Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Selasa, 27 Desember 2022

5 Alasan Orang Perlu Menulis Habit Tracking

Apa itu Habit Tracking?


Habit tracking adalah alat yang berguna untuk membantu seseorang mengubah perilakunya dan membangun kebiasaan baru. Ini dapat membantu seseorang dengan menyimpan informasi tentang perilaku dan memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi dan mengukur kesuksesan dalam tindakan yang diambil. 


Habit tracker for reading books (doc : pinterest)

Mengatur dan mengikuti pola pikir yang positif merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali kita tidak menyadari bahwa mengikuti pola pikir ini merupakan proses yang berkelanjutan. Kebiasaan adalah bagian yang sangat penting dalam proses ini. 


Membuat kebiasaan baru tidak mudah, tetapi melacak kebiasaan dapat membantu seseorang mencapai tujuannya. 


Menulis habit tracking adalah salah satu cara terbaik untuk membantu mendorong pola pikir yang positif dan menjaga komitmen kamu terhadap tujuan dan nilai-nilai kamu.


Mood tracker (doc : pinterest)

5 Alasan Mengapa Orang Perlu Menulis Habit Tracking di Daily Journal /Diary :


Kebiasaan adalah cara kita melakukan sesuatu secara teratur, dan merupakan cara yang efektif untuk mencapai tujuan dan nilai-nilai dalam kehidupan kita. Kebiasaan yang baik dapat membantu kita mencapai tujuan-tujuan hidup kita. 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa orang harus menulis kebiasaan mereka:


1. Membantu mencapai tujuan

Melacak kebiasaan dapat membantu seseorang terfokus pada tujuan mereka. Dengan mencatat setiap tindakan yang diambil dan melihat kemajuan, seseorang dapat dengan mudah mengecek progress. 


2. Membangun rutinitas yang teratur

Menulis kebiasaan yang dilacak dapat membantumu membangun rutinitas yang teratur. Dengan memonitoring rutinitasmu, kamu dapat mengetahui bagaimana rutinitasmu berubah dari waktu ke waktu. 


Habits journal (doc : pinterest)



3. Memudahkan untuk mengukur kemajuan dalam mencapai tujuan

Dengan mencatat kebiasaan setiap hari, kamu dapat memonitor kemajuanmu secara jelas dan memiliki pedoman untuk bergerak maju.


4. Meningkatkan tingkat disiplin

Mencatat kebiasaan setiap hari dapat membantumu meningkatkan disiplin dalam mencapai tujuanmu. Ini akan membantu kamu tetap fokus dan membangun kebiasaan yang baik.


5. Memberimu rasa kontrol

Dengan mencatat kebiasaan setiap hari, kamu dapat merasa lebih terkontrol dalam mencapai tujuanmu. Ini akan membantu kamu merasa bahwa kamu dapat mengendalikan hidupmu.


Nah, semoga artikel ini bermanfaat ya!  ❤️


1 komentar:

  1. Kadang mengevaluasi diri sendiri dengan membuat jurnal tentang kebiasaan juga diperlukan, jadi mengingatkan kalau terlalu malas dan banyak kerjaan yang belum selesai. Apalagi kebiasaan nunda yang sering terjadi, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas