Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Thursday, 15 February 2018

4 Waktu Minum Kopi Luwak Terbaik dan Kesan yang Ditimbulkannya



Jika kamu seorang pecinta kopi, terlebih kopi luwak. Sebetulnya, semua waktu dalam hari-hari biasa tidak masalah kalau dipakai untuk minum kopi luwak. Hanya saja, tetap ada waktu-waktu terbaik agar efek yang ditimbulkan bisa optimal.


Terutama kalau agenda minum kopi ditujukan untuk menjaga gairah hidup sehari-hari. Nah, bagi Kamu yang ingin mengetahui kapan waktu terbaik untuk minum kopi luwak dan bagaimana kesannya? Berikut sedikit ulasannya.

1. Minum Kopi pada Pukul antara 09.30-11.30


Tidak sedikit yang masih percaya, bahwa minum kopi di pagi hari itu bagus. Namun pertanyaannya, pagi kapan? Untuk menjawab pertanyaan itu, tentu kamu harus telisik lebih dulu kebutuhan tubuh terhadap kafein. Meskipun kopi luwak itu terkenal dengan kafein yang rendah dan bukannya tanpa kafein.

Apabila kafein dikonsumsi di waktu yang tepat, efeknya sangat bagus. Gairah hidup seseorang amat dipengaruhi oleh peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Tanpa hormon ini, tubuh akan kehilangan semangat. Sejauh ini, hormon kortisol punya jam-jam tertentu saat meningkat dan menurun. Nah, ketika turun, barulah kamu konsumsi kopi luwak.

Pada pukul antara 09.30-11.30 merupakan masa-masa ketika produksi hormon kortisolnya menurun. Sementara dengan adanya kafein, maka bisa menjadi pengganti fungsi hormon tersebut. Dengan rutin mengonsumsi kopi luwak di jam-jam seperti ini tentu akan membuat semangatmu tetap terjaga di pagi hari.


coffee in the morning? (doc : pribadi)


2. Konsumsi Kopi Luwak pada Pukul 13.30


Untuk menjaga semangat di siang hari, maka konsumsi kopi luwak yang tepat itu pada kisaran 13.30. Soalnya pada pukul 12.00-13.00 itu hormon kortisol dalam tubuhmu meningkat cukup tajam. Kalau dikonsumsi berlebihan pada jam itu, tentu efek kopi luwak sebagai sumber energi kurang begitu terasa.

Dengan konsumsi kopi luwak pada sekitar pukul 13.30, perut akan terasa nyaman sepanjang siang hari. Nikmatnya aroma dan rasa kopi luwak akan bertahan dari mulut hingga ke perut. Saat kamu masih memiliki pekerjaan yang bertumpuk pun jadi tidak masalah lagi. Semuanya bisa dikerjakan dengan penuh semangat.

3. Konsumsi Kopi Luwak pada Jam 5 Sore


Efek yang ditimbulkan akibat ngopi luwak pada jam 5 sore akan bertahan hingga waktu tidur tiba. Mengapa tidak konsumsi kopi pada jam-jam malam? Soalnya bisa mengakibatkan insomnia. Berbeda ketika minum kopi di jam 5 sore. Badan terhindar dari maag dan semangat hidup akan terus terjaga.

Biasanya, agenda minum kopi luwak di sore hari ini akan menggantikan energi di malam harinya. Tanpa efek samping tentunya. Pikiran selalu terbuka dengan ide-ide kreatif. Terutama ketika malam tiba. Hanya saja, untuk konsumsi kopi luwak di sore hari ini tidak perlu ditambah dengan gula. Cukup dengan kopi luwak saja, efeknya sudah terasa.


Baca juga : Eksplorasi Pasar Kopi Internasional bagi Indonesia


4. Minum Kopi Pagi-Pagi Sekali


Minum kopi di pagi-pagi sekali juga memiliki efek yang bagus untuk membuat badan terus semangat. Tapi tentu saja ada sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi. Salah satunya harus bangun lebih awal dari yang lainnya. Minimal harus bangun tidur pada pukul 3 di pagi hari.

Tujuannya, agar produksi hormon kortisol menurun lebih dulu. Itulah kenapa menurunnya hormon kortisol di pagi hari hanya terjadi pada orang yang bangun lebih awal dari yang lain. Khusus untuk kamu yang bangun di jam 3-4 pagi, waktu terbaik minum kopi luwak pada kisaran pukul 5-6 pagi. Kemudian disambung pukul 09.30-11.30, kalau mau.

Waktu minum terbaik di atas juga sangat bagus diterapkan untuk pecinta kopi hitam. Pasalnya, jika harus selalu kopi luwak. Harga per kilogramnya sangat mahal loh, ratusan hingga jutaan rupiah untuk secangkir kopi. Tentu dari segi rasa dan manfaat jauh berbeda dengan kopi luwak palsu.

Nah, sudahkah kamu minum kopi hari ini? ;)

17 comments:

  1. lebih nyaman pagi-pagi sekali. apalagi cuaca dingin :D

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata jam minum kopi biar efeknya terasa itu 13.30 yaa, aku malah jam 11 gitu udah minum kopi sih XD Pantes tetap aja ngantuk, huhu.

    ReplyDelete
  3. Wah baru tahu nih kalau ada waktu-waktu tertentu untuk minum kopi.

    ReplyDelete
  4. Mbaa, aku belum sreg nih minum kopi luwak. Masih suka kopi biasa sih. apa karena belum nemu kopi luwak yang oke ya? MMh aku ya suka minum kopi pagi2 aja mba biar makin semangat

    ReplyDelete
  5. Yah yah yaaah, aku salah ternyata selama ini. Ngopi selalu pagi-pagi, jam 7an gitu deh. Padahal bangunnya ya nggak pagi-pagi amat -____-
    Aku minumnya kopi hitam Toraja, La. Belinya masih biji gitu, terus nanti digiling dan dibungkus. Sedap! :)

    ReplyDelete
  6. Hm, baru tau ada waktu2 khusus untuk mengoptimalkan manfaat kopi luwak ya? Sayangnya kopi luwak asli tuh mahal banget, ya, Ila? 😊

    ReplyDelete
  7. Saya suka ngopi, tapi kopi arabika biasa, bukan kopi luwak. Ga mampu saya beli kopi luwak, hehehe.

    ReplyDelete
  8. wah ada waktunya ya, krn aku sih gak pernah minum kopi

    ReplyDelete
  9. Wooow..ternyata ada waktu2nya itu lebih baik yaa..
    Hahhaaa, aku sekarang kalo butuh aja, cukup sehari segelas itu pesen dokter xixxiix

    ReplyDelete
  10. Wah kyknya mesti saya terapin tu ngopi di saat siang, soalnya waktu konsen terbaik saya pagi. Kyknya kopi bisa membantu memperpanjangnya hehe TFS

    ReplyDelete
  11. Wah, mantapi bisa mencicipi kopi luwak, harga itu gak nahan heheh

    ReplyDelete
  12. pengen suatu hari minum.kopi luwak, pernah yang instan doang hahah

    ReplyDelete
  13. Kalau merk yg ada di iklan. Asli hak kopinya. Mpo tanya loh

    ReplyDelete
  14. Aku ga bisa minum kopi, malah jadi keliyengan. Eh tapi kopi luwak mihil bingits, mau icip dikit aja deh

    ReplyDelete
  15. aduh mbak aku sih penggemar kopi banget tiap pengen aku minum aja dah gak peduli waktu
    sampek gk ngaruh jd penahan ngantuk krn tetep aja ngantuk akutu :'(

    ReplyDelete
  16. Ternyata ada waktu-waktu tertentu buat minum kopi ya. Lha aku kadang minum sekitar jam 6 pagi, kadang sore atau malah malam hari. Kadang habis minum kopi, setengah jam kemudian malah ngantuk. Hehe

    ReplyDelete
  17. Kalau saya minum kopi kalau sudah sekitaran jam 2 atau jam 3. Jam jamnya ngantuk di kantor haha.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)