Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Saturday, 23 March 2019

How to be an Extraordinary Student

Webinar Week #4 : How to be an extraordinary student

Pemateri : Dina Ega Mulya


πŸŒΌπŸƒπŸŒΌπŸπŸŒΌπŸƒ


Assalamu'alaikum,

Hello everyone,  Let me introduce myself,  I'm Dina Ega Mulya,  people often call me Dina form English Education Department 2016 Siliwangi University.




How to be an extraordinary student


10 ways to make it comes true


It’s about your passion!


πŸŒΌπŸƒπŸŒΌπŸƒπŸŒΌπŸƒπŸŒΌπŸƒ


10 Ways to Make it Comes True :  


1. Do what you love ❤️


Tidak akan berat melakukan apapun yang kamu sukai. Mulailah dengan hal-hal kecil setiap harinya untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai. Lakukan hal itu dengan ikhlas dan lakukan langkah selanjutnya untuk mengembangkan apa yang kamu sukai.

Misalnya kamu suka menyanyi, melukis, membaca, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Lakukanlah setiap hari dan kembangkan untuk meraih sesuatu yang kamu inginkan ke depannya.

2. Beat your fears!


Setiap orang memiliki sesuatu yang kekhawatirannya masing-masing.

Misalnya kamu suka menyanyi tapi kamu takut atau tidak berani untuk menunjukkan pada orang lain.

Orang lain tidak akan tahu kamu memiliki sesuatu yang luar biasa dalam diri kamu.
Tunjukkanlah kalian memiliki sesuatu yang mengagumkan dalam diri kalian, yang orang lain mungkin tidak mempunyai kemampuan itu.

3. Work hard πŸ’ͺ


Untuk menjadi yang spesial dalam suatu hal, kalian harus menghabiskan beberapa jam, hari, bulan bahkan tahun. Maka berusahalah untuk selalu menjadi apa yang kamu inginkan.

Misalnya, kamu ngin menjadi penulis terkenal, maka yang kamu harus lakukan menulis setiap harinya adalah menulis 5 jam per hari atau 1 lebar per hari, hingga akhirnya membuat suatu karya yang luar biasa, atau bergabung dengan komunitas penulis di kampus ataupun di luar kampus, mengikuti seminar nasional tentang apa yang kamu suka.

4. Teamwork πŸ‘«


Di dunia ini kita tidak sendiri, banyak sekali orang-orang di sekeliling kita yang memiliki kesamaan dalam hobi atau kesukaan, bergabunglah bersama teman-teman atau orang-orang yang satu visi dan misi yang sama dengan kalian.

Misalnya kalian suka menulis, bergabung dengan komunitas yang menyukai tulis-menulis, karena merekalah yang mengerti, membantu dan mendukungmu untuk mewujudkan impianmu.

5. Be patient for everything that you face with smile 😊😊😊


Sesuatu hal yang luar biasa memerlukan waktu yang sangat lama, maka dari itu kamu harus bersabar, tidak mudah menyerah, dan melakukannya dengan ikhlas. Kalau ada masalah, senyumin ajaa ya gaa?  πŸ˜ŠπŸ˜†

6. πŸ“Œ New Experiences


Being an extraordinary student, do the new thing that you never do it before.

Melakukan sesuatu yang baru itu sangat disukai untuk orang-orang yang luar biasa, karena mereka menyukai sesuatu yang baru.

Misalnya, kalian belum pernah mendaki gunung, lakukanlah itu sebagai tantangan baru untuk kalian, selain itu juga untuk membuat tubuhmu sehat dan segar.

Setelah di puncak gunung, kalian bisa melakukan aktivitas yang kamu sukai dengan suasana yang baru, missal membaca buku atau menulis buku di atas puncak, it will be great

7. Learn to be grateful πŸ˜‡


Bersyukur atas apapun yang kamu punya adalah sesuatu yang membuat kamu berbeda dan luar biasa dari orang lain. Jangan pernah mengeluh atas apa yang tidak kamu punya.

Misalnya kamu memiliki bakat menulis tapi kamu tidak bisa memiliki suara yang bagus untuk menyanyi, lalu kamu mengeluh. Itu bukan ciri-ciri orang yang luar biasa.


πŸ“Œ Yang seharusnya kamu lakukan adalah bersyukur karena bisa menulis dengan bagus, kamu bisa bernyanyi dalam tulisan, bukankah itu keren?

8. Learn to be kind 


Be kind to other people. Terkadang susah untuk berbuat baik pada orang lain.

Lakukan hal kecil yang membuat orang lain bahagia.

Contoh kecilnya adalah tersenyum pada orang lain atau hanya sekedar salam pada orang yang kamu kenal juga bisa membuat orang lain senag bisa mengenal kamu.

