Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Kamis, 01 Desember 2022

Tips Menjaga Diri Tetap Aman Saat Terjadi Gempa

Tips Menjaga Diri Tetap Aman Saat Terjadi Gempa


Jika terjadi gempa bumi, selalu bersiaplah. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menjaga diri kamu tetap aman saat terjadi gempa.


Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak gempa cianjur



Cara Bertahan dari Gempa Bumi


Di Indonesia, kita belum familiar dengan bukaan pintu ke arah luar. Baik untuk ruang depan atau kamar. Karena kesannya menyulitkan tamu yang datang. 


Pelajaran dasar ergonomi dan sirkulasi interior dasar, pintu depan rumah memang diwajibkan mengarah keluar, untuk mempermudah mitigasi ketika ada bencana (kebakaran, gempa, perampokan)


Kalau bangunan umum memang cenderung perlu, untuk memudahkan orang dengan jumlah banyak keluar serentak dari dalam, seperti ketika gempa bumi atau hal darurat lainnya. Karena hitungan detik saat evakuasi bisa berarti 1 nyawa. Apalagi saat ada dorongan panik dari orang-orang di belakang. Beda dengan rumah tinggal yang isi orangnya tidak terlalu banyak.


Desain pintu bukaan keluar memudahkan evakuasi saat terjadi bencana

Standard pintur kantor malah harusnya bisa tarik dan dorong. Saat gempa atau kebakaran, orang bisa lari numpuk ke arah pintu, ribet jika pintu hanya bisa ditarik ke dalam. Bisa-bisa orang stuck di pintu karena saat mau narik pintu malah terdorong orang dari belakang.


Rumah zaman dulu model jogloan desain pintunya juga pakai bukaan keluar. Detail kecil tentang desain pintu bukaan keluar ini sering menjadi penyelamat saat gempa. Pada bangunan baru di negara maju, ini sudah menjadi standard. Kok bisa?


Jauhkan furniture dar dekat pintu

Setelah gempa, dinding bangunan sering retak dan miring, sehingga pintu sering terjepit dan harus didobrak. Supaya mudah didobrak dari dalam, ya bukaan pintu harus dibuat keluar. Tanpa perlu bantuan orang dari luar. Banyak lagi juga detail perabot untuk keamanan gempa.


Hindari menaruh lemari/kulkas di samping lorong/pintu menuju luar. Bagi kita yang sehat, mungkin ini tidak masalah. Tapi bagi mereka yang lansia/sakit/berkebutuhan khusus, lemari yang roboh sangat menyulitkan mereka untuk lari ke luar.


Supaya perabot tidak berjatuhan, bisa dengan memaku/menggantung perabot ke dinding, dan mengunci pintu lemari. Sekali lagi, detail-detail ini bisa sangat membantu mereka yang lansia/sakit untuk segera keluar rumah saat gempa. 


Checklist benda yang harus dijauhi saat terjadi bencana alam seperti gempa


Penting untuk menyadari lingkungan kamu selama gempa bumi. Jika kamu berada di luar ruangan, waspadai lingkungan kamu dan pindahlah ke lokasi yang aman jika perlu. 


Jika kamu berada di dalam ruangan, tetaplah di bawah dan berlindung. Simpan barang-barang kamu dekat dengan kamu dan jauh dari jendela. 


Jika kamu berada di dalam gedung saat terjadi gempa, waspadai situasinya dan keluarlah sesegera mungkin.


Tips Menjaga Barang kamu Tetap Aman Saat Terjadi Gempa


Jika kamu berada di dalam ruangan selama gempa bumi, tetaplah di bawah dan berlindung. 


Jika kamu berada di luar ruangan, waspadai lingkungan sekitar kamu dan pindahlah ke lokasi yang aman jika perlu.


Jika kamu memiliki barang berharga yang ingin kamu simpan di dekatmu, simpanlah di tempat yang aman. 


Simpan dokumen dan gambar penting di luar lokasi di lokasi yang aman. 


Tempatkan barang-barang penting di dekat pintu masuk ruangan atau lorong agar kamu bisa segera keluar jika perlu. 


Jika kamu tidak dapat meninggalkan gedung, cobalah untuk tetap serendah mungkin ke tanah. 


Pertimbangkan untuk berlindung di bawah furnitur yang kokoh atau di balik pintu yang tertutup. 


Jika gempa sangat kuat, mungkin paling aman untuk tetap berada di dalam struktur yang kokoh seperti ruang bawah tanah atau lemari. Ingat: jika gempa bumi parah, ikuti instruksi dari petugas tanggap darurat.


Dampak gempa bumi Cianjur

Sebelum Gempa: Persiapan Bencana


Saat bersiap menghadapi gempa bumi, waspadai lingkungan sekitar kamu dan ketahuilah apa yang harus dilakukan jika terjadi tsunami.


Jika kamu di rumah, kumpulkan semua dokumen dan gambar penting dan letakkan di tempat yang dapat kamu ambil dengan cepat. Jika ada gempa bumi, menjauhlah dari jendela. Jika kamu berada di luar, segera pindah ke tempat yang aman.


Ingatlah untuk memiliki perlengkapan bencana dengan cukup makanan, air, obat-obatan, dan radio yang dioperasikan dengan baterai. Pastikan untuk membuat rencana evakuasi dengan orang-orang tersayang jika perlu. Peringatan gempa akan dikeluarkan sebelum gempa yang sebenarnya, jadi ikuti petunjuknya dengan hati-hati.


Dampak gempa bumi Cianjur


Setelah Gempa: Bertahan dari Kerusakan


Jika kamu berada di dalam gedung saat terjadi gempa bumi, usahakan untuk tetap berada di bawah selama mungkin. Jika kamu berada di luar ruangan selama gempa bumi, waspadai lingkungan sekitar kamu dan pindahlah ke lokasi yang aman jika perlu. 


Jika kamu terluka saat gempa bumi, cari bantuan medis secepat mungkin. Jika kamu tidak dapat mengungsi, lindungi diri kamu dengan berbaring di tanah dan tutupi kepalamu dengan tangan. 


Jika bangunan tidak aman setelah gempa berhenti, cobalah mencari bukaan yang mengarah ke luar dan menjauhlah dari bangunan secepat mungkin.


Sebelum gempa bumi, waspadai lingkungan kamu dan bersiaplah untuk mengungsi jika perlu. Tetap di bawah dan berlindung selama gempa bumi dan jangan membuka jendela. 


Jika kamu berada di luar ruangan, pindahlah ke lokasi yang aman jika memungkinkan. Jika kamu berada di dalam ruangan, tetaplah dengan barang-barangmu di dekatmu dan menjauhlah dari jendela. 


Keluarlah dari gedung sesegera mungkin jika tidak aman.


Tips aman setelah terjadi gempa bumi

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Terjadi Gempa?


  1. Jauhi bangunan yang retak dan tidak aman (kemungkinan akan runtuh)
  2. Tetap di lokasi aman, seperti pengungsian atau rumah keluarga/ kerabat yang tidak terdampak gempa
  3. Tetap siaga dan hati-hati saat kembali ke rumah (yang aman atau tidak ada keretakan)
  4. Ikuti petunjuk dan informasi dari pihak berwenang seperti, PMI, BPBD, BMKG, lainnya
  5. Cek informasi terbaru melalui radio atau saluran komunikasi lainnya (cek dari sumber informasi terpercaya: PMI, BPBD, BNPB, BMKG). HOTLINE: 0858 2787 1110


Nah, semoga artikel ini bermanfaat ya!


Sumber : 


https://twitter.com/basshofi_habib/status/1487661807305392128?t=RChe0eIqHy09ht_TzOrngA&s=19

https://twitter.com/palangmerah/status/1595646970986921984?t=aodrPTxPWRJ-CrbZAKV4rg&s=19


1 komentar:

  1. Berita gempa beberapa kali datang di twitter resmi BMKG, sehari bisa beberapakali dan itu dari Cianjur, ikut berduka atas musibahnya. Kita juga perlu belajar cara tetap aman saat ada gempa bumi apalagi kalau masih berpotensi ada susulan. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas