Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Thursday, 19 November 2020

Pidato BTS di Hari Pemuda Korea (Korea Youth Day)

Pidato BTS di Hari Pemuda Korea. Pada bulan September 2020, grup K-Pop Idol Korea BTS membawakan pidato dalam Hari Pemuda (Korea Youth Day) yang pertama di Korea Selatan yang dihadiri oleh Presiden Republik Korea Moon Jae-in

Kamu bisa membaca transkrip pidato BTS di hari Pemuda Korea di bawah ini. Nah, selamat membaca ya! Semoga pidato ini memberimu semangat kembali untuk meraih impianmu di masa depan! 


Baca juga : [Webinar KCCI] Sejarah K-Pop - Produk Pertukaran Budaya di Asia


Korean Youth Day - BTS


Pidato BTS di Hari Pemuda Korea (Youth Day)


Halo, saya RM, leader grup BTS. Hari ini, kami di sini untuk merayakan Hari Pemuda yang pertama. Kami berterima kasih atas undangan yang diberikan pada acara ini.

 

Kami coba membayangkan Hari Pemuda pada 19 tahun yang akan datang, ketika Hari Pemuda yang lahir hari ini benar-benar telah menjadi pemuda. Hari ini, kami ingin menyampaikan pesan kepada pemuda yang akan menjadi tokoh utama pada masa depan.

 

Hai para pemuda di masa depan, apa kabar?

Pertama-tama, kami ingin menyampaikan dukungan kepada semua pemuda Korea, di mana pun kalian berada di dunia, yang menjalani hidup dengan berani tanpa takut dengan tantangan.


Sekarang, kami akan menceritakan kisah tentang tujuh pemuda berusia dua puluh tujuh tahun, belum terlalu tua, tapi menjalani kehidupannya seperti roller coaster. Jika kalian menghadapi kesulitan dengan beragam masalah dalam kehidupan pada masa depan, kami harap cerita kami pada tahun 2020 ini dapat memberi semangat.

 

Penyanyi yang meraih posisi No. 1 di Billboard. Superstar global. Belakangan ini, kami sering dengar ungkapan keren seperti itu. Tapi kami merasa belum menjadi apa-apa. Padahal, terlepas dari zaman, menjadi idola atau artis itu seperti jalan tanpa catatan sejarah.

 

Baca juga : Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula : Cara Membuat Kalimat


Saya berjalan dengan mimpi besar tentang musik, tapi saya tidak tahu ke mana arah jalan saya, apakah itu menanjak atau menurun, ketika berhenti sementara karena terlalu lelah, saya tidak bisa tahu ketika melangkah sedikit lagi, apakah ada surga atau tebing. Begitulah permulaan kami.

 

Tujuh tahun yang lalu, saat debut, BTS mulai berjalan di jalur yang tidak dapat diprediksi, dengan ketegaran dan semangat, serta gairah dan ketangguhan sebagai senjatanya. Kami ingin lebih sukses dari siapapun. Kami memulai debut di perusahaan kecil dan bekerja keras tanpa melihat ke belakang dengan menghadapi banyak kesulitan, kekhawatiran, mungkin sembrono, mungkin bodoh.


Saya tidak tahu harus berbuat apa, tetapi itu akan menjadi kenangan pada masa depan, dan hal-hal yang sulit akan berlalu, saya pikir saya menghafalkan mantranya dengan mati-matian. Sepertinya, kami berlari tanpa henti, dan bekerja keras, tapi kami telah lama berada di tempat yang sama.


Pada saat kami labil, bertengkar, dan kelelahan, kami bertujuh berkumpul di satu tempat. Senior yang membantu kami berkata, “Saya tidak mengerti kalian semua, tapi hati saya sangat sakit. Mari tetap bersemangat.” Mungkin pesan yang sangat sederhana namun pesan hangat itu memberikan kekuatan besar. Bagi remaja yang tidak tahu harus melangkah ke mana, pesan itu adalah pencerahan.


Baca juga : Super Junior (One More Chance) - The Legend is Back! 


Waktu itu, saya yang baru berusia 20 tahun harus melawan kenyataan lain. Sebelum debut, saya pikir saya bisa menjadi apa saja jika saya berusaha. Namun, setelah debut, saya sadar bakat lebih dibutuhkan daripada usaha. 


