Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Saturday, 25 May 2019

Inilah 3 Aplikasi Smartphone yang Digunakan selama Ramadhan


Inilah 3 Aplikasi Smartphone yang Digunakan selama Ramadhan

Bagi kamu yang sedang berpuasa ramadhan, tak ada salahnya untuk menggunakan beberapa aplikasi yang sangat berguna bagi muslim yang akan menjalankan ibadah puasa.


Apa saja 3 aplikasi smartphone yang digunakan selama Ramadhan?


1. Telegram dan Whatsapp

Hampir sebagian besar kajian yang saya ikuti ada infonya di telegram dan whatsapp. Di telegram saya menggunakan untuk mendengarkan kajian Magnet Rezeki, Sound of Al Qur’an, materi dari Ippho Santosa dan melihat jadwal kajian di Fajri FM, radio islami yang bisa diakses lewat smartphone. Di whatssapp saya gunakan untuk melihat jadwal kajian pekanan Rumah Quran dan mendengarkan resume mp3nya.

2. Instagram

Bagi saya instagram bukan hanya sebagai sarana eksis seperti anak muda lainnya, tapi juga untuk menuntut ilmu agama. Banyak bahan kajian shubuh yang bisa disimak di instagram. Ada beberapa kajian yang pernah saya ikuti, ada juga tulisan yang rutin saya baca. Misalnya : Taqi Malik Quotes (quotes yang berisi nasihat yang ditulis oleh Taqi Malik, Hafidz quran yang sedang menuntut ilmu di Kairo, Mesir), live story di ig beberapa ustad seperti Arifin Ilham dan Salim A Fillah. Kalau ramadhan kali ini saya baru menonton di ig ustad Arifin Ilham, meskipun beliau sudah wafat, namun instagramnya masih digunakan oleh penerusnya untuk digunakan menyebarkan dakwah. Kalau di ustad Salim A Fillah justru saya lebih sering menonton live kajiannya sebelum Ramadhan.



3. Unfold

Setahun lalu saya rutin membuat quotes ramadhan yang saya posting di story dan feed instagram saya. Nah, tahun ini saya nggak banyak bikin quotesnya, tapi beberapa saya posting ulang dengan memberikan hastag yang sesuai kebutuhan. Misalnya : Ramadhan2019 ataupun #hijrah. Sejauh ini responnya sangat luar biasa karena viewer quotes tersebut bertambah hingga tembus 900 an view.

Hmm, kenapa saya nggak memberi rekomendasi aplikasi yang berbau religi, karena saya memang belum menggunakannya. Saya masih tinggal di Indonesia, yang mana arah kiblat masih memungkinkan saya temukan dengan mudah dilihat dari penanda masjid. Saya juga tidak menggunakan aplikasi untuk menandai waktu adzan, karena saya masih mendengar adzan secara langsung. Beda dengan muslim lainnya yang tinggal di luar negeri dan jauh dari jangkauan adzan magrib. Bagi mereka, penanda waktu shalat, kiblat dan waktu puasa itu penting. Nah balikin lagi deh sesuai kebutuhanmu ya.

Saya juga tidak menggunakan aplikasi al quran digital karena saya lebih suka menggunakan mushaf. Kata ustad yang mengajar kajian di Rumah Quran, membiasakan menggunakan mushaf akan memudahkan kita mengenal letak ayat yang dimaksud. Jadi kalau saya mau hafalan atau ngaji saya lebih baik ambil mushaf, karena lebih nyaman bagi saya untuk membaca langsung sehingga merasakan interaksi dengan al quran lebih internsif dan tanpa terdistraksi oleh hal lainnya.

Nah, kalau kamu gimana? Apa saja aplikasi yang kamu gunakan di bulan Ramadhan kali ini? Share dong di komentar. :D






No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)