, Memeful, Imgglip, Mememaker, Memegenerator, WeknowMemes, QuickMeme, dan yang lainnya. Tetapi yang menjadi kekurangan dari platform online ini adalah menyediakan beberapa gambar yang kurang familiar karena adanya perbedaan ras dan juga budaya.

Itulah 3 tips mudah membuat gambar yang lucu dan unik sendiri. Selamat mencoba dan kembangkan terus kreativitasmu.

Tuesday, 29 January 2019

[Kajian Islam Rumah Quran Tegal] Kenikmatan Pahala Sabar

Resume Kajian Rutin Islam

๐Ÿ—“ Rabu, 23 Januari 2019
⏰ Pukul 16.00 - 17.30 WIB
Pembicara : Ustadz Abu Tholib, S.Hi, M.Si
๐Ÿก Rumah Quran Kota Tegal
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



*_๐Ÿƒ Rahasia Sabar ๐Ÿƒ_*

๐Ÿ“Œ Ayat-ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang sabar ada 104 ayat

๐Ÿƒ *Q.S Al-Imran 200*

ูŠَٰุٓฃَูŠُّู‡َุง ูฑู„َّุฐِูŠู†َ ุกَุงู…َู†ُูˆุง۟ ูฑุตْุจِุฑُูˆุง۟ ูˆَุตَุงุจِุฑُูˆุง۟ ูˆَุฑَุงุจِุทُูˆุง۟ ูˆَูฑุชَّู‚ُูˆุง۟ ูฑู„ู„َّู‡َ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชُูْู„ِุญُูˆู†َ

"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung."

Menurut imam salafu sholih mendefinisikan sabar yaitu, sabar adalah menahan diri dari sesuatu yang tidak disukai.

๐Ÿ“Œ Sabar tidak akan ada ketika hati kita tidak ikhlas karena sabar itu dihadapkan dengan sesuatu yang tidak kita sukai

๐Ÿ“ Jenis sabar (3):
1.  Sabar ketika menjalani ketaatan kepada Allah

2. Sabara dari menahan diri dari perkara-perkara yang dilarang Allah. Sabar dalam meninggalkan kemaksiatan.

3. Sabar menerima ketentuan-ketentuan takdir dari Allah yang buruk atau baik.

๐Ÿ“Œ Sabar akan sempurna dengan ridho dan keikhlasan

❓ Apa perbedaan *"isbiruu"* dan *"Shobiruu"*

✅ Isbiruu (fiil amr =kata kerja perintah) ▶ Sabar secara umum.

✅ Shobiruu ▶ kalahkan orang-orang kafir dengan sabar

๐Ÿ“Œุฑَุงุจِุทُูˆุง۟ Tegakan jihad
Sifat ribath itu tidak akan ada ketika sabar tidak miliki.

๐Ÿƒ *Q.S Al-Baqoroh 155*

ูˆَู„َู†َุจْู„ُูˆَู†َّูƒُู… ุจِุดَู‰ْุกٍ ู…ِّู†َ ูฑู„ْุฎَูˆْูِ ูˆَูฑู„ْุฌُูˆุนِ ูˆَู†َู‚ْุตٍ ู…ِّู†َ ูฑู„ْุฃَู…ْูˆَٰู„ِ ูˆَูฑู„ْุฃَู†ูُุณِ ูˆَูฑู„ุซَّู…َุฑَٰุชِ ۗ ูˆَุจَุดِّุฑِ ูฑู„ุตَّٰุจِุฑِูŠู†َ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.





๐Ÿ“Œ Hidup adalah ujian. Tidak ada orang yang hidup dibiarkan tanpa ujian.

๐Ÿ“ŒUjian ada 2 yaitu :

1. Ujian berupa kenikmatan maka harus perbanyak syukur pada Allah

2. Ujian berupa musibah atau takdir buruk.
Kita harus menerima dengan ikhlas lalu diikuti dengan sabar.

๐Ÿ“Œ Kadar ujian tergantung sesuai kemampuan manusia, Allah tidak ingin hambanya oleng.

