Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Friday, 26 July 2019

Insto Dry Eyes : Sahabat Si Mata Kering dan Mata Lelah Setelah Seharian Beraktivitas

Insto Dry Eyes : Sahabat Si Mata Kering dan Mata Lelah Setelah Seharian Beraktivitas

Terbangun dini hari dengan perasaan yang entah, saya buru-buru beranjak dari tempat tidur. Mengucek mata saya lalu mengambil kacamata yang saya letakkan di meja pinggir tempat tidur. Rutinitas terbangun dini hari membuat saya sadar bahwa kadang saya terbangun dalam keadaan amburadul. Mata sepet, mata kering, dan mata lelah, tapi saya sudah terjaga dini hari pukul 3 pagi karena alarm tubuh saya memang demikian adanya.



Saya menyeret tubuh yang setengah sadar  dan masih mengumpulkan nyawa untuk berjalan ke arah kamar mandi. Apa lagi yang akan saya lakukan kalau bukan untuk pipis, mencuci muka, mengambil air wudhu dan sikat gigi.

Seorang ustad bernama Ustad Abdul Somad pernah memberikan nasihat di bukunya, bahwa kita tak pernah tahu apa yang dilakukan tangan saat kita tertidur. Jadi diusahakan saat terbangun dini hari, bersihkan tangan dengan air sabun sehingga tangan menjadi bersih kembali.

Awalnya saya abai tentang hal ini. Ngapain mikirin tangan abis ngapain pas tidur kan? Hehe. Mau ngelap iler kek, ngucek mata kek, menggaruk kaki atau tangan tanpa sadar saat tidur kek, ngupil kek. Saya nggak terlalu peduli. Paling cuci tangan pakai air saja, nggak pakai sabun sampai bersih.

Ya... Sampai saya baca tulisan itu dan berpikir, iya juga ya. Kalau tangan saya kotor setelah tidur, seharusnya saat terbangun saya nggak boleh langsung mengucek mata. Kegiatan mengucek mata sepet akan bikin iritasi dan mata perih karena mata kemasukan kotoran.

Belum lagi tentang hal lainnya. Sebelum tidur, saya punya kebiasaan untuk membaca buku apa saja. Berapapun halaman yang saya berhasil baca, saya akan segera tertidur setelahnya. Budaya membaca buku bagi saya adalah sebuah kebiasaan yang wajib dilakukan setiap hari. Ada quotes bijak yang mengatakan bahwa diri kita dibentuk dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan selama ini. Misal saya suka membaca, berarti saya mengisi otak dengan asupan nutrisi bagi sel-sel syaraf.



Saat mengisi asupan nutrisi otak dengan membaca, saya melakukannya tanpa henti selama 1 hingga 2 jam. Padahal mata butuh istirahat sejenak dari kegiatan membaca itu. Jeda diperlukan agar mata bisa tetap sehat. Jadilah saya tertidur setelah membaca buku di malam hari.

Tak hanya membaca buku, saya juga mengerjakan setumpuk pekerjaan rumah setiap hari. Mencuci baju, menyetrika, menyiram tanaman, mengisi bak mandi dan memberi makanan pada kucing. Beragam kesibukan itu membuat saya lelah, hingga tanpa sadar tangan saya yang masih kotor setelah menyapu halaman saya gunakan untuk mengucek mata. Tangan kanan saya mengucek mata kering. Mata lelah saya pun perih karena iritasi.  

Kadang saya terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga itu karena ingin segera beristirahat dan mengerjakan tugas belajar lainnya. Saya sedang mengambil kelas bahasa Arab dan bahasa Jepang yang sedang rutin dikerjakan dalam bulan ini. Itulah sebabnya memiliki mata sehat dan bersih sangat penting bagi saya.

Kalau sudah lelah, ya saya usahakan istirahat. Keluar ruangan lalu melihat hijau pepohonan, memejamkan mata sejenak sekitar 3-5 menit agar mata beristirahat, menghirup aroma yang menenangkan. Juga menggunakan insto dry eyes jika mata saya merasa sangat kering dan mata lelah.



Kisah Pakdhe dengan tongkat penyangganya


Pernah suatu hari saya teringat kejadian yang dialami oleh pakdhe saya. Beliau seorang seniman yang rutin menggambar. Siapa sangka kegiatan menggunakan mata yang dilakukannya setiap hari itu berdampak fatal. Ia menjadi buta karena kelelahan selepas menggambar hingga malam hari dan mandi setelahnya. Syaraf matanya putus dan membuat ia menjadi buta.

Dulu saat saya kecil saya hanya tahu bahwa pakdhe sering datang ke rumah simbah dengan menggunakan tongkat di tangannya dan dipapah oleh budhe. Saya mengira ia buta sejak awal dilahirkan. Tapi kisah yang diceritakan mama membuat saya sadar bahwa kesehatan kita adalah anugerah yang seharusnya kita jaga dengan baik.

Nikmat bisa melihat dengan mata normal adalah previlege bagi orang-orang yang mensyukurinya. Semakin kita bersyukur maka Allah akan semakin memberikan kesehatan terbaik bagi kita. Dengan cara apa kita bersyukur? Ya… dengan menjaga anugerah yang diberikan.

Menjaga kesehatan mata adalah salah satu hal yang harus saya lakukan. Karena saya sejak kecil kelas 3 SD sudah menggunakan kacamata. Saya sering kelelahan saat membaca buku atau menggunakan gadget. Mata perih berubah menjadi mata sepet yang membuat mata saya kelelahan. Saat merasa lelah, saya memilih tidur sejenak sehingga kesehatan badan dan kelelahan mata saya pulih kembali seperti sedia kala.

Tapi, tahukah kamu bahwa mata kita punya manfaat lainnya? Saat kita sangat lelah dan akhirnya menangis, air mata kita mampu membersihkan sisa kotoran yang  ada di mata. Sehingga ketika kita selesai menangis, mata kita menjadi mata yang lelah dan akhirnya kita bisa istirahat sejenak dengan tidur lebih cepat.



Mata Kering Saat Beraktivitas, Pakai Insto Dry Eyes Yuk!


Mata kita didesain oleh sang pencipta, Allah untuk memiliki mekanisme pertahanan diri yang kuat. Jika mata sepet, mata lelah, mata capek, kita langsung reflek untuk meguceknya agar produksi cairan di sekitar mata keluar dengan sendirinya. Tapi kalau tak bisa keluar air mata saat mengucek mata, kita bisa menggunakan bantuan Insto Dry Eyes.

Insto Dry Eyes bermanfaat untuk mata kering dan mata capek. Saat diteteskan ke permukaan lensa mata, mata kita akan menerima cairan sehingga lensa mata menjadi basah kembali. Mata kering, mata sepet, mata pegel, mata perih maupun mata lelah bukan lagi sebuah masalah. Karena kita terbantu dengan adanya Insto Dry Eyes.

Insto Dry Eyes merupakan tetes mata steril yang dapat mengatasi gejala mata kering. Insto Dry Eyes mengandung Hydroxypropyl Methylcellulose yang dapat menjadi pertolongan pertama saat mata perih dan kering. Saya tinggal meneteskan 1-2 tetes ke mata sehingga mata kembali jernih kembali.

Nah, kalau kamu gimana? Pernah mengalami gejala mata kering juga? Share dong tipsmu biar matamu tetap sehat. :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)