Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 16 January 2019

Wishlist Traveling Keliling Indonesia 2019

Wishlist Traveling Keliling Indonesia 2019

Tahun baru sudah dimulai, nggak kerasa ya udah separuh bulan Januari kita lalui. Saya ngerasa excited dengan tahun ini karena banyak agenda yang pengin saya wujudkan.


Salah satunya adalah traveling ke beberapa tempat di Indonesia. Perkara kapan ke sananya, semoga Allah yang kasih waktu terbaik ya. Saya nabung aja dulu. Nabung doa dan duit.  Sambil cek juga kapan liburan yang asyik dan murah di kalender 2019 traveloka

Inilah 10 Destinasi wisata favorit  indonesia yang masuk wishlistku 2019 :


1. Explore Tanah Sumba 


Yeah, berawal dari sebuah keinginan receh karena pengin ngeliat tanah Sumba yang sering jadi latar belakang sebuah film yang cinematic look. Sure, saya pengin ke sana karena hal ini.

Ada beberapa film yang berlatar belakang budaya dan wisata sumba. Dan pas ngecek di salah satu undian sebuah produk minuman. Saya baca lagi artikel tentang wisata Sumba. Di sana ada budaya, kuliner, dan wisata alam yang menakjubkan.




Harga tiket yang melambung tinggi belakangan ini bikin saya berpikir. Apa saya ke Sumba kalau dapet hadiah gratis aja ya? Haha. Aamiinkan dong, jaamaaahhh oooh jaamaaah. Alhamdulillaaah~ 😛



2. Liburan di Karimunjawa


Destinasi wisata favorit di Jawa Tengah ini adalah Karimunjawa. Dari sejak saya kerja jadi tour leader di sebuah perusahaan agen tour and travel, saya udah jatuh cinta dengan keindahan alam di Karimunjawa.




Saya sering liat brosurnya dan kepikiran pengin main di pantai karimunjawa yang indah. Tapi waktu itu baru sebatas wacana karena selepas kerja jadi tour leader, saya memilih bekerja di kantor yang berhubungan dengan data-data. Sampai bertahun-tahun setelah ngga kerja di sana, saya pun lupa kalau pernah punya keinginan main ke Karimunjawa.

Pengin ke sana lagi pas tahun lalu liat video dan foto liburan temen-temen layak Mara, Erina, Zain, dll. Duh, jadi pengin liburan ke Karimunjawa beneran deh.

Ya Allah, mauuu. 😍

3. Liburan ke Padang dan Bukittinggi


Pernah jatuh cinta sama seseorang dari tanah minang, bikin saya penasaran dengan budaya, kuliner dan wisata alam di tanah minang, terutama di Padang dan Bukittinggi.

Kalau melihat banyaknya jumlah destinasi tempat wisata di Padang dan Bukittinggi, saya merasa waktu 1 minggu untuk liburan belumlah cukup untuk explore sumatra barat.






Tapi kalau lihat kalender 2019 traveloka, ya bolehlah liburan tipis-tipis ke ranah minang ini beneran diagendain. Biar jangan hanya jadi wacana aja dan biar ga penasaran lagi. Wkwk.

Trus kemana aja emangnya? Ini nih : pagaralam, lembah harau, istana pagaruyung, wisata kuliner di pasar tradisional, cobain baju adat minang, ngeliat kelok 9, tugu jam gadang bukittinggi, dll.

4. Explore Wisata ke Baduy Dalam


Yeah, dari akhir tahun lalu, saya udah kepengin liburan ke Baduy Dalam. Penasaran dengan tenun etnik Baduy dan gimana kehidupan tanpa teknologi di kawasan Baduy Dalam ini.

Waktu itu saya sempet ngobrol sama Billa buat ngrencanain trip ke Baduy. Tapi kepentok sama tanggal dan jadwal lainnya. Kami belum bentuin lagi kapan beneran main ke Baduy.


Kalau dilihat-lihat bulan Januari dan Februari ini adalah bulannya orang suku Baduy pada panen durian. Duriannya pun beda dengan durian yang biasa kita konsumsi. Rasanya ga bikin mabok durian lho.

Nah saya penasaran beneran ga sih? Apalagi harga duriannya tuh murah-murah banget. Pasti bisa pesta durian kalo ke sana. Uwuwuw~

5. Liburan ke Bali


Buat yang udah pernah liburan ke Bali pasti udah kenal dengan ragam destinasi wisatanya. 😍

Nah, saya pengin liburan ke Bali buat mengunjungi beberapa destinasi wisata yang menarik di Bali, antara lain : one day tour Nusa Penida, pantai lovina, pantai kuta, seminyak, ubud, desa wisata, kintamani, GWK, dll. 😄


Ada banyak alasan pengin main ke Bali. Kalau bisa sepuasnya liburan di Bali ya. Minimal explore Bali dalam waktu 1 minggu deh ala backpacker aja. Jadi lebih murah buat biaya liburan ke Balinya. Hehe. 😆

6. Liburan One Day Tour ke Cirebon 


Saya pengin liburan tipis-tipis ke destinasi wisata di Cirebon ini. Ada banyak tempat wisata di Cirebon antara lain : gua sunyaragi, keraton cirebon, kuliner khas cirebon, batik trusmi, dll.

Apalagi sekarang KAI udah ngasih harga tiket yang murah banget buat explore wisata di pulau Jawa pakai kereta api.








Pas kapan hari ada info promo tiket 20 rb saja buat tiket kereta api dari Tegal ke Cirebon. Bayar tiket kereta api Tegal Cirebon PP cuma 40 rb dong ya. Hehe

Wow kalo beneran harga segitu, meski belinya harus go show alias nunggu di stasiun 2 jam sebelum keberangkatan, saya bakal bersedia deh. Wkwk. Jadi beneran promo ga nih? Kalo ada, mauuuu~ 😍

7. One day Tour Trip Wisata ke Pekalongan


Yeah, ini rencana yang dari jaman kapan tahu tapi belum terealisasi. Wkwk. 😅

Soo, gini gaes. Jarak Tegal ke Pekalongan itu mudah dan cepat jika ditempuh dengan kereta api. Hanya butuh waktu 1 jam saja jika menggunakan kereta api jurusan yang melewati stasiun Pekalongan. Ya sama kayak Cirebon. 😂




Jadi kalo mau liburan model one tour gitu gampang banget sebenernya. Berangkatnya pagi banget jam 5 an, sampai Pekalongan jam 6 pagi. Pulang jam sekitar 6-8 malam. Tapi saya masih mikir-mikir soal destinasi wisata di kota Pekalongan yang worth it dan ga harus ke kabupatennya. 😮

Trus apa aja wisata di Pekalongan? Antara lain : limun oriental, museum batik, kampung arab, kampung batik, heritage atau ngeliat bangunan tua di Pekalongan, mangrove, main ke pantai, kuliner khas Pekalongan, belanja batik, dll.

8. Liburan ke Sukabumi 


Tahun ini saya pengin lebih banyak explore tempat wisata yang belum pernah saya datangi. Kalau bisa di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur yang masih awam banget buat saya.

Nah, salah satu destinasi wisata yang ingin saya kunjungi adalah Sukabumi. Tempat ini mungkin belum banyak diexplore ya.



Dulu terkenalnya hanya pelabuhan ratunya aja. Tapi sekarang udah banyak juga wisata baru di Sukabumi yang diminati pengunjung. Antara lain : jembatan terpanjang situgunung di Sukabumi, curug sawer, danau, dan saya penasaran pengin camping di Tanakita.

Aww, semoga terwujud wishlist liburan ini. Karena senang rasanya kalau udah ngerencanain ternyata liburannya beneran terwujud. Hehe

9. Explore wisata di Banyuwangi


Banyuwangi terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Salah satu yang ingin saya kunjungi ya wisata alam di Banyuwangi ini.

Jika saya berangkat dari Tegal menggunakan kereta api, saya bisa langsung sampai di  stasiun Surabaya Pasar Turi. Pakai kereta yang murah aja gaes. Ntar abis itu lanjut dengan kereta lagi.

Blue Fire di Kawah Ijen

Teluk hijau banyuwangi

Lalu ketemu dengan agen tour pas di Banyuwanginya, untuk explore Banyuwangi selama 3-4 hari. Ini kalau pengin yang rada lama ya.

Kalau mau cepat karena jatah cuti hanya sedikit ya bisa main ke Kawah Ijen dan Baluran aja. Tapi kalau mau explore Banyuwangi yang lebih banyak lagi bisa ke Pulau Merah, Pantai, kebun kopi, pulau menjangan, dll.

kawah ijen banyuwangi

Banyak tempat wisata yang bisa diexplore di Banyuwangi. Tinggal saya punya duitnya dan waktu apa ga. Haha.

Oiya, harga tour package Banyuwangi untuk 4 hari 3 malam hanya bayar 1,1 jt itu termasuk murah ya. Saya ngeliat promo itu di sebuah iklan wisata banyuwangi di instagram. Ya, semoga aja bisa ke sana. Hehe

10. Explore Wisata di Bangka dan Belitung


Dulu waktu dengar nama Bangka Belitung di novel Laskar Pelangi milik pakcik Andrea Hirata, saya kira Bangka Belitung itu satu kesatuan. Ternyata beda ya. Bangka sendiri, dan Belitung pun punya wisata sendiri.

Untuk liburan impian yang benar-benar ingin mengeksplore kedua tempat itu butuh waktu minimal 5 hari. Atau kalau mau lebih lama lagi ya 7 hari. Hehe

Pantainya cantiiikk 😍

Mercusuar di Belitung

Tanjung Kelayang


Rata-rata tour di Belitung hanya butuh 3 harian saja. Meskipun model liburannya ala travel yang express ya. Haha. Jadi sehari padet banget ke sono ke sini kemana mana yang penting sama kamu. Eaak

Tapi saya penasaran banget sama keindahan alam di Bangka dan Belitung ini. Apalagi kulinernya, sungguh menggoda selera. 😋

Semoga saya punya rezeki dan diberi kesehatan jadi bisa liburan dan main ke 10 destinasi wisata di atas  tahun 2019 ini yaaa. Aamiin.

Kalau kamu apa wishlist liburan favoritmu? Yuk share dong di komentar. Hehe 😍

3 comments:

  1. Liburan kemaren aku one day trip ke Pekalongan! Hahaha. Ayoklah ajakin aku ke Karimunjawa, kakaaak

    ReplyDelete
  2. Semoga terwujud semuanya mba. Aamiiin

    ReplyDelete
  3. Pengen ke Banyuwangi hehe. Semangat nabung, biar terwujud ke tempat wisata yang keren di Indonesia.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)