1. Kadar keimanan tinggi maka ujiannya pun berat

2. Kadar keimanan sedikit maka ujiannya pun ringan

3. Pahala untuk orang yang sabar adalah pahalanya penuh tanpa hisab (perhitungan).



❓Apa makna "bighoiri hisab"? Yaitu tanpa ditakar

๐ŸŒพ Ibadah yang tanpa takarannya adalah sabar dan puasa.

๐Ÿ“ Para nabi dan rasul yang paling sempurna sabarnya adalah para ulul azmi (5)
1. Muhammad
2. Isa
3. Musa
4. Ibrahim
5. Nuh

Semoga kita menjadi hamba yang selalu bersyukur ketika mendapat kenikmatan dan selalu sabar ketika mendapat ujian yang buruk.

Allahu'alam bisshowab.

☘ _Resumed by_
SAA (owner @profesormukena)
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
#YukDatangiMajelisIlmu
#KajianBerkahManfaat
#SiapMemuliakanAlqur'an
#1rumah1hafidz/ah
@rumahqurantegal

๐Ÿ“ฑCP : 085742366314
Ingin dapat resume dan rekaman kajian? Yuk gabung di grup kajian rutin
http://bit.ly/KajianRumahQuranTegal

_Hadiri Kajiannya, dapatkan Berkahnya_
*Sebarkan... Ajak kerabat dan keluarga* ๐Ÿ˜Š

Monday, 28 January 2019

Cara Cetak Sendiri Tiket Nonton Film di Mesin Self Ticketing CGV Tegal

Saya jarang nonton di bioskop. Paling sebulan sekali dua kali aja. Itu pun kalau ada film favorit yang lagi tayang di bioskop. Alhamdulillah dua minggu lalu dapet hadiah 2 tiket nonton film di CGV Tegal, dikasih free ticket sama Info Tegal. Thanks ya. ๐Ÿ˜

Sunday, 20 January 2019

30 Hari Bercerita : Berdamai dengan Perubahan

BERDAMAI DENGAN PERUBAHAN

Beberapa orang mengalami shock ketika suatu perubahan terjadi, baik perubahan itu terjadi secara mendadak maupun sudah ada pengumuman sebelumnya.

Wednesday, 16 January 2019

Wishlist Traveling Keliling Indonesia 2019

Wishlist Traveling Keliling Indonesia 2019

Tahun baru sudah dimulai, nggak kerasa ya udah separuh bulan Januari kita lalui. Saya ngerasa excited dengan tahun ini karena banyak agenda yang pengin saya wujudkan.

Tuesday, 15 January 2019

30 Hari Bercerita : Latihan Pemain Pertunjukan Scorpion Pirates Dufan

Make Habits

Lelaki itu berjalan di depan penonton, melambaikan tangan bersama para kawanannya. Beberapa menit kemudian pertunjukan dimulai. Ada berbagai atraksi yang sulit ditunjukkan, jika bukan karena pengulangan yang beratus kali ia lakukan.

Aku hampir saja kabur dari tempatku duduk, saat suara petasan bercampur dengan aroma mesiu merebak di udara. Ini aroma yang tidak kusukai, aroma petasan.

Lelaki berjanggut itu melemparkan sesuatu ke arah penonton. Ke arah tempatku duduk. Kukira barang itulah yang meledak. Karena suaranya dekat sekali dengan telingaku. Ternyata bukan.

Aku berteriak-teriak bersamaan dengan bergesernya tubuhku ke arah kanan. Lalu anak-anak di sampingku tak ada yang berani mengambil gumpalan kain berwarna hitam yang diikat dengan tali.

Sungguh kukira itu mesiu betulan. Ternyata itu hanya efek kejut saja. Ia sengaja melempar kain itu ke arah penonton. Sedangkan petasan yang asli dilemparkan ke arah lain.

