Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Selasa, 27 Desember 2022

Tips Managemen : Cara Menulis Life Goals

Tips Managemen : Cara Menulis Life Goals


Menulis goals hidup dapat membantumu mencapai tujuan yang kamu inginkan. Goals hidup dapat membantumu menjadi lebih fokus dan termotivasi untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. 


Alasan Orang Perlu Menulis Life Goals di Diary


Ketika seseorang menulis life goals (tujuan hidup) di diary, ia memiliki kesempatan untuk menyusun pemikiran tentang tujuan dan harapan. Ini bisa membantu kita untuk mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan dan menghubungkan hal-hal yang mungkin tampaknya tidak terkait. 


Dengan menulis life goals (tujuan hidup) di diary, kita juga dapat mengevaluasi progres dan memperbarui tujuan hidup jika diperlukan.


Sebagai manusia, orang cenderung takut akan kegagalan. Oleh karena itu, menulis goals hidupmu di diary membantu kamu untuk mengatasi rasa takut ini. Ketika kamu menulis tujuan dan harapanmu, kamu memiliki kontrol atas apa yang kamu coba lakukan. 



Life goals map (doc : pinterest)


Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk menulis goals hidupmu sendiri.


Tips Cara Membuat Goals Hidup :



1. Pertimbangkan apa yang kamu inginkan. 


Sebelum kamu mulai menulis goals hidup, kamu harus meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang kamu inginkan dalam hidupmu. Pertimbangkan tentang apa yang kamu inginkan untuk dicapai dengan jelas, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan tujuan jangka panjang dan jangka pendekmu.



2. Identifikasi tujuan dan impianmu. 


Buat daftar tujuan dan impian yang kamu miliki, dan pastikan bahwa hal itu adalah tujuan yang realistis dan dapat dicapai. Mulailah dengan menentukan tujuan jangka panjangmu. Berpikir tentang masa depan kamu dan apa yang ingin kamu capai.



Contoh life goals (doc : Shopee)


3. Pilih satu atau dua tujuan utama. 


Identifikasi tujuan jangka pendek yang dapat kamu lakukan untuk mendukung tujuan jangka panjangmu. Ini dapat berupa bagian-bagian kecil yang membantumu menuju tujuan yang lebih besar.


Ini harus tujuan yang benar-benar kamu inginkan dan yang kamu pikir akan membantumu mencapai impian jangka panjangmu.


4. Buat rencana aksi. 


Buat daftar tujuan yang ingin kamu capai. Tuliskan tujuan-tujuan kamu secara spesifik dan berikan tanggal deadline untuk setiap tujuan. Tentukan jenis tindakan yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan-tujuanmu.


Buat daftar tujuan hidup memudahkanmu mencapainya (doc : pinterest)



Tuliskan langkah-langkah yang kamu perlu lakukan untuk mencapai tujuanmu. Buat catatan tentang bagaimana kamu akan mencapai tujuan hidupmu dalam jangka waktu yang ditentukan.


5. Tentukan motivasimu. 


Tuliskan alasan mengapa kamu ingin mencapai tujuan hidupmu. Ini akan membantu kamu tetap berada di jalur yang tepat. 



Nah, selamat mencoba! Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas