Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Tuesday, 23 April 2019

Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak Sebelum Tidur


Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak Sebelum Tidur

Bagi orang tua menidurkan anak terkadang akan dianggap sebagai pekerjaan yang sulit. Akan munculnya disetiap pikiran orang tua tentang cara untuk menaklukan si kecil yang masih ingin terus bermain, menonton TV, atau tidak mau berbaring di tempat tidur.


Sedangkan malam sudah begitu larut tetapi si kecil masih saja tidak menunjukkan tanda tanda ingin tidur.Jika kondisinya seperti ini maka salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan membacakan dongeng sebelum tidur.

Jika ibu sosok yang tidak pandai mengarang cerita maka bisa dengan membacakan buku cerita untuk mereka.

Lalu apa manfaat membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur?

1. Dapat Mengembangkan Imajinasi :

Supaya otak anak dapat bekerja maka harus dilatih untuk berimajinasi, selain itu juga anak harus dilatih untuk berpikir dengan cepat dan efektif. Jika si kecil suka berimajinasi maka mereka akan memiliki banyak cara kreatif untuk bisa menyelesaikan berbagai macam masalah yang dihadapinya. Mereka nantinya akan mampu untuk memvisualisasikan karakter yang tidak nyata, tempat, dan situasi yang akan membuat lebih berwarnanya hidup mereka.

2. Dapat Memberikan Momen Berharga


Baik bagi anak ataupun orang tua dengan membacakan dongeng sebelum tidur maka ini akan menjadi momen yang berharga bagi mereka. Ibu pastinya ingin jika si kecil memiliki memori yang indah tentang masa kecilnya. Pada saat ibu selesai membacakan dongeng untuknya lalu mengucapkan selamat tidur dan mengecup keningnya dengan senyum yang mengembang maka momen tersebut akan selalu ada didalam ingatan si kecil. Momen ini pastinya akan memperkuat ikatan batin antara ibu dan anak.

3. Dapat Mengembangkan Kemampuan Bahasanya  


Akan dapat berkembangnya kemampuan anak didalam berbahasa dengan mendengarkan cerita. Jika ibu membacakan dongeng untuk si kecil sebelum tidur maka secara otomatis ibu akan mengajarkan anak untuk memahami struktur pola kalimat, tepat menggunakan intonasi, dan akan bertambahnya kosa kata.

4. Dapat Memupuk Kegemaran Membaca


Anak biasanya tidak akan merasa puas jika hanya mendengarkan satu atau dua buah cerita saja. Si kecil akan terus menerus untuk meminta cerita cerita baru tanpa habisnya atau secara berulang ulang akan meminta dibacakan satu buah cerita. Hal ini memang akan sangat melelahkan tetapi ini merupakan cara untuk bisa memupuk minat anak untuk gemar membaca. Jika anak sering dibacakan buku cerita maka nantinya anak akan tumbuh menjadi orang yang suka membaca.

5. Dapat Menstimulasi Otak


Pada saat anak mendengarkan sebuah cerita dari ibunya maka akan munculnya banyak pertanyaan didalam benaknya. Anak pastinya akan banyak bertanya karena mereka tidak banyak tahu. Semakin sering ibu menceritakan dongeng untuknya maka akan semakin banyaknya pertanyaan yang akan dilontarkannya.

6. Dogeng Pengantar Tidur Yang Menyenangkan


Sebelum tidur menceritakan dongeng untuk si kecil maka ini akan sama efektifnya dengan menyanyikan lagu sebagai pengantar anak tidur. Anak akan merasa tenang dan relaks lalu mengantuk pada saat mendengarkan alunan musik yang lembut. Begitu juga pada saat membacakan dongeng maka ini akan dapat membantunya terbuai dan terlelap sambil membawa berbagai imajinasi kedalam mimpinya.

Biasanya anak anak ini akan lebih menyukai buku dengan ilustrasi gambar yang menarik, pasalnya mereka belum bisa membaca sehingga hanya tertarik untuk mendengarkan ceritanya dan melihat ilustrasi gambarnya.

2 comments:

  1. Wah, ilmu baru nih! Terimakasih!

    ReplyDelete
  2. aku sih jarang dongeng kalau aku gak capai baru dongeng deh

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)