Contoh lain, membuat kopi atau susu untuk teman sekamarmu atau untuk adik/kakak atau siapapun orang-orang disekeliling kita

9. Being volunteer for yourself and others 😎


Relawan untuk orang lain adalah sesuatu kebanggaan terbesar dalam hidupku. Karena dengan menjadi relawan aku bisa membantu orang lain, melihat mereka tersenyum adalah sesuatu prestasi yang tak ternilai. Tapi tidak hanya relawan untuk orang lain, kita juga harus menjadi relawan untuk diri kita sendiri.

Contohnya menjaga kesehatan, mengatur pola tidur yang baik,  belajar dengan giat agar tercapai cita-cita kita.

Dengan membantu orang lain, kita juga bisa membuat kita tersenyum bahagia di saat yang bersamaan.

10. Don’t forget to pray πŸ˜‡


Jangan lupa untuk berdoa juga yaaa teman-teman. Berdoa untuk selalu diberikan kesehatan, kecerdasan dan lain-lain. Mendoakan orang lain juga tidak kalah pentingnya, berdoa untuk ibu ayah, keluarga, teman-teman atau orang-orang yang kita kenal.


🌴🌼🌴🌼🌴


Sebenarnya banyak hal selain yang telah dipaparkan di atas  yang bisa dilakukan untuk menjadi berbeda dan luar biasa, tapi di sini hanya mengambil 10 cara saja.

Berikut foto-foto yang mungkin bisa menginspirasi teman-teman, yang saya lakukan sesuai apa yang saya sukai. 😊



Oh yaa teman,  penting sekali untuk mengatur jadwal kaliaan setiap harinyaa yaaa...

Sedikit cerita tentang saya,  saya itu orang yang ga bisa diem di satu tempat πŸ˜… jadi,  tiap bulan pasti menyempatkan mengikuti acara di luar kampus,  ke kota orang,  cari teman baru,  cari pengalaman baru.  Itu salah satu real saya merealisasikan untuk menjadi berbeda


Selain akademik,  saya juga aktif bergabung di beberapa organisasi di kampus maupun di luar kampus,  tujuannya sama.

Pengalaman yang baru,  belajar banyak hal dari sebuah organisasi.


πŸπŸŒΌπŸƒπŸŒΌπŸ

Being an extraordinary student,  sometimes can be difficult,  but it depends on youuu.πŸ˜‰


πŸŒ΄πŸŒΌπŸƒπŸŒΌπŸƒπŸŒ΄

Sesi Diskusi : 


1. Nia Semarang : 


Izin bertanya, tadi syarat pertama, lakukan apa yang kamu sukai. Nah, misal kita suka coding nih, kita melakukan kegiatan tersebut selain ada tuntutan lain, kita melakukunnya untuk mengembangkan skill kita, tapi kita melakukannya mood-moodan. Apalagi kalau udah error dan lama ga nemu titik kesalahannya, jadinya malas ngelanjutin.

Nah gimana caranya ngilangin sifat yang moodyan itu atau solusi apa yang harus dilakukan saat rasa malas datang?πŸ˜…

Jawaban : 


That's the good question from Nia

Saya juga kadang gitu sihh sebenarnya,  tapi ingat satu hal "be patient" yaaa...

Cara yang bisa dilakukan,  misal bisa dengan mengubah suasana kegiatan tersebut,  biasanya kamu coding di kamar,  nah kamu ganti tempat di luar ruangan, atau kalo lagi malas lanjutin,  kayaknya kamu harus punya partner yang bisa membangunkan semangat untuk melakukan kegiatan tersebut kembali.  Semangat. πŸ’ͺ

2. Doni Yogyakarta : 


Izin bertanya: Kak dina, butuh ga sih punishment untuk diri sendiri karena tidak menjalankan yang terbaik? Kalau ka dina itu mempunish diri kaka seperti apa?

Jawaban : 


Butuh banget,  terkadang kita memang butuh sesuatu yang membuat kita menjadi lebih tegas sama apa yang seharusnya kita jalankan.

Kalau aku sendiri, biasanya membuat perjanjian sama teman sendiri,  misal kalau ga tepat waktu masuk kelas,  aku harus traktir makan temanku apapun yang dia pengen. Daripada traktir makan teman saya kan,  males banget yaa, mana anak kostan yang jauh dari orang tua,  jadi pasti kan langsung mikir ga boleh telat masuk kelas,  gitu sii.

Pernah dulu, perjanjiannya tentang harus ngomong bahasa inggris selama 5 jam, punishmentnya udah harus bayar per kata terus, itu dicubit sepuluh kali,  kalo sakit.  πŸ˜… But it works for me,  your friends can help you a lot.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)