Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Tuesday, 29 January 2019

[Kajian Islam Rumah Quran Tegal] Kenikmatan Pahala Sabar

Resume Kajian Rutin Islam

๐Ÿ—“ Rabu, 23 Januari 2019
⏰ Pukul 16.00 - 17.30 WIB
Pembicara : Ustadz Abu Tholib, S.Hi, M.Si
๐Ÿก Rumah Quran Kota Tegal
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



*_๐Ÿƒ Rahasia Sabar ๐Ÿƒ_*

๐Ÿ“Œ Ayat-ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang sabar ada 104 ayat

๐Ÿƒ *Q.S Al-Imran 200*

ูŠَٰุٓฃَูŠُّู‡َุง ูฑู„َّุฐِูŠู†َ ุกَุงู…َู†ُูˆุง۟ ูฑุตْุจِุฑُูˆุง۟ ูˆَุตَุงุจِุฑُูˆุง۟ ูˆَุฑَุงุจِุทُูˆุง۟ ูˆَูฑุชَّู‚ُูˆุง۟ ูฑู„ู„َّู‡َ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชُูْู„ِุญُูˆู†َ

"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung."

Menurut imam salafu sholih mendefinisikan sabar yaitu, sabar adalah menahan diri dari sesuatu yang tidak disukai.

๐Ÿ“Œ Sabar tidak akan ada ketika hati kita tidak ikhlas karena sabar itu dihadapkan dengan sesuatu yang tidak kita sukai

๐Ÿ“ Jenis sabar (3):
1.  Sabar ketika menjalani ketaatan kepada Allah

2. Sabara dari menahan diri dari perkara-perkara yang dilarang Allah. Sabar dalam meninggalkan kemaksiatan.

3. Sabar menerima ketentuan-ketentuan takdir dari Allah yang buruk atau baik.

๐Ÿ“Œ Sabar akan sempurna dengan ridho dan keikhlasan

❓ Apa perbedaan *"isbiruu"* dan *"Shobiruu"*

✅ Isbiruu (fiil amr =kata kerja perintah) ▶ Sabar secara umum.

✅ Shobiruu ▶ kalahkan orang-orang kafir dengan sabar

๐Ÿ“Œุฑَุงุจِุทُูˆุง۟ Tegakan jihad
Sifat ribath itu tidak akan ada ketika sabar tidak miliki.

๐Ÿƒ *Q.S Al-Baqoroh 155*

ูˆَู„َู†َุจْู„ُูˆَู†َّูƒُู… ุจِุดَู‰ْุกٍ ู…ِّู†َ ูฑู„ْุฎَูˆْูِ ูˆَูฑู„ْุฌُูˆุนِ ูˆَู†َู‚ْุตٍ ู…ِّู†َ ูฑู„ْุฃَู…ْูˆَٰู„ِ ูˆَูฑู„ْุฃَู†ูُุณِ ูˆَูฑู„ุซَّู…َุฑَٰุชِ ۗ ูˆَุจَุดِّุฑِ ูฑู„ุตَّٰุจِุฑِูŠู†َ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.





๐Ÿ“Œ Hidup adalah ujian. Tidak ada orang yang hidup dibiarkan tanpa ujian.

๐Ÿ“ŒUjian ada 2 yaitu :

1. Ujian berupa kenikmatan maka harus perbanyak syukur pada Allah

2. Ujian berupa musibah atau takdir buruk.
Kita harus menerima dengan ikhlas lalu diikuti dengan sabar.

๐Ÿ“Œ Kadar ujian tergantung sesuai kemampuan manusia, Allah tidak ingin hambanya oleng.

1. Kadar keimanan tinggi maka ujiannya pun berat

2. Kadar keimanan sedikit maka ujiannya pun ringan

3. Pahala untuk orang yang sabar adalah pahalanya penuh tanpa hisab (perhitungan).



❓Apa makna "bighoiri hisab"? Yaitu tanpa ditakar

๐ŸŒพ Ibadah yang tanpa takarannya adalah sabar dan puasa.

