Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Sunday, 3 November 2019

5 Langkah Menghafal Al Qur'an ala GAZA




❤🔰5 Langkah Menghafal Al Qur'an ala GAZA


" Selama ini Palestina lebih dikenal sebagai negara konflik perebutan wilayah. Padahal ada yang luar biasa pula yang patut dicontoh, yaitu semangat anak-anak Palestina mempelajari dan menghafal Al Quran,” terang Dr Said yang berbagi lima tahap utama dalam menghafal Al Quran.


❤Pertama, niat. Sebelum menghafal, harus dimurnikan dan dikuatkan niatnya. Menghafal ini bukan untuk mendapatkan pujian atau sanjungan manusia, tetapi semuanya karena Allah SWT semata. Memilih tempat yg Nyaman dan Kondusif

❤Kedua, memastikan makhorijul huruf dan tajwid siswa sudah benar. Guru membacakan beberapa ayat yang akan dihafal, siswa menyimak dan kemudian menirukannya.

❤Ketiga, guru mengulangi ayat yang sedang dihafal sebanyak lima kali dengan variasi nada dan kecepatan. Dan dalam waktu yang bersamaan siswa juga mengikuti bacaan guru dengan suara lirih.

❤Keempat, siswa mengulangi ayat yang sedang dihafal sebanyak 20 kali secara mandiri.

❤Kelima, siswa melantunkan ayat yang sudah dihafal itu dihadapan guru tanpa melihat mushaf Al Quran.



❇Dr Said menambahkan, dalam proses menghafal tak hanya mengandalkan satu indra saja, tetapi bisa menggunakan indra pendengaran, penglihatan dan peta konsep (mind mapping).

Dalam peta konsep, siswa mengaitkan ayat yang dihafal dengan makna yang terkandung di dalamnya, sehingga hafalan bisa melekat dengan baik di memori otak.

Di akhir sesi Dr Said meminta peserta mempraktikkan lima tahap menghafal Al Quran ala anak Gaza Palestina di hadapan peserta lain. Hasilnya luar biasa peserta bisa menghafal empat ayat dalam waktu kurang lebih 15 menit.


❤🔰Ada methode lain selain Methode GAZA untuk menghafal Al Qur'an dg 7 Langkah


1. Menghafal dari Satu Cetakan Mushaf


Ketika ingin lancar menghafal Al-Quran, pastikan kamu menggunakan satu cetakan mushaf yang sama. Hal ini agar kamu tidak bingung ketika mulai menggunakan cetakan berbeda yang nantinya membuat metodemu kacau karena ukuran ayatnya pun akan berbeda.

Selain cetakan yang sama, gunakan Al-Qur’an yang lebih mudah dibaca. Kamu bisa membeli Al-Qur’an dari cetakan-cetakan yang terkenal lalu konsisten menggunakan mushaf tersebut.


2. Tidak Menghafal Banyak Sekaligus


Allah tidak menyukai orang yang melakukan segala sesuatu dengan berlebihan. Begitu pula saat menghafal Al-Quran. Jangan paksakan diri kamu untuk menghafal Al-Qur’an dalam jumlah yang banyak sekaligus karena cara tersebut bukanlah cara yang efektif.

Cara menghafal Al-Quran sedikit demi sedikit secara konsisten jauh lebih baik daripada menghafal banyak sekaligus.

3. Menyetorkan Hafalan di Hadapan Qori yang Lebih Mahir


Ketika kamu mulai merasa berhasil menghafal satu ayat, surat, maupun juz, segera setorkan kepada seseorang yang memiliki bacaan bagus dan faham ilmu tajwid seperti imam-imam masjid ataupun guru tahfiz yang dekat dengan rumahmu. Hanya karena kamu sudah hafal, tidak berarti bacaanmu sudah tepat dan bagus.

Oleh karena itu, kamu akan mengetahui kesalahan yang mungkin terjadi dan bisa segera dikoreksi jika disetorkan di hadapan Qori yang lebih mahir.

4. Baca Berulang-Ulang


Seperti seorang murid yang akan menghadapi ujian sekolah, menghafal Al-Quran dengan cara membaca berulang-ulang juga merupakan metode yang tepat untuk cepat menghafal. Kesungguhan dalam membaca ayat Al-Quran secara berulang-ulang akan mempercepat proses dalam menghafal. Semakin sering kamu mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut lengket di ingatanmu.

5. Mengutamakan Durasi


Cara menghafal Al-Quran selanjutnya adalah dengan mengutamakan durasi hafalan. Berkomitmenlah pada durasi kamu biasa menghafal, bukan pada jumlah ayat yang harus dihafal. Jika kamu biasanya menghafal selama dua jam setiap hari, lakukan secara konsisten dengan dua jam tersebut sehingga tidak memberi tekanan kepada otak yang harus menghafal terlalu lama.

6. Mengulangi Hafalan Setiap Waktu Sholat


Selain mengatur durasi hafalan, mengulangi hafalan sebelum atau sesudah waktu sholat dapat kamu lakukan untuk menambah daya hafalan. Kamu dapat sisihkan waktu minimal 15 menit. Selain itu, mengulangi hafalan setiap waktu sholat juga bisa membantu kamu melaksanakan sholat tepat pada waktunya.

7. Menghafal Untuk Setia, Bukan Untuk Khatam


Saat datang niat untuk menghafal Al-Quran, lakukanlah untuk setia dengan wahyu Allah SWT daripada hanya untuk sekedar khatam. Sehingga, setelah berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz, kamu tidak meninggalkan Al-Qur’an dan tetap semangat mengulang hafalan.

Seperti itulah cara menghafal Al-Quran dengan cepat dan tepat agar tidak mudah lupa. Semoga dengan menghafal Al-Quran, kamu dapat memperoleh syafaat Al-Quran yang tiada duanya. Selamat mencoba!

 اللهم اجعلنا من أهل القرآن ويسر لنا من حفظه وفهمه والعمل به والدعوة إليه واجعله لنا قرينا فى الدنيا وشفيعا لنا فى الآخرة ... آمين....

5 comments:

  1. Niat memang salah satu hal yang penting ketika mau melakukan sesuatu ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Informasi dan tips yang sangat membantu sekali Mbak, semangat terus dalam berkarya.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, semoga anak kita kelak menjadi anak yang hafal alquran dan dapat mengamalkannya ya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak Mbak untuk informasi yang bermanfaat ini, semoga bisa membantu banyak orang.

    ReplyDelete
  5. Ternyata banyak ya Mbak metode yang bisa kita lakukan untuk menghafal.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)