Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Sunday, 26 May 2019

Inilah 3 Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Anak Kecil


Inilah 3 Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Anak Kecil :

Bagi seorang anak, menjalankan ibadah puasa adalah sebuah pelajaran untuk melatih kedisiplinan diri. Nah, apa saja yang perlu untuk diajarkan orang tua pada anaknya yang baru pertama kali berpuasa?


1. Memulai dengan niat puasa Ramadhan

Puasa ramadhan sebulan penuh yang dimulai dengan niat akan membuat kita mudah menjalankannya hingga akhir. Saat mengajak anak untuk berpuasa, ingat sekali lagi bahwa anak harus dipahamkan lebih dulu bahwa puasa adalah ibadah kepada Allah, Rabb semesta alam. Ibadah ini akan menjadi ibadah yang bernilai pahala sangat besar, sehingga membutuhkan usaha yang kuat untuk sampai finish.

Ajarkan anak untuk membaca doa niat puasa selepas shalat tarawih, jadi anak sudah disounding untuk berpuasa esok hari. Saat sahur katakan padanya untuk mengulang bacaan doa niat puasa ramadhan.

Saat sahur di bulan Ramadhan, ajak anak untuk menghabiskan makanan. Ucapkan padanya, “Kalau kakak mau puasa, baca doa dulu ya. Doa niat puasa dulu, biar nanti tahan puasa seharian. Kita akan puasa sampai jam 6 sore. Nah, waktu adzan baru kakak boleh berbuka puasa.”

Nah, niat itu wajib sebelum melakukan puasa tersebut. Jadi, ajak anak untuk melafalkan doa berpuasa sebelum ia memulai puasanya.


2. Makan sahur dengan menu favorit puasa Ramadhan

Sejak kecil saya sudah diajari untuk berpuasa. Ibu saya memberikan menu makanan sahur yang sangat saya sukai, jadi sebelum sahur saya udah request dulu, kalau nggak ada baru deh diganti dengan menu lainnya. Begitu juga dengan anak-anak lainnya. Ajak mereka untuk berdialog seputar menu sahur yang mereka inginkan. Jadi puasanya juga makin semangat karena tahu puasa tersebut tetap membuat mereka bisa menikmati menu favorit.

3. Buat challenge puasa Ramadhan selama sebulan

Bagi anak yang kompetitif, ada cara yang mudah untuk mengajak mereka berpuasa ramadhan yaitu dengan membuat challenge berpuasa selama sebulan. Nah, challenge puasa Ramadhan ini berisi tantangan bagi mereka untuk berpuasa penuh. Cara ini juga membuat anak-anak  juga akan mendapatkan hadiah. Ya, jika challenge tersebut berhasil mereka kerjakan sepenuhnya. Tujuannya agar orang tua memberi apresiasi bagi anak yang sudah berusaha untuk belajar berpuasa sebagaiamana orang dewasa pada umumnya.

Nah, kalau kamu gimana? Semoga anak-anak makin semangat belajar berpuasa sebulan penuh ya. Selamat mencoba! ;)





1 comment:

  1. Selamat hari raya Idul Fitri Kiky. Salam kenal, mohon maaf lahir batin.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)