Banyak wahana pertunjukan di Dunia Fantasi yang menggunakan latihan berkali-kali, berbulan-bulan hingga bisa mahir dimainkan tanpa cela.

Jika seorang yang melakukan latihan itu awalnya adalah seorang awam. Aku tak tahu berapa banyak petasan yang telah ia lemparkan hingga suaranya menggema tanpa melukai penonton. Tapi demi efek spektakuler bagi pertunjukan, apapun bisa dilakukan oleh pemain pertunjukan, kan?

Pun sama halnya dengan artis, musisi, pemain teater, dll. Tiada kata instan meskipun pertunjukan yang ia lakukan hanya dalam hitungan jam.



Latihan, repetisi, pengulangan. Ditujukan untuk melatih apapun yang ingin kita jadikan sebuah kebiasaan. Hal ini akan berdampak ada kualitas habits/kebiasaan itu sendiri.

Ada yang bilang bahwa seseorang harus melalui 10.000 jam untuk bisa menjadi ahli/ ekspert di suatu bidang yang ia tekuni. Ada juga yang harus melakukan repetisi setiap hari agar tak lupa.

Apapun itu, habits harus diulang terus menerus agar menjadi  kebiasaan. Menjadi darah daging kita. Jika habits itu baik, maka kita akan baik. Begitu pun sebaliknya.

@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1915 #30hbc19

Monday, 14 January 2019

30 Hari Bercerita : Jalan Pintas

Jalan Pintas

Aku sering melewati tempat ini, dekat stasiun kereta api di kotaku. Tapi aku jarang menyebrang lewat jalur pintas. Entah kenapa aku lebih suka melewati jalan yang seharusnya. Bukan jalan ilegal.

Drama Mandarin Favorit Tahun 1990-2000 an

Drama Mandarin Favorit Tahun 1990- 2000 an

Bisa dibilang tahun 1990-2000 adalah masa-masa di mana tayangan televisi banyak didominasi oleh serial berbahasa mandarin, mulai dari hongkong, taiwan, china, dll.

Nah... Trus serialnya didubber atau diisi suara berbahasa indonesia. Jadi penonton hanya tahu bahasa mandarinnya saat theme song atau ost-ya diputar di awal dan akhir tayangan.

Sunday, 13 January 2019

Berikut Deretan Sepatu Puma Terbaru Paling Hits 2019

Berikut Deretan Sepatu Puma Terbaru Paling Hits 2019
Sebagai perusahaan apparel terbesar dan perpouler di dunia, tentu saja Puma selalu menghadirkan produk-produk terbaru dengan kualitas nomor wahid.

Saturday, 12 January 2019

30 Hari Bercerita : Bagaimana Jika...

Bagaimana jika...

Laki-laki itu tak pernah menikah dengannya, lalu tak lahir aku sebagai anak pertama.

LITERASI MUSLIM : MAKE HABITS

Genealogy of habits

• Habits adalah hasil daripada pengulangan suatu aktivitas dalam jangka waktu tertentu.

Thursday, 10 January 2019

30 Hari Bercerita : Life Lesson

Life Lesson

Jakarta itu bukan tempat yang nyaman untuk tinggal. Adekku bilang begitu karena ia pernah merasakan kerasnya Jakarta pinggiran. Bosnya yang galak, kerjaan yang beruntun, hingga masalah culture shock.

Wednesday, 9 January 2019

LITERASI MUSLIM : Everything Are Habbits

Bagaimana dengan pembahasan materi pertemuan pertama? Mudah-mudahan kita bisa semakin yakin bahwa kita pasti bisa memiliki suatu keahlian.

• Keahlian yang produktif.

• Keahlian yang bermanfaat, untuk diri sendiri dan orang di sekitar kita.

• Keahlian yang akan menjadi modal kita untuk menanam amal sholeh, sebagai bekal menuju negeri Akhirat.

• Khair, malam ini insyaa Allah kita akan lebih dalam memahami HABITS. Untuk jawaban dari pertanyaan yang masuk saat pertemuan pertama, insyaa Allah akan dijawab setelah pembahasan KulWa malam ini.

