Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Monday, 26 February 2018

Nasihat Jack Ma untuk Anak Muda Berusia 25 tahun Yang Ingin Menjadi Pengusaha


Saya mengenal nama Jack Ma saat membuka Google Play. Seingat saya, tahun lalu saya membeli sebuah buku yang membahas tentang kisah hidupnya. Saat ini ia memiliki perusahaan besar bernama Alibaba Group, salah satu perusahaannya yang ada di Indonesia adalah Lazada. Alibaba kini memiliki pembayaran yang bisa digunakan untuk menggantikan uang tunai, sehingga perputaran uang dalam perusahaannya memang cukup diperhitungkan di China. Bisnisnya merambah ketika ia mencapai IPO, sehingga saham perusahaannya dinilai layak untuk dijual di bursa saham.

kantor alibaba (doc : tanpabos.com)


Saat saya melihat profilnya di buku, saya terkejut dengan kemampuan berbahasa yang dia miliki. Ia fasih sekali bahasa Inggris. Kemampuan yang ia miliki dengan menjadi tour guide turis yang datang ke desanya. Saat kecil, Jack Ma selalu menyempatkan diri untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya tanpa dibayar, jika pun dibayar itu bonus. Yang terpenting menguasai bahasa yang bagi sebagian orang china saat itu tidak terlalu penting. Orang china enggan belajar bahasa di luar bahasa ibu mereka.

Saat Jack Ma ingin bekerja di perusahaan, hanya dia seorang yang ditolak karena wajahnya yang tidak biasa (red : jelek).  Jack Ma pun memutuskan untuk membuat perusahaan kecil, cikal bakal Alibaba Grup. Ia mendapatkan modal dari orang-orang yang percaya padanya. Sekarang kalau ditanya siapa orang terkaya di China, ya dia orangnya.

Jack Ma (pic : businessinsider.com)

Saya pikir Jack Ma bukan hanya mendapatkan kemampuan bahasa yang bagus ketika berinteraksi dengan turis asing, melainkan juga mendapatkan insight sesuai obrolan yang mereka perbincangkan. Itu sebabnya, Jack Ma bisa mendapatkan pengetahuan dan melihat dunia di luar China sebagai sebuah tantangan yang ingin dicapainya. Kenapa? Karena pemikirannya sudah global bahkan jauh sebelum orang-orang berpikir tentang globalisasi.


Baca juga : Oleh-oleh dari Kelompok Mentoring Bisnis Kuliner TDA (Tangan di Atas)


Saya melihat Jack Ma sebagai orang yang bekerja keras dan mendapatkan hasil sesuai dengan kerja kerasnya. Bukan hanya kerja keras, tapi juga kerja cerdas. Ia meriset apapun yang akan dilakukannya, termasuk saat ia mencari nama Alibaba untuk branding perusahaannya. Ia bisa melihat sisi lain dari segala sesuatu yang ada di depannya.

Apa saja prinsip hidup yang dia miliki, kini ia bagikan di beberapa buku maupun seminar yang menghadirkan dirinya. Penasaran apa saja nasihat Jack Ma untuk anak muda maupun entrepreneur? Simak di sini ya! (tulisan disarikan dari video di Fb)

***

Nasihat Jack Ma untuk Anak Muda Berusia 25 tahun 

Yang Ingin Menjadi Pengusaha


Jika kamu berusia 25 tahun jangan khawatir. Setiap kesalahan adalah pendapatan yang baik buat kalian. Saya memberitahu diri saya sendiri dan anak-anak muda.

Sebelum usia 20 tahun jadilah murid yang baik. Kalau mau berbisnis, pelajari pengalamannya.

Sebelum usia 30 tahun, ikutilah seseorang. Bekerjalah di perusahaan kecil. Umumnya di perusahaan besar, sangatlah baik belajar proses pengerjaan, karena kalian bagian dari mesin besar. Ketika kamu bekerja di perusahaan kecil, kalian belajar tentang semangat dan impian. Kalian belajar cara melakukan banyak hal sekaligus. Sebelum usia 30 tahun, bukan masalah di mana perusahaanmu tapi siapa bosmu. Ini sangat penting. Bos yang baik mengajarimu dengan baik.

Usia dari 30-40 tahun kamu sudah harus berpikir untuk bekerja untuk dirimu sendiri. Jika kamu benar-benar ingin menjadi pengusaha.

Jika usiamu 40-50 tahun, kalian harus melakukan sesuatu sesuai kemampuan kalian. Jangan melompat ke bidang lain, sudah terlambat. Kalian mungkin berhasil tapi tingkat kegagalan terlalu besar. Jadi usia 40-50 tahun pikirkan tentang bagaimana kamu fokus pada sesuatu sesuai kemampuanmu.

Tapi ketika usiamu 50-60 tahun, bekerjalah untuk anak muda. Karena anak muda bisa melakukan lebih baik darimu. Jadi andalkan mereka, investasikan untuk mereka, pastikan mereka handal.
Jika usiamu di atas 60 tahun, gunakan waktumu untuk dirimu sendiri. Pergilah ke pantai untuk berjemur, sudah terlambat untuk berubah.

Ini nasihat saya untuk anak muda.

Saat kalian berumur 25 tahun, kalian jatuh lalu bangkit lagi. Nikmati saja. Kalian baru berusia 25 tahun. Jangan khawatir.

Baca juga : Kelas Bisnis Kumpul Bakul Tegal : Mengenal Perbedaan Cashflow dan Omset


Kantor Pusat AliBaba Group (doc : Tirto.id)


***

Ketika kamu tidak memiliki uang, ingatlah 5 kalimat ini, setelah membaca dijamin pikiranmu akan terbuka.

  1. Sepuluh tahun yang lalu orang-orang memperlakukanmu berdasarkan penghasilan yang bisa dihasilkan oleh orang tuamu.
  2. Sepuluh tahun ke depan, orang-orang akan memperlakukan orang tua dan anakmu berdasarkan penghasilan yang bisa kamu hasilkan.
  3. Mungkin banyak orang yang memiliki pengalaman seperti ini : ketika masih kecil, kondisi keluarga tidak bagus, sehingga banyak teman dan kerabat dekat tidak mau menghubungi. Bahkan, ketika secara tidak sengaja bertemu pun mereka bisa-bisa melarikan diri dan tidak mau bertemu. Kenapa bisa begitu?
  4. Mereka takut kamu akan meminjam uang ataupun alasan-alasan lainnya. tetapi ketika kamu sedang banyak uang, akan banyak orang yang bahkan sebenarnya tidak kamu kenal sekalipun, akan menyapamu dan mengajak ngobrol. Seakan-akan di tengah gunung pun kamu memiliki saudara.
  5. Ketika kamu tidak memiliki apa-apa, yang kamu butuhkan bukanlah berpikir, tetapi semangat hidup. Karena jika kamu berpikir dan pikiranmu negatif, maka langkahmu akan terhenti di situ. Sesungguhnya, lebih baik 90% kesulitan hidup hanyalah ada di dalam imajinasimu saja. Keluarlah dari sana dan kamu akan melihat pelangi.
Nah, semoga nasihat Jack Ma bermanfaat untukmu ya. ;)





5 comments:

  1. Nasehat yang sangat membangun semangat saya nih. Terimakasih sudah share yaa.

    ReplyDelete
  2. Inspirasi sekali ini, benar-benar patit diconth usaha kerasnya Jack Ma.

    ReplyDelete
  3. Orang sukses itu seringnya dulunya tersingkir ya Mbk..sekarang,jangan tanya...mereka luar biasa

    ReplyDelete
  4. Tulisan inspiratif. Pendapat Jack Ma tentang pendidikan untuk mengantisipasi masa depan ketika robot-robot menggantikan pekerjaan manusia (di Alibaba, robot-robot itu telah bekerja dewasa ini), patut diwartakan kepada generasi muda kita masa kini pula.

    ReplyDelete
  5. Artikel yang bagus. Cocok bagi anak muda yang ingin memiliki bisnis

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)