Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Sabtu, 01 Desember 2018

Inilah 5 Tips Hidup Sehat Yang Wajib Kau Tahu


Inilah 5 Tips Hidup Sehat Yang Wajib Kau Tahu

Jujur saya nggak sehat-sehat banget ya, haha. Jadi saya bingung juga mau bahas apaan di tema ini. Tapi saya mau merangkum tips hidup sehat dari cerita teman-teman yang sehat dan bikin saya iri dengan kesehatannya. Nah, apa aja nih tips sehat ala mereka?

Inilah 5 Tips Hidup Sehat Yang Wajib Kau Tahu


1.       Jaga pikiran tetap segar dan tubuh tetap bugar


Jaga pikiran agar tetap jernih di situasi apapun ternyata harus dilakukan lho. Meskipun kamu sedang tinggal di kota yang sering terkena macet, jangan sampai pikiranmu ikutan ruwet. Saya paham bagaimana orang-orang di ibuota sering mengeluh dengankemacetan yang melanda, panas, cuaca yang nggak bersahabat, polusi udara dll. Tapi jika kita bisa tetap menjaga pikiran tetap segar di situasi apapun, insya Allah tubuh dan jiwa kita pun akan sehat.

Lalu... Dengan cara apa? Positif thinking, bersyukur, berterima kasih atas apapun yang ada di dalam hidup kita. Jangan mudah marah atau mengeluh, karena hal itu menyerap energi negatif ke dalam tubuh kita. Lalu menjadikan tubuh kita pun bereaksi terhadap hal tersebut.

Nah, ada lagi nih, biar tubuh tetap bugar caranya harus olahraga. Sederhana aja, sisihkan waktu 15-30 menit sehari untuk merilekskan tubuh agar aliran oksigen dari darah ke otak tetap tersuplai dengan baik. Kenapa gitu? Karena olahraga adalah cara paling mudah untuk memasukkan oksigen ke otak, jadi pikiran kita tetap fresh, tubuh juga sehat deh.


2.  Mengurangi ekspektasi agar bahagia


Kadar kebahagiaan seharusnya kita yang menentukan ya. Ujian dalam hidup pasti ada, wong namanya juga masih manusia. Bukan hantu *eh gimana haha. Jadi ya pasti ada aja ujiannya. Buat tetap sehat, saya harus menjaga kewarsan dengan mengurangi ekspektasi yang berlebihan.

Hmm, agar apa? Yaa... agar kita bisa tetap bahagia, tersenyum, dan nggak gampang stress dengan keadaan apapun dalam hidup. Banyakin juga ketawa bair sehat, meskipun tetap dalam kadar yang secukupnya ya. Karena banyak ketawa juga mematikan hati.

3.   Makan sayur dan buah secara langsung dan rutin setiap hari


Buat saya yang masih doyan buah dan sayuran, saya bisa memulai banyakin makan ini dibanding banyakin nasinya. Jadi tuh dalam satu porsi makanan, kalau kamu pengin sehat dan langsing, plus ditambah bonus kulit jadi glowing, dibanyakin deh makan sayur dan buah. Terutama lalapan ya, jadi makannya tuh masih mentahan. Bukan yang udah diolah jadi sayur.

Ya... Soalnya kandungan vitamin dan dzat yang diperlukan tubuh justru akan terlarut dalam air panas jika kita memasaknya terlalu lama. Ya, ini tips dari temenku yang ibunya tuh awet muda banget. Hahaha. Bikin iri deh, wajahnya tuh glowing banget, padahal jarang pakai produk makeup dan skin care. Ya pantes ya, kalau kirain masih seumuran sama anak perempuannya. Wkeke

     4. Banyakin minum air putih setiap hari


Kenapa harus banyakin air putih setiap hari? Karena tubuh perlu asupan minuman yang dalam jumlah banyak. Misal kamu yang tiap hari minum, coba deh dihitung berapa gelas air mineral yang masuk ke dalam tubuh.  

Ada yang menganjurkan minum air putih 8 gelas per hari, tapi ada juga yang lebih dari itu tergantung berat badan kita. Karena kebutuhan tiap orang  kan berbeda tergantung massa tubuhnya ya. Nah, patokan aku nih, minimal 8 gelas sehari.  Kalau bisa diniatkan setiap selesai shalat minum deh 2 gelas. Jadi kan kita keinget berapa air mineral yang sudah masuk ke dalam tubuh.

5. Rekreasi, refleksi  dan meditasi


Sadar atau tidak, manusia modern saat ini sangat tergantung dari pekerjaannya. Sehingga ketika pekerjaannya sangat banyak dan stress pun melanda, kita akan sulit untuk keluar dari lingkungan yang toxic. Ya, tapi kita bisa kok melakukan rekreasi, refleksi, dan mediasi.  

Kalau dalam islam ada shalat, dzikir yang memungkinkan pikiran dan tubuh kita tenang dalam jangka waktu tertentu. Kalau bisa sih, diusahakan untuk shalat tepat waktu ya, kak. Karena shalat tepat waktu itu bertepatan dengan pancaran energi dan aura saat itu. Jadi kalau shaatnya suka telat ya ada perubahan aura yang terasa, itu kenapa kalau suka telat shalat semuanya jadi  berantakan.

Untuk rekreasi saya memilih berlibur ke tempat yang saya suka, jadi setiap bulan saya usahakan untuk rekreasi ala saya. Bisa shoping, menonton film di bioskop kesayangan, ngobrol dan hangout dengan teman, maupun liburan ke luar kota.

Nah untuk meditasi bisa pakai cara yaitu dengan Yoga. Ada teman saya yang masih kelihatan awet muda banget, ternyata rahasianya ada pada Yoga yang setiap hari dia lakukan. Pikiran dan tubuh bisa rileks dan santai sehingga siap menyambut hari baru dengan lebih bahagia.

Nah, kalau kamu gimana? Apa aja 5 tips hidup sehat ala kamu? Share dong di komentar. Hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas