Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 14 November 2018

Manajemen Logistik ala Nabi Yusuf


Tiap kali panen raya, petani selalu berlimpah hasil bumi. Tapi, apa harus dihabiskan semua? Tentu tidak, Ferguso. Trus gimana menyiasatinya? Nabi Yusuf udah ngajarin sejak dulu kala.


Jadi, kalo mau nyimpen hasil panen, biarkan buah atau bulir padi tetap pada tangkainya. Kek apel gitu bisa bertahan lama di pasaran kenapa? Karena masih ada tangkainya. Nah, pas kapan hari aku panen mangga, tu yang metikin ga nyisain sedikit pun tangkai buahnya. Jadi  udah dipotong. Sayang banget.

Padahal kalo buah tetap pada tangkainya, walo udah dipetik, tetep bisa dimakan dalam waktu yang  lebih lama.

Contohnya kurma yang dijual masih ada tangkainya itu loh. Rasanya tetep lebih enak dibanding kurma yang dikeringkan. Lebih empuk juga.

Begitu juga dengan padi.  Saat panen raya, jangan digiling semua. Tapi sisihkan sebagian masih dalam bentuk padi dengan tangkainya. Nah, padi-padi inilah yang bisa dipakai sebagai bibit, dan stok logistik.

Paham ya maksudnya? 😊


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)