๐Ÿ“ Para nabi dan rasul yang paling sempurna sabarnya adalah para ulul azmi (5)
1. Muhammad
2. Isa
3. Musa
4. Ibrahim
5. Nuh

Semoga kita menjadi hamba yang selalu bersyukur ketika mendapat kenikmatan dan selalu sabar ketika mendapat ujian yang buruk.

Allahu'alam bisshowab.

☘ _Resumed by_
SAA (owner @profesormukena)
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
#YukDatangiMajelisIlmu
#KajianBerkahManfaat
#SiapMemuliakanAlqur'an
#1rumah1hafidz/ah
@rumahqurantegal

๐Ÿ“ฑCP : 085742366314
Ingin dapat resume dan rekaman kajian? Yuk gabung di grup kajian rutin
http://bit.ly/KajianRumahQuranTegal

_Hadiri Kajiannya, dapatkan Berkahnya_
*Sebarkan... Ajak kerabat dan keluarga* ๐Ÿ˜Š

Monday, 28 January 2019

Cara Cetak Sendiri Tiket Nonton Film di Mesin Self Ticketing CGV Tegal

Saya jarang nonton di bioskop. Paling sebulan sekali dua kali aja. Itu pun kalau ada film favorit yang lagi tayang di bioskop. Alhamdulillah dua minggu lalu dapet hadiah 2 tiket nonton film di CGV Tegal, dikasih free ticket sama Info Tegal. Thanks ya. ๐Ÿ˜

Sunday, 20 January 2019

30 Hari Bercerita : Berdamai dengan Perubahan

BERDAMAI DENGAN PERUBAHAN

Beberapa orang mengalami shock ketika suatu perubahan terjadi, baik perubahan itu terjadi secara mendadak maupun sudah ada pengumuman sebelumnya.

Wednesday, 16 January 2019

Wishlist Traveling Keliling Indonesia 2019

Wishlist Traveling Keliling Indonesia 2019

Tahun baru sudah dimulai, nggak kerasa ya udah separuh bulan Januari kita lalui. Saya ngerasa excited dengan tahun ini karena banyak agenda yang pengin saya wujudkan.

Tuesday, 15 January 2019

30 Hari Bercerita : Latihan Pemain Pertunjukan Scorpion Pirates Dufan

Make Habits

Lelaki itu berjalan di depan penonton, melambaikan tangan bersama para kawanannya. Beberapa menit kemudian pertunjukan dimulai. Ada berbagai atraksi yang sulit ditunjukkan, jika bukan karena pengulangan yang beratus kali ia lakukan.

Aku hampir saja kabur dari tempatku duduk, saat suara petasan bercampur dengan aroma mesiu merebak di udara. Ini aroma yang tidak kusukai, aroma petasan.

Lelaki berjanggut itu melemparkan sesuatu ke arah penonton. Ke arah tempatku duduk. Kukira barang itulah yang meledak. Karena suaranya dekat sekali dengan telingaku. Ternyata bukan.

Aku berteriak-teriak bersamaan dengan bergesernya tubuhku ke arah kanan. Lalu anak-anak di sampingku tak ada yang berani mengambil gumpalan kain berwarna hitam yang diikat dengan tali.

Sungguh kukira itu mesiu betulan. Ternyata itu hanya efek kejut saja. Ia sengaja melempar kain itu ke arah penonton. Sedangkan petasan yang asli dilemparkan ke arah lain.

Banyak wahana pertunjukan di Dunia Fantasi yang menggunakan latihan berkali-kali, berbulan-bulan hingga bisa mahir dimainkan tanpa cela.

Jika seorang yang melakukan latihan itu awalnya adalah seorang awam. Aku tak tahu berapa banyak petasan yang telah ia lemparkan hingga suaranya menggema tanpa melukai penonton. Tapi demi efek spektakuler bagi pertunjukan, apapun bisa dilakukan oleh pemain pertunjukan, kan?

