Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Monday, 10 December 2018

Ngerjain Pekerjaan Rumah Tangga? No Way!


Ngerjain Pekerjaan Rumah Tangga? No Way!

Sebagai orang rumahan yang lebih sering ada di rumah, praktis kegiatan saya juga lebih banyak berhubungan dengan pekerjaan domestik. Tapi kalau harus milih, saya ogah deh ngerjain sendiri dan full setiap hari. Ada alasan kenapa pekerjaan rumah tangga tidak menjadi favorit. Bukan karena nggak suka ya, kak. Tapi karena saya ada alergi yang nggak memungkinkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dalam jangka waktu yang lama.

Dari kecil saya gampang capek. Lelah yang berlebihan bikin badan langsung meriang. Demam, flu kalau kena debu pas bersihin rumah, bahkan dulu pernah langganan sakit asma. Sekarang asma saya udah nggak pernah kambuh lagi, alhamdulillah. Tapi saya jadi harus menjaga diri dari memforsir tenaga berlebihan. Soalnya kalau udah bengeknya kambuh, duh saya nggak bisa gerak sama sekali. Harus bedrest di tempat tidur selama 1-3 hari sesuai anjuran dokter untuk mengurangi aktivitas dan rutin minum obat.



Ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang masih saya kerjakan, tapi nggak bisa dalam waktu yang bersamaan ya. Harus ada jedanya karena selain menghemat tenaga juga biar nggak kecapekan banget. Apa aja itu? Cek this out!

1.       Nyapu halaman rumah


Di depan rumahku, ada dua pohon mangga yang sangat rindang. Daun-daun keringnya berguguran dari dahannya sehingga saya harus rutin menyapu halaman setiap pagi atau sore. Ya, kalaupun dalam kondisi sedang musim hujan dan berangin kencang, saya harus selalu menyapu halaman rumah dua kali dalam sehari. Tapi pohon mangga itu sudah ditebang. Alhamdulillah ya, bisa mengurangi beban kerjaan yang harus dilakukan setiap hari. Hehe. Nyapunya sih tetep, tapi nggak secapek dulu, hehehe.


pohon mangga depan rumah yang sekarang udah ditebang, hehe

2.       Berkebun di halaman rumah


Kalau ada pekerjaan rumah tangga yang saya suka adalah memangkas daun-daun pohon atau tanaman di depan rumah. Ada beberapa tanaman yang saya letakkan di halaman rumah antara lain lidah mertua, cabe, jambu, nangka, dan beberapa tanaman kecil yang saya nggak tahu namanya, tapi nanemnya mudah. Tinggal taruh aja di polibag atau pot.



Alhamdulillah dari kegiatan berkebun ini saya jadi merasakan me time yang sebenarnya. Dulu pas kecil, saya nanem tanaman apa aja di depan rumah, mulai dari semangka, kacang, srikaya patol, cabe, bunga-bunga, dll. Ya walaupun semangkanya keburu kebelah jadi dua pas udah agak gedean seukuran kepalan telapak tangan. Wkwk.

Saat ini pohon mangga di depan rumahku sudah ditebang, jadi yang tersisa hanya tanaman kecil yang ada di pot saja. Alhamdulillah masih bisa memberi kesejukan suasana saat memandang dedaunan yang menghijau.

3.       Bersihin kamar mandi dan toilet


Seriously, pekerjaan rumah tangga ini yang paling menyenangkan karena bisa melampiaskan emosi lewat jalur yang benar. Lol. Jadi akutu kalau abis bersihin kamar mandi dan toilet rasanya lega aja gitu, bisa lihat keramik jadi konclong lagi. Wkwk. Tapi yang nggak senengnya tuh pas ngasih cairan pembersih closet ternyata kebanyakan.

Nah, pas saya bersihin closet itu kan dari bahan yang mudah menguap dan bikin aroma asamnya menyeruak. Ini nih yang bikin asam lambungku tahu-tahu naik dan mendadak bisa muntah kalau nggak kuat. Makanya harus hati-hati banget bersihinnya. Kalau pun nggak pakai cairan pembersih closet seperti harpic, saya bakal pakai citrun acid yang lebih nyaman digunakan. Apalagi nggak menimbulkan aroma yang bikin pusing kepala dan mual.

Itu aja sih 3 pekerjaan rumah yang lebih sering saya lakukan. Kalau kayak nyetrika, nyuci baju, masak gitu saya lebih milih nggak sering-sering melakukanya. Haha. Soalnya pernah tuh masak banyak eh lha dalah nggak ada tuh yang mau makan selain yang masak. Katanya masakannya aneh, soalnya saya sering bereksperimen bikin kuliner yang beda dari biasanya. Ya gimana dong ya, Hehe. Lebih enak masak sesuai selera sendiri. Tapi kalau pas nggak masak ya saya beli yang udah jadi aja, Toh di Tegal masakan yang udah jadi pun murah-murah kok. Wekeke. :p

maunya sih rumahnya sebersih dan seluas rumah ini. tapi yakin mau urusin pekerjaan rumah sendirian? wekeke 

Kalau nyetrika saya jarang banget ya. Hahaha. Saya kalo nyetrika ga bisa serapi hasil setrikaan laundry atau penjahit yang rapi jali. Saya nyetrika pas butuh aja, sesekali setrika langsung dipakai hari itu juga. Atau kalaupun lagi pengin dan selo banget, saya nyetrika sekalian banyak dalam waktu 3 harian. Jadi kebayang kan berapa banyaknya setrikaan hari itu. :p

Nah, kalau soal nyuci baju, kan tinggal cemplungin aja di mesin cuci, jadi ya nggak terlalu spesial yang gimana-gimana juga sih. Wekeke. Mana ada sih orang yang suka banget nyuci baju? Emang segitu cintanya sama pekerjaan rumah tangga? Hahaha. Yaudahhh, kalo gitu bisa dong saya nitip cucikan baju sekalian? :))

Kalau kamu gimana? Apa aja pekerjaan rumah tangga yang kamu sukai? Share dong di komentar. ;)

1 comment:

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)