Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Kamis, 10 November 2022

Review Film India Mimi (2021) : Perjuangan Ibu Pengganti Mempertahankan Anaknya

Poster film Mimi Netflix
Film India Mimi tayang di Netflix

Pemeran film Mimi : Kriti Sanon, Pankaj Tripathi, Sai Tamhankar

Tahun Rilis Film Mimi : 2021

Durasi film : 2 jam 12 menit

Genre film : Family, Drama

Sutradara : Laxman Utekar

Produksi : Maddock Films, Jio Studios

Nonton film Mimi di aplikasi Netflix

Rating film : 9/10 🌟


❤️❤️❤️


Film Mimi diadaptasi dari film Mala Aai Vhhaychy! mengenai pasangan turis yang mencari ibu pengganti. Film Mala Aai Vhhaychy! Tayang pada tahun 2010.


Sinopsis Film India Mimi (2021) Tayang di Netflix


Suatu hari ada pasangan bule Amerika bernama Summer dan John yang ingin memiliki anak. Mereka berasal dari Amerika dan datang ke India. Summer sangat fasih berbahasa hindi sehingga bisa berkomunikasi dengan sopirnya yang asli India.


Mereka berusaha menjelajahi India untuk mencari ibu pengganti yang bersedia menerima benih dari pasangan suami istri tersebut. 


John dan Summer butuh ibu pengganti untuk mengandung anak mereka. Pasangan Amerika ini kebetulan sedang mengunjungi Rajasthan sambil mencari calon ibu pengganti yang cocok dengan kriteria mereka. 


Meskipun sempat putus asa, namun Bhanu si supir taksi menawarkan bantuan untuk mencari wanita yang cocok menjadi ibu pengganti


Bhanu membawa Summer dan John untuk bertemu dengan Mimi, seorang penari India yang tinggal di Rajasthan.  


Saat Summer dan John bertemu dengan Mimi, mereka langsung takjub dengan Mimi karena gadis itu pandai menari. Selain itu, Mimi terlihat sehat dan cocok untuk menjadi ibu pengganti. 


Mimi terlihat sangat sehat, tubuhnya semampai dan ia dapat menari dengan energik dan sangat baik. 


Melihat reaksi Summer dan John, Bhanu berusaha membujuk gadis itu agar Mimi mau menjadi ibu pengganti dengan bayaran 20 lakh rupee. 


Yaa... Sungguh harga yang fantastis untuk pekerjaan yang hanya menghabiskan waktu 9 bulan, kan? 


Apalagi Mimi sangat terobsesi menjadi artis papan atas. Ia butuh uang untuk ke ibukota India. Mimi pun mengiyakan tawaran Bhanu.


Awalnya, Bhanu mendekati Mimi dan Shama dengan menawari mereka tumpangan untuk pulang. Alih-alih pulang menggunakan becak, Mimi menerima tawaran Bhanu dengan senang hati.  Mimi senang karena ada yang mengapresiasi keindahan tariannya dan menjadi fansnya. 


Mimi memang sudah terkenal sebagai penari di daerah tempat tinggalnya tersebut. Bahkan, Mimi bercita-cita ingin pindah ke ibukota India agar bisa menjadi artis Bollywood.


Saat memutuskan untuk menerima tawaran John dan Summer, Mimi tidak berpikir jauh tentang risiko yang akan dihadapinya. Ia hanya mendapat informasi tentang betapa mudahnya pekerjaan itu. 


Bhanu menggambarkan pekerjaan sebagai ibu pengganti mirip dengan petani yang menyewakan lahannya. 


Benih dan pupuk dari John dan Summer, sedangkan lahan yang akan ditanami dari Mimi. Begitu panen selesai, hasil panen diserahkan pada penyewa lahan yaitu John dan Summer. 


Begitulah Bhanu menggambarkan bagaimana cara ibu pengganti menjadi wadah bagi benih yang akan menjadi calon anak kelak.


Semua terlihat normal dan lancar saat Mimi berpura-pura pergi ke luar kota untuk syuting film. Ia bilang syuting film memakan waktu yang sangat lama karena berada di sebuah kapal hingga butuh waktu berbulan-bulan. 


Kedua orang tuanya tidak tahu bahwa Mimi menerima pekerjaan ilegal dan sangat berisiko itu. Mimi menawari uang yang besar agar ibunya mau melepasnya ikut syuting. 


Bahkan, ayahnya juga diiming-imingi dengan pujian bahwa Mimi akan mengangkat harkat dan martabat seni tari yang diajarkan ayahnya sejak kecil. Sanggar tari mereka akan populer, dan Mimi akan jadi artis Bollywood ternama.


Sebenarnya, yang terjadi adalah... Mimi menginap di rumah Shama, sahabatnya. Ia berpura-pura menjadi seorang perempuan muslimah yang bercadar, dan Bhanu berpura-pura sebagai suaminya. 


Sedangkan Summer dan John akan pergi kembali ke Amerika untuk bekerja lagi. Jika Mimi sudah waktunya melahirkan, mereka akan datang lagi ke India dan membantu Mimi melahirkan bayinya di tempat dokter langganan.


Para pemain film Mimi dan sutradara


Tak disangka, hal buruk terjadi saat pengecekan kehamilan Mimi. Dokter bilang janin dalam kandungan Mimi berisiko mengalami down syndrome. Anak itu akan lahir cacat dan menjadi disabilitas. 


Mimi terkejut, tapi yang membuat lebih kaget adalah reaksi John dan Summer yang di luar dugaan. 


Summer menolak janin program hamil itu dilahirkan. Ia menyerahkan keputusan pada Mimi untuk menggugurkan kandungan. Ia tak bisa menerima bahwa janin yang akan dilahirkan ternyata mengalami risiko penyakit yang berbahaya. 


Summer sangat tertekan hingga ia segera memutuskan untuk pergi dari India. Ia segera pulang ke Amerika bersama suaminya. 


Yang tersisa hanyalah Mimi, Bhanu dan Shama yang tertegun karena kejadian ini mengguncang hidup mereka. 


Bagaimana bisa Summer dan John meninggalkan ibu pengganti begitu saja, dan menolak anak itu untuk dilahirkan? 


Ya... Walau bagaimana pun, anak itu berhak dilahirkan, meskipun berisiko cacat seumur hidup. 


Mimi sampai shock dan tidak tahu harus berbuat apa. Ia pun pulang ke rumah dan mengadu pada ayah dan ibunya bahwa ia hamil. 


Awalnya, ayah dan ibunya mengira Mimi hamil karena menikah diam-diam dengan Bhanu, lelaki yang dianggap harus bertanggung jawab terhadap masalah yang rumit ini.


Tapi ternyataa... begitu ada kabar yang beredar, istri Bhanu menyusul ke kota itu. Kaget dengan kondisi Bhanu yang dikatakan sudah menikah lagi. Ia pun histeris dan ingin meminta Mimi mengembalikan suaminya. 


Saat itulah... Mimi harus bicara apa yang sebenarnya terjadi padanya ke keluarga besarnya. Tentang siapa yang membuatnya hamil. Tentang program ibu pengganti yang ditawarkan Bhanu. Tentang Summer dan John yang menghilang setelah dengar kabar buruk itu.


Kriti shanon
Skenario film india Mimi

Setelah melahirkan, Mimi menjadi ibu yang sanggup merawat anaknya. Dibantu dengan Shama, Bhanu dan istrinya, bahkan keluarga besarnya. 


Mimi memiliki support system yang baik saat masalah datang padanya. Ia bisa merawat anaknya dengan baik, bahkan kekhawatiran tentang down syndrome itu bisa ditepis. 


Anak yang dilahirkan Mimi bernama Raj. Anak laki-laki itu sangat pintar dan tampan, wajahnya mirip bule, bukan wajah orang hindustani.


Selang 4 tahun setelahnya, Summer dan John tiba-tiba datang ke India lagi. Mereka datang pada Mimi dan memohon untuk memberikan anak itu. Summer tak tahu harus bagaimana untuk menebus rasa bersalahnya. 


Summer sempat depresi hingga ingin bunuh diri. Tapi, keajaiban itu datang. Berita tentang Raj yang menari dengan Mimi membuat Summer dan John menganggap bahwa anak itu bisa saja adalah anak mereka. 


Di sinilah masalah muncul. Akankah Mimi rela untuk mengembalikan apa yang bukan menjadi miliknya? 


Nonton saja ending film India Mimi yang tayang di aplikasi Netflix ya!


Baca juga : [Review] Film Dangal – Perjuangan Atlet Gulat Perempuan Pertama Asli India Peraih Medali Emas Olimpiade


Review Film India Mimi (2021) Tayang di Aplikasi Netflix : 


Menonton film India bertema keluarga bukanlah suatu hal yang baru bagi saya. Tapi menonton film India yang mengangkat tema ibu pengganti sungguh sebuah pengalaman unik yang sangat emosional.


Saat saya menonton film Mimi di aplikasi Netflix, saya tidak punya ekspektasi akan sebagus apa filmnya. Jadi ya... ikuti saja alur ceritanya ya.


Biasanya, film India bertema keluarga sarat dengan konflik dan drama ala keluarga India. Tarian dan nyanyian pun akan sangat banyak menghiasi film dan bertujuan sebagai penyampai pesan.


Tapiiii... film Mimi ini sungguh berbeda. 


Film Mimi mengangkat isu sensitif di India. Di mana India dianggap sebagai negara yang kurang dari segi pendidikan dan ekonomi, sehingga membuat orang India sanggup untuk menukar nyawanya demi mendapat uang dengan menjadi ibu pengganti.


Film mimi india
Kriti Shanon sebagai pemeran Mimi


Mimi Tidak Tahu Risiko Besar Saat Menjadi Ibu Pengganti (Surrogate Mother)


Dalam film Mimi ini, penonton akan diajak untuk bersimpati dengan kehidupan Mimi yang jungkir balik karena keputusan ceroboh untuk menjadi ibu pengganti (surrogate mother).


Sejak pertama kali mendapat tawaran, Mimi bukan orang yang senang bertanya-tanya tentang plus minus program ibu hamil itu. Ia tidak tahu risiko kehamilan itu juga akan berdampak pada dirinya. 


Mimi hanya bertanya apa bekas melahirkan akan membuat kulitnya keriput? Ia bertanya begitu karena Mimi seorang penari, wajar jika ia khawatir kulitnya akan bermasalah setelah melahirkan bayi. Stretchmark memang membuat kulit terlihat tidak cantik, kan? Tapi Mimi tetap mau menerima risiko kehamilan itu. 


Anehnya, Mimi tidak tahu bahwa bisa saja anak yang akan dilahirkannya cacat. Padahal sebelumnya program ibu pengganti itu tidak berjalan lancar karena ibunya mengalami keguguran. 


Summer pernah bilang pada suaminya, ia harus mencari gadis yang sehat sebagai ibu pengganti. Yang benar-benar bisa menjadi wadah bagi benih calon anaknya. 


Ya, kupikir harusnya Bhanu dan Mimi lebih cerewet dan rajin nanya sebelum mengiyakan tawaran Summer dan John. Tapi, uang mengalahkan segalanya. Hiks πŸ₯Ί



Mimi Melahirkan Anak, Meski Berisiko Catat dan Kena Penyakit Down Syndrome


Mimi bisa saja menggugurkan kandungan dan memilih untuk keluar kota. Tapi, ia justru ingin tetap melahirkan anak itu. Ia mau mempertahankan anak yang sudah menjadi bagian darah dagingnya.


Ibu pengganti memang hanyalah wadah untuk menampung benih dari pasangan yang tak bisa memiliki anak. Tapi, walau bagaimana pun, Mimi justru mengikuti nalurinya sebagai ibu. 


Mimi mau merawat anak yang bukan darah dagingnya. Padahal, Mimi mendapat stigma yang jelek karena hamil tanpa suami.


Dalam tradisi dan budaya India, memiliki anak tanpa suami adalah aib yang mengerikan. Ibarat sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Mimi terseret masalah hanya karena bersedia menjadi ibu pengganti.


Yang membuat saya tertegun lama waktu nonton filmnya adalah premis cerita yang bikin saya mengernyitkan dahi. 


Pasangan yang menyewa rahim Mimi nggak siap kalau pas diskrining ternyata anaknya cacat. Yang disuruh ngurus siapa? Ya yang punya rahim. Wew! πŸ₯Ί


Pas lahiran ternyata anaknya sehat, eh malah diminta sama penyewa. Inilah yang membuat ceritanya jadi kompleks. 


Baca juga : Review Film Mr. Majnu 2019 - Saat Playboy Jatuh Cinta




Surrogasi Berisiko Merugikan Ibu Pengganti


Surrogate mother atau ibu pengganti memang sudah lazim digunakan di zaman sekarang. Entah di Indonesia udah ada atau belum ya, tapi di luar negeri sudah ada. 


Ya... Bahkan ada artis bollywood juga yang pakai surrogate mother karena nggak mau hamil anaknya sendiri. Hmm... bener-bener bikin saya nggak bisa berkata-kata. Hiks


Sistem surrogasi dengan menggunakan surrogate mother sebenarnya akan merugikan kedua pihak. Anaknya akan sulit mendapatkan nasab karena bukan dari hubungan halal. Tapi hanya minjemin rahim aja.


Yaa... Jadi hitungannya, ibu pengganti itu memang tidak terlibat hubungan badan dengan si suami, tapi hanya dititipi benih. Hanya saja... tetap kan bingung ngasih nama keluarga ke anaknya gimana? Nasab anak akan terputus dari orang tuanya. 


Dalam agama Hindu, agama Mimi dan keluarganya, memutus nasab akan membuat anak kesulitan mendapat haknya juga. Memang dilema sih. Tapi gimana lagi. Hadeeeh *tepok jidat*


Pas Raj sudah lahir, Mimi memberi nama keluarganya pada anak itu. Padahal harusnya nggak boleh pakai nama keluarga.


Bagi ibu pengganti dan penyewa, meskipun dengan consent, tapi nggak ada yang lebih mengerikan dibanding kita nggak tahu bakalan kayak gimana hasil surrogasi nanti. 


Anak yang dikandung bisa saja cacat, atau bahkan bisa normal. Ibu juga tidak bisa menentukan calon bayi ini laki-laki atau perempuan. Tidak tahu apa bakal baik-baik saja selama kehamilan. Banyak yang memilih menggugurkan kandungan setelah tahu hasil skrining janin tidak sesuai keinginan.


Anak nggak bisa milih dilahirkan dari rahim ibu yang mana. Tapi seharusnya orang tua bisa berpikir bijak untuk memutuskan hal tersebut. Nggak perlu menerabas aturan untuk dapat anak kandung lewat jalur sewa surrogate mother. 


Mimi pengin jadi artis, malah jadi ibu pengganti

Hikmah Film Mimi (2021) - Dilema Menjadi Ibu Pengganti di India


Pesan film Mimi ini sangat jelas bahwa ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjadi surrogate mother. 


Selain itu, menjadi ibu pun bukan hanya perkara hamil dan melahirkan saja, namun juga merawat anak tersebut bagaimana pun kondisi fisik dan psikis anaknya nanti. 


Jadi, saya rasa pesannya sampai ke penonton film Mimi ini. Jangan sampai terlena dengan uang dan putus harapan hingga membuat hidup orang lain menderita. 


Anak adalah anak. Anak bisa saja anugerah jika kita memilikinya, tapi punya anak bukan berarti harus dari rahim sendiri. Jika ada opsi mengadopsi anak, mengapa tidak melakukan hal itu saja? 


Baca juga : Review Film Hichki – Rani Mukherji


Banyak anak yang tak memiliki orang tua kandung di panti asuhan dan berharap punya keluarga yang menyayangi. Pasangan yang belum punya anak bisa mengadopsi anak dan merawat mereka seperti anak sendiri. 


Cerita hidup Mimi di film Mimi ini benar-benar bikin saya ikut emosional dan gregetan dengan alur ceritanya. 


Untungnya, banyak lelucon yang ditampilkan oleh Bhanu dan Mimi sebelum tragedi itu terjadi. Jadi, saya nontonnya juga nggak melulu mellow yellow aja. Huhu. 


Mimi - nonton film India di Netflix

Yaaa... Bisa dibilang film Mimi ini berani mengangkat hal yang tabu di India dan menyuarakan apa yang seharusnya tidak dilakukan oleh orang perihal surrogate mother. 


Buat orang bule seperti Summer dan John, memiliki anak adalah satu alasan untuk hidup. Tapi melalui kacamata keluarga Mimi, saya justru melihat kehangatan keluarga di saat anaknya terpuruk. Orang tua Mimi tetap menerima anaknya apa adanya dan tidak menekannya. 


Overall, kalau kamu lagi nyari film India yang unik dan temanya nggak biasa, tonton film India berjudul Mimi di Netflix deh! Dijamin bakal bikin kamu terharu melihat perjuangan Mimi hingga akhir cerita. 


Rating film Mimi : 9/10 🌟


Selamat menonton film Mimi di Netflix ya! ❤️


Baca juga : 5 Film India Favoritku


Artis Pemain film Mimi (2021)


  • Kriti Shanon sebagai Mimi
  • Evelyn Edwards sebagai Summer
  • Pankaj Tripathi sebagai Bhanu
  • Sai Tamhankar sebagai Shama (teman Mimi)
  • Manoj Pahwa sebagai Mansingh (ayah Mimi)
  • Supriya Pathak sebagai Shobha (ibu Mimi)
  • Aidan Whytock sebagai John
  • Jacob Smith sebagai Raj (perkenalan)
  • Kiyanshu sebagai Raj (ketika baru lahir)
  • Jacqueline Taalomi sebagai Raj (berusia 1 bulan)
  • Ekam sebagai Raj (usia 1 tahun)
  • Atmaja Pandey sebagai Rekha (istri Bhanu)
  • Nutan Surya sebagai Kainkayi (ibu Bhanu)
  • Amardeep Jha sebagai Vasudha Mausi
  • Sheikh Ishaque Mohammad sebagai Aatif (murid Mansingh)
  • Jaya Bhattacharya sebagai Dr. Asha Desai (dokter IVF)
  • Pankaj Jha sebagai Dilshad
  • Narottam Bain sebagai Farookh Shaikh (penjahit)

14 komentar:

  1. wah wajib bookmarks nih
    waktu rame di FB saya pingin banget nonton, eh lupa
    sekarang jadi inget bahwa saya harus nonton film bagus ini hehehe

    BalasHapus
  2. Udah lumayan lama gak nonton film India.
    Kebetulan banget membaca review menarik film Mimi dengan tema sensitif bagi perempuan, ibu pengganti. Banyak hikmah yang dapat diambil dari film Mimi ini ya, saat rencana tidak sesuai skenario yang sudah dibuat dan sepakati.
    Kudu ditonton nih film.

    BalasHapus
  3. Udah lama banget saya nggak nonton film India. Film Mimi ini jalan ceritanya bagus ya. Pasti nanti ada adegan yang mengharukan. Kebayang anaknya tahu kalau tadinya dia mau diserahkan ke orang lain sebagai penyewa Rahim Mimi. Jadi pengen nonton film ini deh

    BalasHapus
  4. Duh! Alur ceritanya cukup rumit ya, khas hollywood. Tapi justru itu daya tariknya... Bisa nih buat tontonan di weekend depan... Makasih ya kak review nya...