Pun sama halnya dengan artis, musisi, pemain teater, dll. Tiada kata instan meskipun pertunjukan yang ia lakukan hanya dalam hitungan jam.



Latihan, repetisi, pengulangan. Ditujukan untuk melatih apapun yang ingin kita jadikan sebuah kebiasaan. Hal ini akan berdampak ada kualitas habits/kebiasaan itu sendiri.

Ada yang bilang bahwa seseorang harus melalui 10.000 jam untuk bisa menjadi ahli/ ekspert di suatu bidang yang ia tekuni. Ada juga yang harus melakukan repetisi setiap hari agar tak lupa.

Apapun itu, habits harus diulang terus menerus agar menjadi  kebiasaan. Menjadi darah daging kita. Jika habits itu baik, maka kita akan baik. Begitu pun sebaliknya.

@30haribercerita #30haribercerita #30hbc1915 #30hbc19

Monday, 14 January 2019

30 Hari Bercerita : Jalan Pintas

Jalan Pintas

Aku sering melewati tempat ini, dekat stasiun kereta api di kotaku. Tapi aku jarang menyebrang lewat jalur pintas. Entah kenapa aku lebih suka melewati jalan yang seharusnya. Bukan jalan ilegal.

Drama Mandarin Favorit Tahun 1990-2000 an

Drama Mandarin Favorit Tahun 1990- 2000 an

Bisa dibilang tahun 1990-2000 adalah masa-masa di mana tayangan televisi banyak didominasi oleh serial berbahasa mandarin, mulai dari hongkong, taiwan, china, dll.

Nah... Trus serialnya didubber atau diisi suara berbahasa indonesia. Jadi penonton hanya tahu bahasa mandarinnya saat theme song atau ost-ya diputar di awal dan akhir tayangan.

Sunday, 13 January 2019

Berikut Deretan Sepatu Puma Terbaru Paling Hits 2019

Berikut Deretan Sepatu Puma Terbaru Paling Hits 2019
Sebagai perusahaan apparel terbesar dan perpouler di dunia, tentu saja Puma selalu menghadirkan produk-produk terbaru dengan kualitas nomor wahid.

Saturday, 12 January 2019

30 Hari Bercerita : Bagaimana Jika...

Bagaimana jika...

Laki-laki itu tak pernah menikah dengannya, lalu tak lahir aku sebagai anak pertama.

LITERASI MUSLIM : MAKE HABITS

Genealogy of habits

• Habits adalah hasil daripada pengulangan suatu aktivitas dalam jangka waktu tertentu.

Thursday, 10 January 2019

30 Hari Bercerita : Life Lesson

Life Lesson

Jakarta itu bukan tempat yang nyaman untuk tinggal. Adekku bilang begitu karena ia pernah merasakan kerasnya Jakarta pinggiran. Bosnya yang galak, kerjaan yang beruntun, hingga masalah culture shock.

Wednesday, 9 January 2019

LITERASI MUSLIM : Everything Are Habbits

Bagaimana dengan pembahasan materi pertemuan pertama? Mudah-mudahan kita bisa semakin yakin bahwa kita pasti bisa memiliki suatu keahlian.

• Keahlian yang produktif.

• Keahlian yang bermanfaat, untuk diri sendiri dan orang di sekitar kita.

• Keahlian yang akan menjadi modal kita untuk menanam amal sholeh, sebagai bekal menuju negeri Akhirat.

• Khair, malam ini insyaa Allah kita akan lebih dalam memahami HABITS. Untuk jawaban dari pertanyaan yang masuk saat pertemuan pertama, insyaa Allah akan dijawab setelah pembahasan KulWa malam ini.

***

"Everything are Habits"

Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukanya tanpa berfikir.

Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia.

Habits adalah kebiasaan.

