Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Kamis, 15 Desember 2022

Geliat Kampung Berseri Astra (KBA) Keputih Surabaya : Kampung Dekat TPA Kumuh, Kini Lebih Berdaya

Geliat Kampung Berseri Astra (KBA) Keputih Surabaya : Kampung Dekat TPA Kumuh, Kini Lebih Berdaya


Pernahkah kamu melihat bekas TPA yang berubah menjadi pemukiman penduduk? Di Surabaya, ada sebuah kampung bernama kampung Keputih Sukolilo yang kini sudah berubah wajah menjadi Kampung Berseri Astra (KBA). 


Lokasi kampung KBA Keputih berada di Kampung Keputih Tegal Timur Baru, Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Provinsi Jawa Timur. 


Rumah pintar Astra di Kampung Keputih, Surabaya (doc : twitter Astra @SATU_Indonesia)

Kampung Keputih ini dulunya dekat TPA dan ditinggali pendatang dari kalangan prasejahtera. Tempatnya ada di belakang TPA kedua terbesar di Surabaya, hingga menimbulkan aroma yang menyengat. 


Dulu, kampung kumuh ini juga mengalami sengketa tanah yang terjadi karena kampung dibangun di atas tanah milik pemerintah kota. Tanah kampung itu pun diklaim oleh pemkot karena tanah itu memang milik mereka. Jadi warga tidak bisa tinggal disana selamanya. Namun, sampai kini, kampung ini masih ditinggali. Dan wajah baru kampung ini pun menjadi lebih sejuk dan berdaya. 


Astra mengubah wajah kampung ini menjadi lebih baik. Bahkan Astra memberikan banyak pelatihan agar warga kampung bisa lebih sejahtera dan pintar. 


Jika kelak ada perpindahan lokasi kampung karena penggusuran pun, Astra akan bantu dan support para warganya. 


Yaa, ibarat sekolah, ilmu yang didapat bisa tetap digunakan di mana pun. Jadi, jika pendduk pindah ke lokasi lain, Astra akan tetap bantu untuk lebih berdaya dan cerdas mengelola lingkungan tempat tinggal mereka melalui berbagai program yang dikeluarkan. 


Peresmian Kampung Berseri Astra (doc : twitter Astra @SATU_Indonesia)


Perubahan KBA Kampung Keputih yang Didukung oleh Astra :


Sejak Astra masuk, kampung ini sudah mengalami banyak perubahan, antara lain : 


1. Menanam bibit tanaman hias 


Tanaman hias ini digunakan untuk menghijaukan kampung yang sangat gersang. Ada sekitar 6000 an bibit tanaman toga yang dikirim, namun 2000an bibit gagal ditanam hingga akhirnya diganti tanaman hias. 


2. Membangun Water Treatment Plant (WTP) 


WTP mirip PDAM kecil yang mengalirkan air dari sungai hingga bisa digunakan warga. Aliran air sungai disaring, lalu dialirkan ke wadah penampungan sementara. Lalu dipompa ke filtrasi air hingga bisa masuk ke tandon air bersih. Dengan penyaringan ini, maka air yang kotor bisa bersih kembali. 


Air di tandon air bersih bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan digunakan sehari-hari oleh warga.


3. Membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)


IPAL digunakan dengan cara mengalirkan air bekas wudhu ke dalam bak penampungan di dalam tanah, lalu dipompa ke penyaringan air bersih kemudian dialirkan ke jaringan kaporit untuk difiltrasi. 


Setelahnya, air bisa digunakan untuk menyiram tanaman bibit yang diberikan oleh Astra. Sehingga kampung menjadi lebih hijau karena banyak tanaman yang tumbuh di sana. 


4. Membangun Rumah Jamur


Jamur tiram merupakan salah satu jamur yang sangat populer dan banyak dicari orang. Selain karena rasanya yang lezat, jamur tiram juga bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan bagi para petani. Namun, untuk memanen jamur tiram dengan hasil yang maksimal, seorang petani harus benar-benar tahu cara menanam jamur tiram dengan benar.


Kondisi Kampung Keputih Surabaya yang cuacanya cenderung panas sepanjang tahun membuat rumah jamur ini hanya menghasilkan tanaman jamur tiram yang sedikit. Namun, 1000 baglog jamur ini sudah dikelola dengan baik hingga bisa dipanen. 


Rumah jamur di KBA Keputih (doc : twitter Astra @SATU_Indonesia)

Jamur tiram yang dihasilkan pun diolah menjadi aneka makanan seperti jamur krispi, pentol jamur, sempol jamur, pepes jamur, dll. Hingga bisa dijual dan menghasilkan 2 juta rupiah. 


Sayangnya, untuk saat ini mereka hanya menjualnya untuk warga sendiri, belum bisa dijual keluar karena masih butuh pengembangan rumah jamur agar lebih banyak hasil panen yang didapat. 


5. Membangun MCK Komunal


Kampung Keputih Tegal Timur Baru, Surabaya kini sudah masuk dalam kategori Kampung Berseri Astra.


Kampung Keputih ini kini menjadi role model baru bagi kampung lainnya dalam hal lingkungan karena Astra memberikan berbagai bantuan untuk proses perubahan kampung menjadi lebih berdaya. 


Selain 4 hal tadi, ada hal lain yang diwujudkan Astra yaitu MCK Komunal. 


Selain itu, ada fasilitas lain juga yaitu : Gerbang KBA, bank sampah, pendidikan anak soleh, Taman Kanak-kanak, Taman Pintar, Rumah Toga, UKM Krupuk, UKM Laundry, UKM Sari Kedelai, UKM Tempe, sarana olahraga, Rumah Hijau, mushola, IPAL, water tank dan MCK Komunal. 


Wah, banyak juga ya!


Geliat Kampung Berseri Astra (KBA) Keputih Surabaya


Kampung Berseri Astra merupakan program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan inisiatif 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan, dalam satu komunitas kampung.


Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.


Kampung Keputih di Surabaya ini sudah mendapat banyak penghargaan dari walikota bahkan tingkat nasional juga, salah satunya di tahun 2014 dan 2018.


Selain itu rumah jamur di KBA Keputih ini juga dibantu teknologi yang diajarkan oleh mahasiswa asal Korea Selatan yaitu dengan menggunakan teknik penguapan untuk menanam jamur tiram. 


Jamur tiram seharusnya ditanam di tempat yang lembab, namun kondisi cuaca yang panas membuat warga pun melakukan penyesuaian.


"Kami dibantu alat penguapan suhu ruangan yang ramah lingkungan, terutama kalau cuaca panas. Kalau pas musim hujan alat penguapan itu tak banyak berfungsi. Kami cukup memanfaatkan suhu saat musim hujan.", ucap Tri, wakil ketua RT 2 RW 8 Kampung Keputih Sukolilo, Surabaya.


Nah, kalau kamu gimana? Tertarik untuk datang dan berkunjung melihat sendiri Kampung Keputih yang telah lama menjadi KBA yang disupport oleh Astra? 


Yuk datang ke KBA Kampung Keputih Surabaya yaa!  


Sumber gambar : 

https://twitter.com/SATU_Indonesia/status/964706052678668289?t=HETMgm9viHR6F-0l4u-WjQ&s=19

Sumber artikel : buku Inspirasi dari Kampung Berseri Astra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas