Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Friday, 22 February 2019

Tips Memilih Layanan Data Center Terbaik untuk Keamanan Data Perusahaan

Tips Memilih Layanan Data Center Terbaik untuk Keamanan Data Perusahaan

Sudah bukan zamannya lagi sebuah perusahaan kebingungan menyimpan data-data penting. Di era modern seperti ini, ada berbagai cara untuk penyimpanan data yang mutakhir dan aman. Contohnya adalah dengan mengandalkan layanan data center.


Namun, dari sekian banyak penyedia layanan data center, Anda juga harus pandai-pandai memilih mana yang kredibel dan dapat dipercaya. Sebagai petunjuk awal supaya tidak salah pilih, mari simak beberapa tips untuk memilih layanan data center terbaik di Indonesia berikut ini.

Cara Mudah Memilih Layanan Data Center untuk Perusahaan


Tidak ada ketentuan harus seberapa besar perusahaan Anda untuk dapat menggunakan layanan data center, sebab layanan data center tidak mengukur kejayaan perusahaan Anda melainkan seberapa banyak data yang ingin Anda simpan. Paling penting, perhatikan beberapa hal berikut ini ketika akan melakukan kesepakatan dengan suatu jasa layanan data center.

Pastikan Tingkat Keamanannya


Keamanan data adalah faktor utama, sehingga layanan keamanan adalah yang paling awal sebaiknya Anda tanyakan. Pastikan bahwa data-data yang akan tersimpan akan dilindungi oleh berlapis-lapis security.
Tentu saja keamanan ini bukan hanya aman dari pencurian data, tetapi juga hilangnya data karena suatu hal entah itu virus atau bencana. Inilah mengapa sebaiknya data disebar pada beberapa titik aman dengan perlindungan yang baik. Perlindungan bukan hanya dilakukan pada data non fisik, tapi pada perangkat yang digunakan maupun lokasi perangkat tersebut diletakkan.


Bagaimana Cara Pengelolaan dan Seberapa Aman Lokasinya


Cara pengelolaan data center juga menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Pengelolaan yang dimaksud bukan hanya menyangkut data, tetapi juga fasilitas di dalamnya. Apakah memenuhi standar operasi yang ditetapkan, perawatan alat-alat, pengontrolan lingkungan di dalam maupun di luar, dan bahkan kondisi topografi, geologi, vulkanologi, dan lain sebagainya.
Biasanya, bangunan yang digunakan sebagai data center tidak boleh berada di wilayah yang sering terjadi bencana. Oleh sebab itu, cukup penting mengetahui lokasi tepat bangunan data center yang akan Anda gunakan.

Memiliki Layanan yang Fleksibel


Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan IT sangatlah cepat. Hal ini menuntut berbagai layanan yang bersifat IT juga mengikuti tiap perkembangan yang ada. Salah satunya pada layanan data center. Pelayanan yang diberikan diharuskan bisa mengikuti kecanggihan teknologi yang sedang banyak digunakan. Oleh sebab itu, dibutuhkan arsitektur penyimpanan yang benar-benar terpadu. Sehingga jika suatu saat ada perubahan, bisa dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

Memiliki Visual Storage Tiering


Visual storage tiering juga merupakan salah satu fleksibilitas yang harus ada pada data center. Maksudnya, data center tersebut bukan hanya fleksibel dalam hal kapasitas penyimpanan tetapi juga jenis data yang disimpan. Mulai dari data berupa tulisan, gambar, video, dan lain sebagainya harus mampu disimpan, diolah dan diproses dengan baik. Termasuk juga dapat memprioritaskan mana data kritis dan mana data yang tidak begitu kritis. Kedua jenis data tersebut sebaiknya disimpan di mana, pada data drive atau flash drive.

Layanan Data Center yang Terpercaya Ada di Jakarta
Apabila Anda mencari layanan data center yang memenuhi semua kriteria di atas, maka NEX data center adalah rekomendasi terbaik untuk Anda. NEX data center memiliki pengalaman lebih dari sepuluh tahun dan sudah Tier III. Artinya, parameter perancangan data center sudah memenuhi standar, yaitu tingkat availabilitasnya tinggi, tindak rentang gangguan, dan lain sebagainya. Sangat cocok untuk perusahaan besar yang mencari layanan pusat data bermutu.

5 comments:

  1. Wah bisa dicoba nih tipsnya. Terima kasih tipsnya hehe

    ReplyDelete
  2. Memastikan tingkat keamanan data perusahaan itu memang sangat penting ya

    ReplyDelete
  3. Kalau layanan data center yang terpecaya di Malang ada nggak nih hehe

    ReplyDelete
  4. Memiliki visual storage tiering memang penting juga ya ternyata

    ReplyDelete
  5. Seberapa aman lokasi juga merupakan salah satu hal yang penting ya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)