Ketika kita melihat pemain sepak bola profesional sedang menggiring bola dengan lincah dan apik, kita menganggapnya itu hal yang luar biasa.

Tapi, bagi pesepak bola profesional itu hal BIASA.

Ketika kita melihat pemain bulu tangkis, sebut saja Taufik Hidayat

Dia memainkan raket dengan sangat refleks, bahkan bisa memukul dari belakang punggung atau bawah kaki.
Kita menganggapnya itu hal yang istimewa.

• Baginya, itu hal yang sudah biasa.

• Atau saat kita menyaksikan seorang pembicara menyampaikan ide-idenya dengan sistematis, dengan ayat-ayat al qur'an dengan hadist yang mengalir begitu mudah dari lisannya.

• Bagi kita itu hal yang luar biasa.

• Bagi mereka tentu hal itu sudah BIASA.

• "Biasa" di sini tentu bukan dalam konotasi negatif.

• Tapi lebih pada arti "sudah biasa dilakukan"

• Atau bisa juga dikatakan _mereka sudah melakukan hal yang luar biasa berulangkali

• Akibatnya hal yang luar biasa bagi kita bagi mereka adalah biasa

• Sepakat ya sampai di sini ๐Ÿ˜Š
 Saya coba berikan 1 ilustrasi..ba teman-teman baca tulisan berbahasa arab berikut?

• Bingung? bagus hehe



• Bagi anda yang bingung. Kemungkinan besar anda tidak mimiliki habits membaca literatur berbahasa arab gundul.

• Bagi anda yang bisa Namun terbata-bata. Maka anda termasuk orang yang mengetahui. Namun penetahuannya belum dijadikan sebagai habits.

• Bagi anda yang tanpa kesulitan sedikit pun untuk membacanya. Dapat dipastikan, anda telah membaca puluhan atau bahkan ratusan buku literatur berbahasa arab gundul.

• sepakat?

• kita coba satu lagi ya, bismillah. Bagaimana? Bisa?



• kalo anda seorang muslim saya pastikan anda bisa.

• Pertanyaannya kenapa literatur yang pertama tidak bisa kita baca sedangkan literatur yang kedua dengan mudah kita baca?

• Jawabanya adalah Ha-bits.

• Kita telah menjadikan literatur yang ke-2 hal yang biasa. (Baca : biasa kita baca)

• Dan literatur yang ke-1, kita tidak biasa membacanya. Atau bahkan belum pernah.

• Poinnya adalah perbedaan bisa dengan tidak bisa itu sangat sederhana, yaitu habits.

• Bisa karena biasa. Tak bisa karena tak biasa. Sepakat? ๐Ÿ˜Š

• perlu kita tanamkan bahwa ;

• menguasai bahasa adalah habits.

• rajin atau malas juga habits.

• ramah atau pemarah pun habits.

• bahkan kaya atau miskin pun juga habits.
Dan poinnya, tidak perlu memikirkan apa posisi awal kita saat ini.

• Kita dapat menjadi apapun atau menguasai keahlian apapun yang kita inginkan bila kita benar-benar menginginkannya.

• Caranya?

• Dengan kita membiasakan dan membentuk habits pada diri kita.

• Menjadikan yang luar biasa menjadi kebiasaan.

Habits adalah sesuatu yang otomatis

• Dalam suatu penelitian disampaikan bahwa dari 11.000 sinyal yang diterima otak, hanya 40 % saja yang diproses secara sadar. Sisanya direspon secara otomatis

• penelitian lain menyampaikan 95%  respon manusia terhadap suatu kondisi tertentu terjadi secara otomatis.

• Artinya respon kita terhadap satu kondisi tertentu, baik respon berupa pemikiran, perasaan maupun perbuatan, sesungguhnya berasal dari kebiasaan atau habits yang secara otomatis terjadi pada diri kita.

• satu orang dengan orang yang lain tentu saja berbeda habitsnya, sesuai dengan pengulangan yang dia lakukan dan akhirnya membentuk siapa dirinya.

