Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Sunday, 25 February 2018

Kenali Cara Merawat Genset Yang Baik


Kenali Cara Merawat Genset Yang Baik

Pernah nggak sih kepikiran buat pakai genset sebagai pengganti listrik di rumahmu?Apalagi pas mati listrik terus menerus dalam sebulan belakangan ini. Saya pernah kepikiran nyaman banget pakai genset dalam kondisi tertentu, misalnya pas hajatan, eh mati listrik mendadak kan nggak enak banget ya. Selain nggak nyaman buat tamunya, juga penyelenggara hajatan bisa malu karena sound suara yang biasanya menemani sepanjang acara harus terpaksa dimatikan.  Belum lagi jika kipas atau AC juga ikut mati karena listrik tidak tersambung. Di saat itulah genset dibutuhkan karena bisa membantu kita mendapatkan energi pengganti listrik. 


Saat ini kebutuhan genset sebagai tenaga pengganti listrik sangat dibutuhkan di beberapa sektor. Seperti di minimarket, mall, maupun kantor. Hal ini dikarenakan genset membantu kita mendapatkan energi pengganti listrik, sehingga saat listrik mati karena perbaikan atau mati mendadak, peralatan elektronik masih dapat digunakan.

Seperti saat saya datang ke bank, lalu ternyata listriknya mengalami pemadaman bergilir. Jika di rumah, genset tidak terlalu banyak dibutuhkan, namun di tempat seperti bank, hal ini sangat diperlukan karena akan mempengaruhi sistem dan kinerja bank tersebut selama listrik mati sementara. Terutama jika sistem bank tersebut sudah online. Harus terus menerus menggunakan energi listrik agar server tidak down. Namun, kini bisa tetap memakai genset jika bank tersebut membutuhkan power yang penuh untuk menunjang kinerja pekerjaan.

Cara kerja genset menggunakan lilitan kawat dan kumparan magnet. Selain itu, genset tetap membutuhkan bahan bakar untuk mengoperasikannya. Apa bahan bakarnya? Yang saat ini digunakan sebagai bahan bakar genset adalah bensin (solar), namun bisa juga menggunakan bahan lainnya yaitu tenaga terbarukan atau sinar matahari. Jika menggunakan sinar matahari, genset dapat dipakai dengan lebih ekonomis karena tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk menghasilkan energi pengganti listrik. Namun, saat ini genset yang menggunakan energi matahari masih sangat jarang, selain karena membutuhkan teknologi yang terbaik, juga mesin yang sesuai.

Salah satu genset yang banyak diminati pembeli saat ini adalah ABC power genset yang memberikan harga yang terjangkau dan kualitas produk yang baik. ABC Genset Power memiliki komponen kualitas yang sudah teruji secara klinis. Sehingga bisa digunakan secara maksimal dan tahan lama.


Sekarang kalau ditanya, nyari genset yang bagus di mana? Kamu bisa lho nyari di ABC Power Genset. Ada beragam pilihan varian genset terlengkap untuk berbagai merek mesin genset yag bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Apa saja? Ada beragam merk Genset antara lain : merk Perkins, Cummins, Yanmar, Foton, Lovol, Doosan, Mitsubishi dan Primero. Kamu bisa mulai mencari atau mensurvei harga di pasar dengan membandingkannya di web ABC Power Genset. Kamu akan mendapat harga termurah untuk kapasitas genset 5-2250 kVA.

ABC Power Perkins juga memiliki beragam kapasitas mulai dari: 9 Kva, 13 Kva, 20 kva, 30 Kva, 45 Kva, 60 Kva, 80 Kva, 100 Kva, 135 Kva, 150 Kva, 200 Kva, 250 Kva, 300 Kva, 350 Kva, 400 Kva, 500 kva, 600 Kva, dan 650 Kva. Nah, tinggal disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mengecek ketersediaan dan daftar harga genset di website ABC  Power Genset.

Nah,  apa saja yang diperlukan untuk tetap bisa merawat genset agar awet?
  1. Letakkan genset pada tempat yang kering sehingga tidak terkena air.
  2. Bersihkan radiator genset secara teratur
  3. Ganti spare part yang aus secara berkala
  4. Memastikan sirkulasi udara tetap baik sehingga mesin tidak gampang panas
  5. Baca terlebih dahulu buku panduan sebelum menggunakan. Agar genset tetap awet karena penggunaan yang sewajarnya sesuai petunjuk penggunaan.
  6. Rutin memeriksa bahan bakar sehingga tidak sampai kekeringan
  7. Cek oli secara berkala setiap 6 bulan sekali. Sehingga perawatan ini dapat membantu mesin tetap terawat dan awet saat digunakan.
  8. Nyalakan mesin genset meskipun tidak digunakan. Tujuannya agar mesin sering dipanaskan. Jadi saat dibutuhkan mesin bisa bekerja secara maksimal.
Nah, kamu sudah tahu cara merawat  genset kan? Pastikan genset digunakan dengan baik ya!


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)