Tidak peduli seberapa keras saya berusaha, saya pikir sulit untuk mengejar teman-teman saya, maka kepercayaan diri serta harga diri saya menjadi sangat terluka. Kemudian, pada satu titik, saya menyadarinya. Siapa sebenarnya saya ini? Apakah sekarang saya bisa merasa lebih bangga pada diri sendiri? Ayo lebih percaya pada diri sendiri.

 

Jalur yang BTS jalani secara bertahap melebar dan menerang. Saya bisa melihat wajah bahagia para penggemar, dan saya pikir itu akan baik-baik saja. Tapi, sebanyak cinta dan perhatian yang tidak pernah kami duga, bayangan kami menjadi lebih besar dan lebih berat. Itu mulai membebani hati kami yang mencintai musik.


Siapa kami? Cinta seperti apa yang kami dapatkan? 


Kami mendorong diri kami sendiri dengan keras dan bertanya balik. Saya kira badan dan pikiran kami terlalu lelah.  Kemana saya melangkah, dan jalan yang tampak bagus ini bukanlah jalan yang tidak saya inginkan. Sepertinya saya telah kehilangan tujuan. 


Idol kpop korea - V BTS - Taehyung


Saya merasa tidak bahagia, dan hampa. Saya berusaha sangat keras untuk keluar dari rawa emosi. 
Saat ini, mari jujur pada diri kita sendiri. Rasakan setiap emosi, dan ungkapkan.


Seperti berdusta, saya memikirkan anggota kami dan penggemar, lalu memutuskan untuk bersemangat lagi. Kami memulai di sebuah jalur tanpa apapun, dan sekarang tampaknya menjadi catatan sejarah bagi satu sama lain.


Terima kasih atas kebersamaan yang terjalin, dan keinginan untuk bisa membantu satu sama lain. Membuat kami memahami apa yang perlu kami lakukan secara alami. Jika saya berjalan sendirian, saya tidak akan sampai sejauh ini. Saya tidak akan bisa menari dan berlari dengan bahagia.


Sekitar tahun 2018, saya ingat ketika ketujuh anggota merasa tersesat setelah memperoleh kesuksesan besar. Bahkan ketika terbentang hamparan bunga dan buah jatuh di jalur tempat kami berjalan, kami tidak percaya jalannya akan selalu demikian. Karena kami tidak tahu, kapan jalan akan menurun dan hujan akan kembali lebat.


Pada akhir kecemasan dan depresi itu, kami bertujuh mulai untuk saling menginspirasi dengan mimpi dan kepercayaan, seolah kami anak-anak lagi. Dan bulan Agustus 2020 tiba peringkat satu di chart Billboard. Dan kembali nomor satu di chart Billboard.


Kpop Idol Korea - RM BTS


Kami bertujuh bersyukur dengan air mata atas penghargaan yang diberikan kepada kami saat kami berdiri lagi. Tapi yang paling kami syukuri adalah para anggota dan penggemar kami yang saling berpegangan dengan erat dan saling mendukung selama sepuluh tahun terakhir saat kami hampir menyerah dan merasa tertinggal.


Pemuda di masa depan, jadilah masa depan, meskipun kita saling berhadapan sebagai pemuda dan orang dewasa pada masa depan. Kami tidak akan mengatakan “Ini jalan yang benar. Ini cara yang benar. Kehidupan seperti inilah yang luar biasa. Inilah jawabannya.”


Pemuda Korea selalu kuat dan hebat. Namun, kami akan melindungi Anda agar Anda dapat berdiri sendiri, agar kebahagiaan dan kesukaran pada saat itu tidak menentukan seluruh kehidupan seperti yang dilakukan BTS pada tahun 2020.


BTS Seokjin - Grup Idol Korea


Kami akan mendorong Anda untuk membantu dan mengendalikan satu sama lain. Seperti pemuda pada masa lalu, seperti pemuda saat ini.

Kami berharap Anda akan terus berjalan dengan berani seperti yang Anda lakukan selama ini, tanpa henti.

Kami berharap Anda akan mengubah dunia dengan ide-ide cemerlang.

Kami berharap Anda akan menjadi pemimpin dan penerang pada masa depan yang akan datang, demi masa depan pemuda.

BTS akan mendukung semua pemuda Korea. Terima kasih.


 

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)