• semua respon, baik respon pemikiran, perasaan maupun aktivitas adalah hasil daripada pembiasaan yang sudah berlangsung lama dan terjadi secara otomatis.

• termasuk sama seperti syahadat di akhir hayat kita.

• maka kalimat itu akan muncul dengan mudah dengan otomatis insya Allah jika semasa hidup bibir kita senantiasa kita latih dan membiasakannya membaca kalimat-kalimat thoyyibah.

• Proses otomatisasi inilah yang disebut dengan habits.

Why Habits?

• seluruh hidup kita saat ini adalah gabungan dari beberapa habits dan setiap hari mungkin jika menjalani hal yang sama.

• kita bangun pagi di waktu yang sama.

• mandi pada waktu yang sama.

• Bahkan menyabuni bagian tubuh kita dengan urutan yang sama.

• pergi ke sekolah, kampus atau kantor dengan jalan yang sama.

• maka dari itu, "memiliki kemampuan untuk membentuk habits (atau menghancurkannya) adalah keahlian yang sangat kita perlukan dalam hidup.

• ketika kita tidak memiliki kemampuan mengendalikan habits, kita akan jadi robot yang dikendalikan oleh habits kita.

• Memiliki kemampuan mengendalikan habits berarti dapat memilih habits mana yang akan kita pertahankan atau kita tinggalkan, habits mana yang akan kita hancurkan atau kita bentuk.

• perlu dicatat ; memilih atau tidak memilih habits, habits akan tetap ada dalam diri kita.

• sayangnya, secara alami biasanya yang tumbuh adalah habits yang buruk, bukan habits yang baik.

• "if you choose not to plant flower on yoer garden, then weeds will grow without encouragement or suport"

• untuk lebih memaknai habits. Coba baca tulisan berikut secara perlahan, bila perlu baca ulang 2 atau 3 kali ๐Ÿ˜Š


 I am Habits

•  Nama saya habits dan saya selalu mendampingi anda.

• saya adalah pelayan bagi semua orang hebat. Juga bagi orang-orang gagal. Mereka yang gagal, saya yang membuat mereka gagal.

• saya punya kekuatan yang tidak bisa dibayangkan kecuali oleh orang-orang yang layak.

• sayangnya kekuatan saya bukan hanya untuk membangun, namun busa juga untuk menghancurkan anda.

• perhatikan saya, latih saya tegaslah terhadap saya dan saya akan meletakkan dunia dibawah kaki anda.

• anggap enteng saya dan saya akan menghancurkan anda

• saya mudah diarahkan, anda hanya perlu tegas terhadap saya. Tunujukkan bagaimana tepatnya anda ingin sesuatu dikerjakan dan setelah beberapa pengulangan saya akan melakukannya secara otomatis.

Sekian Kulwa malam ini.

• Insyaa Allah pembahasan KulWa yang akan datang, yaitu tentang "Installing Habits"

• semoga bermanfaat.

• Syukron.

• Assalamu'alaikum Wr Wb ๐Ÿ˜Š

NB:

• Bila ada pertanyaan bisa japri admin @⁨Rizki Hidayat⁩

• Pertanyaan dijawab di KulWa selanjutnya ๐Ÿ˜Š

Dari KulWa yang disampaikan kemarin ada beberapa pertanyaan yang masuk :

*Q:*
Bagaimana kita bisa menghikangkan kebiasaan buruk?

*A:*
• Di awali dengan bertobat kepada Allah ta'ala atas kebiasaan buruk yang pernah kita lakukan.

• Dilanjutkan berdoa agar dimudahkan dalam proses hijrah dari kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.

• buat jadwal baru untuk menyibukkan diri dengan kebiasaan baik.

• belajar, beroganisasi, ikut kajian, silaturahim kepada para guru/asatidz dll. Termasuk belajar apa yang ingin dikuasai.