    BalasHapus
  5. Wah ada film India bagus nih
    Apalagi ada di Netflix
    Jadi bisa nonton aku
    Ceritanya menarik
    Emang lagi tren juga ya ibu pengganti

    BalasHapus
  6. Wah menarik ini, film India selalu menggagas pemikiran yang unik bahkan walau filmnya klasik, tetap saja konflik yang diangkat itu nyentrik. Apalagi soal ini, salut banget sama Mimi, jadi penasaran lihat filmnya. Terima kasih reviewnya!

    BalasHapus
  7. Film tentang ibu pengganti ini bukan hal yang baru, tapi memang menari untuk disimak, seperti waktu itu daku pernah nonton film Chori² Chupke² yang main Rani Mukherjee, Pretty Zinta sebagai ibu pengganti.

    BalasHapus
  8. Aku pernah diminta bahas film Mimi juga La..
    Tapi aku baru ingat kalau jalan ceritanya se-complicated ini ya.. Dan menjadi Surrogate Mother sungguh banyak sekali resikonya. Dan gak nyangka banget kalau pasangan yang tadinya meminta untuk Mimi mengandung anak mereka, malah meninggalkan begitu tau diagnosa dokter,
    Jadi pen ngomel, kenapa cuma ke satu dokter yaa.. BIasanya juga ada yang namanya second opinion kan yaa..?

    Tapi terlepas dari itu semua, pengalaman menjadi Ibu itu luar biasa.
    Dan India masih memegang nilai-nilai Asia yang kental sehingga tidak mudah melepaskan nyawa seorang janin yang sudah dikandungnya, ini nilai positif banget.

    BalasHapus
  9. Ouh ada di Netflix? Meski di dunia nyata aku bukan yang pro ibu pengganti, krn alasan agamat, tp Summer dan suaminya ngeselin bangeeett. Bayinya gak salah pas diagnosisnya jelek malah mau dibuang.Pas lahirnya cakep mau diambil. Hiiihhh. Kyknya aku harus menahan esmosi kalau nonton ini hahaha.

    BalasHapus
  10. Film India yang pernah saya tonton umumnya bertema cinta-cintaan yang bikin baper penonton. Tapi kalau baca review film ini di sini, sepertinya ini film yang out of the box. Sisi kemanusiaan rasanya diuji habis-habisan.

    Bagaimanapun, menjadi ibu, meski ibu pengganti, adalah peristiwa luar biasa bagi semua perempuan. Berpisah dengan anak meski bukan benih sendiri pasti sangat menyakitkan.

    Film ini bakal jadi daftar film yang mau ditonton.

    BalasHapus
  11. Hmm.. Ibu pengganti ini entahlah. Kalau pun memang iya. Maka, bukan nggak mungkin memang ibu pengganti punya banyak banget resiko. Selain karena memang kehamilan dan melahirkan itu bertaruh nyawa. Juga resiko menyangkut ikatan kasih sayang. Masa iya nggak berat hati memberikan bayi yang ada dalam rahimnya selama 9bulan ke orang lain. Yang benar saja?

    BalasHapus
  12. surogacy mom ini sudah lumrah di India dan memang sering mendatangkan masalah setelah persalinan. Menarik sekali film Mimi ini. Jadi pengen ikutan nonton saya. Terakhir itu yg film tentang ini kalau gak salah saya nontonnya Salman Khan, Rani Mukherji dan Pretty Zinta. Judulnya Chori Chori Chupke Chupke. Seru bangetttt, meski gak surrogacy banget yaaa ceritanya. Kalau yang ini kayaknya lebih humanis ya.

    BalasHapus
  13. Wah seru nih kayaknya. Temanya gak biasa. Aku selama ini kalo nonton film India, genrenya romantis atau yang sedih-sedih menyayat hati. Terakhir nonton yang superhero itu. Jadi kepengen nonton deh. Nyari aaaah.

    BalasHapus
  14. Film Indian Mimi memang menarik ditonton suatu saat ada kesempatan. Lama tidak melihat sineas India. Bagusnya alur cerita dan pengalaman.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas