Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 24 April 2019

Tips belajar efektif 20% hasil 80% ala Peachy Liv

Tips belajar efektif 20% hasil 80% ala Peachy Liv

Sebenarnya ini buat catatanku pribadi setelah nonton video di Youtube Channel Peachy Liv. Soalnya aku gampang lupa. Jadi daripada ngulang nonton videonya, mending kucatat aja ya.


Tips belajar 20% hasil 80% ini disebut pareto principle. Teknik ini sudah dipraktikkan oleh Peachy Liv, dan setelah aku review lagi memang hasilnya lebih maksimal.

Aku sedang belajar bahasa Arab dan Belanda, menurutku tips ini bisa dipakai asal dimodifikasi karena nggak selalu aku bisa gunakan, harus disesuaikan dengan kebutuhan materi belajarnya.

Oke, langsung aja ya.



Cara belajar efektif dan efisien ala Peachy Liv:  


1. Bedain belajar fakta dan konsep


Misal : buku sosiologi itu menyangkut dengan fakta. Makanya harus dihafal. Kalau buku matematika itu harus dipelajari konsepnya dan dimengerti atau dipahami. Nggak bisa dihafal karena nanti kalau soalnya ganti, kita kesulitan buat bedainnya kalau nggak ngerti konsep.

Kita bisa pakai tehnik ini yaitu ngejelasin materi pelajaran ke orang lain dengan bahasa sendiri. Jadi tahu mana yang udah paham dan mana yang belum.

Kalau untuk menghafal bisa menggunakan route memorization. Kita baca materi berulang kali sampai cukup hafal. Tapi kekurangan tehnik ini adalah kadang kita ngerasa bosen dan nganggep bahwa kita udah cukup hafal, padahal belum. Padahal biasanya yang diulang-ulang itu baru sekadar diinget, belum dimengerti. .

2. Bedain mengenal dan mengingat

Nah, kalau kita pernah nih ngalami. Lagi ngerjain soal kirain udah tahu, ternyata pas mau jawab ngeblank. Itu contoh kalau kita sekadar mengenal materi yang udah dipelajari. Baru kenal aja ya. Belum mengingat dengan baik.

3. Membaca aktif pakai SQ3R


Tehnik ini digunakan untuk mengerti dan menghafal dalam waktu yang lebih singkat dan efektif. Apa aja tehnik belajarnya?

Survei :


Survei dulu buku yang kita mau pelajari tersebut bakal membahas apa aja sih. Dengan cara mengecek judul dan sub judul, sub bab dan babnya. Jadi kita udah punya gambaran apa sih isi bukunya? Jadi kita belajar hanya 20% saja dari sub judul tersebut.


Question :


Ajuin sebanyak mungkin pertanyaan yang berhubungan dengan materi tersebut. Buat list pertanyaannya di buku catatan.

Read :


Baca dengan mencocokkan pertanyaan yang tadi kita udah kumpulkan, lalu cek jawabannya dengan membaca. Dengan begitu kita hanya akan menemukan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang kita ajukan.

Selain itu tehnik membaca ini juga lebih aktif, bukan pasif. Kita jadi tahu bacaan ini tuh isinya apa aja sih. Apa hubungannya fakta ini dan fakta itu.

Intinya saat membaca kita lebih aktif mencari tahu info yang kita butuhkan dan aktif menggunakan otak kita. Kita bisa corat coret point penting di buku dengan stabilo, jadi tahu mana aja yang penting.
Recite : jawab pertanyaan yang udah kita buat tanpa melihat buku. Jadi kita belajar menghafal dengan tehnik ini.

Review :


kita bisa mereview isi buku dengan membacanya sampai tuntas. Ini gunanya untuk menjawab pertanyaan yang belum terjawab dan menguatkan konsep yang udah kita pahami.

Nah, selamat belajar ya! 😉

7 comments:

  1. Wah bener banget nih Mbak tipsnya. Terima kasih informasinya hehe

    ReplyDelete
  2. Kalau saya sendiri sih kalau belajar itu memahami sih bukan dengan menghafalkan hehe

    ReplyDelete
  3. Waduh kalau matematika di hafalin ya pastinya bakalan kesusahan nih

    ReplyDelete
  4. Hahaha iya nih biasanya saya kalau menghafal, udah merasa hafal padahal mah belum :D

    ReplyDelete
  5. Wah boleh ditiru nih tipsnya wkwk. Makasih ya kak tipsnya

    ReplyDelete
  6. kalau aku belajar menghafal lebih enak sambil corat caret ditulis, jd lebih kuat daya ingatnya, hehe

    ReplyDelete
  7. Wah pareto principle ya, saya beberapa baca ini buat bekerja biar lebih produktif, bisa diterapkan di berbagai aktivitas ya mbak :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)