• Ikuti komunitas yg potisif agar punya lingkungan yang positif, agar punya banyak teman yang positif. Ingat pesan nabi, bahwa serigala memakan domba yang sendirian.

*Q:*
Bagaiman mengawali membangun kebiasaan yang baik?

*A:*
• Diawali dengan tujuan yang jelas dari apa yang mau kita biasakan.

• kuatkan dengan alasan kenapa kita harus melakukan itu.

• cari lingkungkan / komunitas / teman/ sahabat yang sesuai yang sama sama ingin membangun kebiasaan baik.

• bisa juga dengan mencari mentor atau pembimbing yang bisa mengarahkan.

*Q:*
Dikatakan bhwa motivasi hanya berpengaruh 11-35 % dalam keahlian, lalu bagaimana dengan Bakat? Berapa persen ia berpengaruh?

A:
• Keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan pilihan-pilihan yang telah dibuat.

• bagaimana kalo punya bakat tapi tidak dilatih?

• bagaimana kalo punya bakat tapi tidak dipilih untuk dijadikan keahlian?

• dengan kata lain, bahwa bakat berpengaruh 'sangat sedikit' dalam ahli dan tidak ahlinya seseorang.

• yang paling menentukan adalah habits apa yang ia bangun

• untuk angka pasti berapa persen pengaruh bakat dalam keahlian, admin belum menemukan penelitian terkait hal tersebut. ๐Ÿ˜Š

3 Jurus Andalan Kaya Hati Kaya Harta by Jaka Rohmana

3 Jurus Andalan Kaya Hati Kaya Harta by Jaka Rohmana

Kawan, apa kabar?

Saya tahu Anda akan menjawab "Alhamdulillah... Luar biasa... Allahuakbar!!!"

30 Hari Bercerita : Meluaskan Daya Jelajah

MELUASKAN DAYA JELAJAH

Aku tahu bahwa manusia memiliki kemampuan survive yang luar biasa jika dihadapkan pada tantangan besar. Hanya perlu penyesuaian di awal. Lalu ia menemukan ritme lagi untuk memulai menjalani hari-harinya lagi.

Tuesday, 8 January 2019

30 Hari Bercerita : Balada Jalanan

BALADA JALANAN

Jalanan seringkali jadi tempat paling absurd yang pernah kutemui. Di sini segala hal bisa terjadi. Baik, buruk, apapun itu. Semua campur baur menjadi satu. Ga ada yang bisa memprediksi apa yang terjadi pada kita dalam sebuah perjalanan yang dilalui.

Literasi Muslim : Review Buku Habits by Felix Y. Siauw




• Mungkin di antara sahabat literasi muslim pernah mengenal; teman, shabat, kakak kelas atau kakak tingkat yang kecanduan membacanya sama halnya seorang potter mania di depan buku Harry Potter.

Saturday, 5 January 2019

SUCCESS PROTOKOL : 5 Cara Menjadi Pebisnis Muslim yang Sukses

Kemarin malam, saya berkesempatan untuk hadir dalam acara seminar Success Protokol pak Ippho Santosa. Seminar ini ditujukan dalam rangka menggalang dana donasi bagi korban tsunami Banten Lampung dan Muslim Uyghur via BUM Tegal dan ACT Jateng.

Seminar ini bertempat di Aula Puspita Poltrans di Jl Poso. Saya datang bareng mba Widhie dan Nindri. Alhamdulillah bisa silaturahim lagi ya.  Hehe





Wednesday, 2 January 2019

Tamu Dini Hari

TAMU DINI HARI

Jam menunjukkan angka 2 dini hari. Waktu yang tepat untuk terlelap, tapi aku justru terbangun dan mendapati dua ekor anak kucing masih ada di ruang depan. Kuambil kucing itu dan membuka pintu. Tak ada siapa-siapa di luar, tapi suara berisik hewan membuat aku terheran. Jam segini siapa yang lagi berantem sih?