***

"Everything are Habits"

Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukanya tanpa berfikir.

Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia.

Habits adalah kebiasaan.

Ketika kita melihat pemain sepak bola profesional sedang menggiring bola dengan lincah dan apik, kita menganggapnya itu hal yang luar biasa.

Tapi, bagi pesepak bola profesional itu hal BIASA.

Ketika kita melihat pemain bulu tangkis, sebut saja Taufik Hidayat

Dia memainkan raket dengan sangat refleks, bahkan bisa memukul dari belakang punggung atau bawah kaki.
Kita menganggapnya itu hal yang istimewa.

• Baginya, itu hal yang sudah biasa.

• Atau saat kita menyaksikan seorang pembicara menyampaikan ide-idenya dengan sistematis, dengan ayat-ayat al qur'an dengan hadist yang mengalir begitu mudah dari lisannya.

• Bagi kita itu hal yang luar biasa.

• Bagi mereka tentu hal itu sudah BIASA.

• "Biasa" di sini tentu bukan dalam konotasi negatif.

• Tapi lebih pada arti "sudah biasa dilakukan"

• Atau bisa juga dikatakan _mereka sudah melakukan hal yang luar biasa berulangkali

• Akibatnya hal yang luar biasa bagi kita bagi mereka adalah biasa

• Sepakat ya sampai di sini ๐Ÿ˜Š
 Saya coba berikan 1 ilustrasi..ba teman-teman baca tulisan berbahasa arab berikut?

• Bingung? bagus hehe



• Bagi anda yang bingung. Kemungkinan besar anda tidak mimiliki habits membaca literatur berbahasa arab gundul.

• Bagi anda yang bisa Namun terbata-bata. Maka anda termasuk orang yang mengetahui. Namun penetahuannya belum dijadikan sebagai habits.

• Bagi anda yang tanpa kesulitan sedikit pun untuk membacanya. Dapat dipastikan, anda telah membaca puluhan atau bahkan ratusan buku literatur berbahasa arab gundul.

• sepakat?

• kita coba satu lagi ya, bismillah. Bagaimana? Bisa?



• kalo anda seorang muslim saya pastikan anda bisa.

• Pertanyaannya kenapa literatur yang pertama tidak bisa kita baca sedangkan literatur yang kedua dengan mudah kita baca?

• Jawabanya adalah Ha-bits.

• Kita telah menjadikan literatur yang ke-2 hal yang biasa. (Baca : biasa kita baca)

• Dan literatur yang ke-1, kita tidak biasa membacanya. Atau bahkan belum pernah.

• Poinnya adalah perbedaan bisa dengan tidak bisa itu sangat sederhana, yaitu habits.

• Bisa karena biasa. Tak bisa karena tak biasa. Sepakat? ๐Ÿ˜Š

• perlu kita tanamkan bahwa ;

• menguasai bahasa adalah habits.

• rajin atau malas juga habits.

• ramah atau pemarah pun habits.

• bahkan kaya atau miskin pun juga habits.
Dan poinnya, tidak perlu memikirkan apa posisi awal kita saat ini.

• Kita dapat menjadi apapun atau menguasai keahlian apapun yang kita inginkan bila kita benar-benar menginginkannya.

• Caranya?

• Dengan kita membiasakan dan membentuk habits pada diri kita.

• Menjadikan yang luar biasa menjadi kebiasaan.

Habits adalah sesuatu yang otomatis

• Dalam suatu penelitian disampaikan bahwa dari 11.000 sinyal yang diterima otak, hanya 40 % saja yang diproses secara sadar. Sisanya direspon secara otomatis

• penelitian lain menyampaikan 95%  respon manusia terhadap suatu kondisi tertentu terjadi secara otomatis.

• Artinya respon kita terhadap satu kondisi tertentu, baik respon berupa pemikiran, perasaan maupun perbuatan, sesungguhnya berasal dari kebiasaan atau habits yang secara otomatis terjadi pada diri kita.

• satu orang dengan orang yang lain tentu saja berbeda habitsnya, sesuai dengan pengulangan yang dia lakukan dan akhirnya membentuk siapa dirinya.

• semua respon, baik respon pemikiran, perasaan maupun aktivitas adalah hasil daripada pembiasaan yang sudah berlangsung lama dan terjadi secara otomatis.

• termasuk sama seperti syahadat di akhir hayat kita.

• maka kalimat itu akan muncul dengan mudah dengan otomatis insya Allah jika semasa hidup bibir kita senantiasa kita latih dan membiasakannya membaca kalimat-kalimat thoyyibah.

• Proses otomatisasi inilah yang disebut dengan habits.

Why Habits?

• seluruh hidup kita saat ini adalah gabungan dari beberapa habits dan setiap hari mungkin jika menjalani hal yang sama.

• kita bangun pagi di waktu yang sama.

• mandi pada waktu yang sama.

• Bahkan menyabuni bagian tubuh kita dengan urutan yang sama.

• pergi ke sekolah, kampus atau kantor dengan jalan yang sama.

• maka dari itu, "memiliki kemampuan untuk membentuk habits (atau menghancurkannya) adalah keahlian yang sangat kita perlukan dalam hidup.

• ketika kita tidak memiliki kemampuan mengendalikan habits, kita akan jadi robot yang dikendalikan oleh habits kita.

• Memiliki kemampuan mengendalikan habits berarti dapat memilih habits mana yang akan kita pertahankan atau kita tinggalkan, habits mana yang akan kita hancurkan atau kita bentuk.

• perlu dicatat ; memilih atau tidak memilih habits, habits akan tetap ada dalam diri kita.

• sayangnya, secara alami biasanya yang tumbuh adalah habits yang buruk, bukan habits yang baik.

• "if you choose not to plant flower on yoer garden, then weeds will grow without encouragement or suport"

• untuk lebih memaknai habits. Coba baca tulisan berikut secara perlahan, bila perlu baca ulang 2 atau 3 kali ๐Ÿ˜Š


 I am Habits

•  Nama saya habits dan saya selalu mendampingi anda.

• saya adalah pelayan bagi semua orang hebat. Juga bagi orang-orang gagal. Mereka yang gagal, saya yang membuat mereka gagal.

• saya punya kekuatan yang tidak bisa dibayangkan kecuali oleh orang-orang yang layak.

• sayangnya kekuatan saya bukan hanya untuk membangun, namun busa juga untuk menghancurkan anda.

• perhatikan saya, latih saya tegaslah terhadap saya dan saya akan meletakkan dunia dibawah kaki anda.

• anggap enteng saya dan saya akan menghancurkan anda

• saya mudah diarahkan, anda hanya perlu tegas terhadap saya. Tunujukkan bagaimana tepatnya anda ingin sesuatu dikerjakan dan setelah beberapa pengulangan saya akan melakukannya secara otomatis.

Sekian Kulwa malam ini.

• Insyaa Allah pembahasan KulWa yang akan datang, yaitu tentang "Installing Habits"

• semoga bermanfaat.

• Syukron.

• Assalamu'alaikum Wr Wb ๐Ÿ˜Š

NB:

• Bila ada pertanyaan bisa japri admin @⁨Rizki Hidayat⁩

• Pertanyaan dijawab di KulWa selanjutnya ๐Ÿ˜Š

Dari KulWa yang disampaikan kemarin ada beberapa pertanyaan yang masuk :

*Q:*
Bagaimana kita bisa menghikangkan kebiasaan buruk?

*A:*
• Di awali dengan bertobat kepada Allah ta'ala atas kebiasaan buruk yang pernah kita lakukan.

• Dilanjutkan berdoa agar dimudahkan dalam proses hijrah dari kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.

• buat jadwal baru untuk menyibukkan diri dengan kebiasaan baik.

• belajar, beroganisasi, ikut kajian, silaturahim kepada para guru/asatidz dll. Termasuk belajar apa yang ingin dikuasai.

• Ikuti komunitas yg potisif agar punya lingkungan yang positif, agar punya banyak teman yang positif. Ingat pesan nabi, bahwa serigala memakan domba yang sendirian.

*Q:*
Bagaiman mengawali membangun kebiasaan yang baik?

*A:*
• Diawali dengan tujuan yang jelas dari apa yang mau kita biasakan.

• kuatkan dengan alasan kenapa kita harus melakukan itu.

• cari lingkungkan / komunitas / teman/ sahabat yang sesuai yang sama sama ingin membangun kebiasaan baik.

• bisa juga dengan mencari mentor atau pembimbing yang bisa mengarahkan.

*Q:*
Dikatakan bhwa motivasi hanya berpengaruh 11-35 % dalam keahlian, lalu bagaimana dengan Bakat? Berapa persen ia berpengaruh?

A:
• Keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan pilihan-pilihan yang telah dibuat.

• bagaimana kalo punya bakat tapi tidak dilatih?

• bagaimana kalo punya bakat tapi tidak dipilih untuk dijadikan keahlian?

• dengan kata lain, bahwa bakat berpengaruh 'sangat sedikit' dalam ahli dan tidak ahlinya seseorang.

• yang paling menentukan adalah habits apa yang ia bangun

• untuk angka pasti berapa persen pengaruh bakat dalam keahlian, admin belum menemukan penelitian terkait hal tersebut. ๐Ÿ˜Š

3 Jurus Andalan Kaya Hati Kaya Harta by Jaka Rohmana

3 Jurus Andalan Kaya Hati Kaya Harta by Jaka Rohmana

Kawan, apa kabar?

Saya tahu Anda akan menjawab "Alhamdulillah... Luar biasa... Allahuakbar!!!"

30 Hari Bercerita : Meluaskan Daya Jelajah

MELUASKAN DAYA JELAJAH

Aku tahu bahwa manusia memiliki kemampuan survive yang luar biasa jika dihadapkan pada tantangan besar. Hanya perlu penyesuaian di awal. Lalu ia menemukan ritme lagi untuk memulai menjalani hari-harinya lagi.

Tuesday, 8 January 2019

30 Hari Bercerita : Balada Jalanan

BALADA JALANAN

Jalanan seringkali jadi tempat paling absurd yang pernah kutemui. Di sini segala hal bisa terjadi. Baik, buruk, apapun itu. Semua campur baur menjadi satu. Ga ada yang bisa memprediksi apa yang terjadi pada kita dalam sebuah perjalanan yang dilalui.

Literasi Muslim : Review Buku Habits by Felix Y. Siauw




• Mungkin di antara sahabat literasi muslim pernah mengenal; teman, shabat, kakak kelas atau kakak tingkat yang kecanduan membacanya sama halnya seorang potter mania di depan buku Harry Potter.

Saturday, 5 January 2019

SUCCESS PROTOKOL : 5 Cara Menjadi Pebisnis Muslim yang Sukses

Kemarin malam, saya berkesempatan untuk hadir dalam acara seminar Success Protokol pak Ippho Santosa. Seminar ini ditujukan dalam rangka menggalang dana donasi bagi korban tsunami Banten Lampung dan Muslim Uyghur via BUM Tegal dan ACT Jateng.

Seminar ini bertempat di Aula Puspita Poltrans di Jl Poso. Saya datang bareng mba Widhie dan Nindri. Alhamdulillah bisa silaturahim lagi ya.  Hehe





Wednesday, 2 January 2019

Tamu Dini Hari

TAMU DINI HARI

Jam menunjukkan angka 2 dini hari. Waktu yang tepat untuk terlelap, tapi aku justru terbangun dan mendapati dua ekor anak kucing masih ada di ruang depan. Kuambil kucing itu dan membuka pintu. Tak ada siapa-siapa di luar, tapi suara berisik hewan membuat aku terheran. Jam segini siapa yang lagi berantem sih?