Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Friday, 30 November 2018

Tips Memilih Busana Muslim yang Syari


Tips Memilih Busana Muslim yang Syari

Bagi seorang muslimah, mengenakan pakaian muslim yang syari adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Karena berkaitan dengan aturan yang Allah dan Rasulullah ajarkan. Seorang muslimah tentunya harus tahu aturan wajib dalam berjilbab antara lain :

1.       Tidak ketat


Ya, memakai busana muslim bagi seorang muslimah adalah kewajiban. Dalam al quran, Allah memerintahkan agar kita tidak boleh menggunakan pakaian yang ketat, tidak boleh memperlihatkan lekuk tubuh sehingga terlihat menampakkan yang seharusnya tertutup. Hal ini agar seorang muslimah juga terlindungi dari kejahatan manusia lainnya. Sangat riskan jika seorang perempuan mengenakan pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuhnya. Hal ini juga menjadi penanda bahwa Islam sangat menghormati kedudukan perempuan. Nah, untuk busana muslim yang tidak ketat, ada busana muslim karya desainer ternama Ria Miranda yang tidak ketat dan tetap elegan. Berminat mencobanya?



2.       Menutup dada dengan mengulurkan jilbab


Seorang perempuan yang juga seorang muslimah pasti tahu bahwa aturan menggunakan jilbab adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Meskipun sikap dan akhlak kita belum sempurna, namun aturan berjilbab tetap saja adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa digugurkan. Aturan berjilbab ini dalam al quran disebutkan bahwa seorang perempuan harus mengulurkan jilbabnya hingga menutup dada. Kenapa?  You know what i mean ya. Agar bisa menjaga pandangan mata laki-laki yang di dalam hatinya terdapat penyakit hati. Dalam berjilbab juga tidak boleh menyerupai punuk onta, tidak boleh terlalu pendek.

3.       Harus menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan


Bagi seorang muslimah, menggunak busana muslim yang syari adalah sebuah aturan yang tak boleh dilanggar sedikit pun. Di dalam rumah kita boleh tidak menggunakan jilbab saat di sana ada mahram. Namun berbeda dengan saat kita sedang berada di luar rumah yang memungkinkan kita bertemu orang non mahram. Maka kita wajib mengenakan pakaian yang menutup aurat kecuali wajah dan telapak tangan. Jadi kamu wajib pakai kaos kaki dan manset ya jika ternyata baju yang kamu kenakan rawan tersingkap di bagian pergelangan tangan.



4.       Memilih baju yang tidak transparan


Seorang perempuan yang beragama islam harus menutup auratnya dengan sempurna. Maksudnya apa? Ya dengan menggunakan baju yang tidak transparan. Hal ini tentu membuat kita harus berani menolak jika penjual busana muslim menawari pakaian dengan kain yang transparan. Sangat penting memilih kain untuk busana muslim yang sesuai dengan anjuran agama Islam. Harus tebal dan tidak nerawang. Selain itu juga tidak boleh berlebihan dalam berbusana, jadi kainnya tidak boleh menyentuh lantai sampai mirip seperti sapu berjalan. Sayangnya hal ini seringkali luput dalam perhatian kita saat seorang pengantin perempuan menyiapkan gaun pernikahannya. Gaun tersebut kadang sampai menyentuh lantai dan bahkan panjang sekali hingga perlu dibawa oleh pengiring pengantin. Tentu saja ini bertentangan dengan ajaran agama Islam, selain itu menyerupai kaum agama lainnya

5.       Tidak tabarruj


Tabarruj artinya berlebihan dalam bersolek. Jadi jika ada pakaian yang memperlihatkan dan justru menampilkan wajah perempuan tersebut terlihat lebih menarik perhatian dan pandangan kaum lelaki, maka sebaiknya hindari saja. Masalahnya kadang hal ini luput dari perhatian kita. Bahkan ada seorang pedagang bros yang mengatakan bahwa ia akan menstop pemesanan bros juntai karena dirasa membuat customer yang memakainya terlihat tabarruj. Ia tetap akan membbuat bros juntai namun dalam ukuran yang lebih kecil hanya sepanjang ibu jari. 

Nah, kalau kamu apa sudah mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat seorang muslimah mengenakan busana muslim? Semoga informasi ini bermanfaat ya. ;)


2 comments:

  1. Saya suka yang longgar. Gak pakai walau keliatan besar

    ReplyDelete
  2. thanks beb jadi ngono ya milih busana muslim yang syari. Iya banget jangan ketat. Nek ketat ya lucu membentuk tubuh jadi nggak syari lagi.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)