Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 18 November 2020

Tips agar Websitemu Masuk Page One Google Pakai Search Engine Optimization (SEO)

Apakah kamu ingin websitemu masuk page one Google? Dengan masuk ke dalam situs mesin pencari Google maka produk yang kita pasarkan secara online dan offline akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli Itu sebabnya banyak marketer yang berlomba-lomba untuk menjadi nomor satu di situs mesin pencari Google. 

Saat masuk page one Google trafik website pun akan meningkat drastis dan membuat jumlah atau volume penjualan pun meningkat. Hal inilah yang membuat Google disukai oleh para pebisnis. 

Nah, kamu pun bisa memasarkan bisnismu lewat Google dengan tips websitemu bisa masuk page one Google pakai Search Engine Optimization (SEO). 

Namun terlebih dulu kamu harus memahami apa itu dasar-dasar strategi bisnis online agar kamu bisa lebih memahami bagaimana seseorang bisa menentukan mereka akan membeli produk yang kamu jual di website secara online. 

Nah, simak caranya di sini ya! ;)

Baca juga : Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner


Google mesin pencari



Tema : Perluas Kehadiran Onlinemu Dengan Strategi Bisnis yang Tepat Bersama Google Bisnis


Materi ini disampaikan dalam acara Gapura Digital oleh pemateri dari Tim Gapura Digital Google Indonesia. 


APA YANG AKAN DIPELAJARI DALAM GAPURA DIGITAL :

1. Dasar-Dasar Strategi Bisnis Online

2. Dasar-Dasar Penerapan Search Engine Optimization (SEO)


Dasar-Dasar Strategi Bisnis Online :


Bisnis online dapat memperbesar peluang bisnismu dengan jangkauan yang luas. Namun untuk memulai, penting untuk mengetahui di mana dan apa saja yang dilakukan calon pelangganmu.


Belanja online - shopping online


Ada 4 Tahapan Konsumen dalam Berbelanja Online, yaitu :


1. Lihat

Tahap pertama adalah lihat, hal penting dari tahapan ini adalah ketika orang lain menjadi terinspirasi untuk memulai karena melihat lingkungan sekitar, atau lingkungan online sekitar mereka.

2. Pikir

Pada tahap "Pikir', kamu mulai mencari informasi 'sepatu lari terbaik untuk pemula' Konten-konten online, seperti artikel blog atau iklan bertarget memberi lebih banyak informasi sebagai dasar keputusanmu dalam membeli.

3. Lakukan

Pada tahap 'Lakukan', kamu melakukan aktivitas pembelian berdasarkan informasi yang telah kamu kumpulkan.

4. Peduli

Setelah membeli sepatu yang kamu inginkan, kamu ingin berbagi pengalamanmu di sosial media, atau mendaftar menjadi anggota produk sepatu tersebut. Hal-hal yang dilakukan pasca-pembelian ini adalah bagian dari tahap "Peduli"


Setiap konsumen dapat memiliki tahapan yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen, seperti rekomendasi teman, promo diskon, dll. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk hadir pada setiap tahapan konsumen tersebut.



Tips bisnis online pakai seo


Berikut adalah beberapa strategi pemasaran efektif untuk kemajuan bisnis online yaitu :


1. Riset

Lakukan riset tren pasar untuk segmentasi pasar yang tepat. Riset ini akan membantumu untuk menentukan target pasar yang tepat sehingga tidak salah sasaran. Selain itu, riset ini berguna untuk memangkas dana saat 'trial and error'.


Kamu bisa mendapatkan pembeli yang tepat dengan melakukan riset yang detail baik saat mengeluarkan cost produksi, promosi, maupun lainnya. Riset akan membuat produk dan promosi yang benar-benar dibutuhkan dan menarik minat pasar.


2. Gaungkan

Gaungkan produk usaha atau bisnis agar mudah dingat dan menarik perhatian. Saat seseorang sudah mengingat produkmu, maka mereka akan membelinya suatu saat nanti. Ini hanya tinggal menunggu waktu yatu saat mereka membutuhkan atau saat mereka membeli karena tertarik dengan promosinya.


Kamu bisa menggaungkan produkmu dengan membuat hitungan mundur saat peluncuran produk di social media dan website. Kamu juga bisa menggunakan bantuan dari influencer baik Youtuber, Blogger, maupun Social media enthusiast untuk mengenalkan dan menggaungkan keunggulan produk yang kamu jual tersebut.


3. Online

Manfaatkan media sosial dan platform website dan optimalkan dengan SEO agar dikenal kalangan yang luas. Dengan online, kamu bisa menjangkau pembeli yang lebih luas dan lebih banyak dibanding jika hanya menjual lewat offline store.


4. Promosi

Buat penawaran yang menarik untuk pembeli produkmu sehingga mereka membeli dalam jumlah banyak. Kamu bisa menggunakan cara promosi misalnya : free trial, diskon beli 1 gratis 1, diskon 20%, dll. Nah, sudah tau kan cara promosi yang tepat? Selamat mencoba ya!


Selain itu, kamu juga harus melakukan hal ini agar promosimu berhasil : 


1. Menjaga Relasi

Jaga relasi dan hubungan baik dengan pelangganmu



2. Gunakan Kata Kunci yang Tepat pada Media Onlinemu


Kata kunci pada media onlinemu dapat memperbesar kemungkinan ditemukan oleh calon konsumenmu. Beberapa langkah yang dapat kamu gunakan untuk mencari istilah atau kata kuncimu:


  • Cari hasil teratas di mesin pencari untuk produk atau layanan bisnismu.

  • Cari apa saja kata kunci yang muncul di situs web.

  • Apa pesan/tagar (hashtag/) yang digunakan di media sosial


DASAR-DASAR SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) :


Bagaimana Mesin Pencari Bekerja?


Secara umum cara kerja setiap mesin pencari dibagi ke dalam 3 tahapan yaitu:


1. Perayapan dan pengindeksan di halaman website


Pada tahap ini, mesin pencari seperti Google menggunakan crawler web untuk mengelola informasi dari halaman dan konten yang tersedia secara publik di indeks penelusuran. Oleh sebab itu, jika perayapan dan pengindeksan di halaman website sudah berhasil, maka postingan websitemu sudah dapat ditemukan di mesin pencari seperti Google.


2. Algoritma Penelusuran Google

Pada tahap ini, sistem peringkat penelusuran akan mengurutkan ratusan miliar halaman diindeks. Penelusuran untuk memberikan hasil yang berguna dan relevan dengan pencarian oleh para pengguna. Jadi, algoritma ini akan terus menerus diperbaharui seiring waktu. Itu sebabnya, penting untuk memahami algoritma penelusuran Google agar postingan websitemu mudah ditemukan di page one Google.


3. Respons yang Berguna


Pada tahap ini, Mesin pencari memastikan untuk memberikan hasil penelusuran dalam berbagai format untuk membantu pengguna menemukan informasi. 


Baca juga : Kiat Menyiapkan Bisnis Laundry untuk Pemula


Bagaimana Cara Membuat Websitemu Muncul di Page One Google?

Ada 2 cara agar websitemu bisa masuk ke situs mesin pencari Google yaitu : 


1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses untuk mengoptimalkan situs web kamu supaya tampil lebih baik di halaman mesin pencari. Tentunya kamu ingin website kamu tampil di halaman pertama bahkan di posisi paling atas page one mesin pencari Google.


2. Search Engine Marketing (SEM)

Kamu dapat memasang iklan pada mesin pencari sehingga website kamu dapat muncul pada hasil pencarian berbayar.


Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?


Search Engine Optimization (SEO) adalah proses optimasi situs web kamu agar tampil lebih baik di halaman mesin pencari.


Kenapa menggunakan SEO untuk Website/Situsmu?

  • Menaikkan ranking website kamu di mesin pencari khususnya Google 
  • Mendapatkan lebih banyak trafik dari calon pelanggan yang sudah lebih tertarik dengan bisnismu
  • Trafik gratis 24/7 yang menguntungkan bagimu.
  • Meningkatkan kesadaran merek bisnismu dan mendapatkan kepercayaan lebih dari calon pelanggan.
  • Membantu mendapatkan calon pelanggan sehingga membantu mengembangkan bisnis


Kenapa Website/Situsmu Tidak Ditemukan di Google?

  • Situs tidak terhubung dengan baik dengan situs lain di web
  • Kamu baru saja meluncurkan situs baru dan belum ditelusuri crawl Google
  • Desain situs mempersulit Google menelusuri konten secara efektif
  • Google mendapatkan error saat mencoba menelusuri situs milikmu.
  • Kebijakanmu memblokir Google saat menelusuri situs


Baca juga : Cara Blog agar Cepat Diindeks Google


PENERAPAN TRIK SEO YANG BENAR AGAR MUNCUL DI GOOGLE :


Inilah 2 Kanal untuk Meningkatkan Pengunjungan Pelangganmu ke Situs Bisnis :



1. Google Bisnisku


Saat pelanggan sedang mencari bisnis di sekitar mereka dan menemukan tokomu di Google Maps, pelanggan akan melihat profil bisnis dan situsmu yang dikelola olehmu di Google Bisnisku. Hal ini akan membuat pengunjung mudah menemukan website officialmu karena linknya terpasang di Google Bisnisku.


2. Google Search


Saat pelanggan mengetik kata kunci di Google Search, query dari pencarian itu akan menemukan situsmu yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Semakin banyak situsmu berhubungan dengan kata kunci tertentu, maka websitemu akan semakin trusted dan kamu akan mudah mendapatkan pelanggan ke situs bisnismu.



Baca juga : Cara Mendaftar Google Adsense



Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan untuk Mendapatkan Calon Pelanggan Dengan Pencarian Organik :



1. Konten Berkualitas Tinggi


  • Unik yang belum pernah dipublikasikan di internet 

  • Detail dalam menjelaskan topik

  • Tersusun dengan struktur yang baik

  • Saling berhubungan konten yang lain

  • Mempunyai nilai yang baik untuk user berdasarkan pengalaman, riset, dan data


2. Kecepatan Tampilan Halaman Situs


Pengguna internet menyukai website yang tampil di bawah 3 detik, dan Google memberikan ranking yang lebih baik untuk website yang dapat muncul lebih cepat, kamu bisa melakukan test kecepatan websitemu di testmysite, thinkwithgoogle.com.


Untuk cek yang lebih lanjut, silahkan masuk ke link g.co/webmasterid/speed. Ketik alamat situs bisnismu dan lihat kecepatan situs milikmu.


PageSpeed Insights akan lebih cocok digunakan jika kamu mempekerjakan developer untuk membuat situsmu. Websitemu harus bisa diakses dari seluler dengan baik dan cepat karena saat ini kurang lebih sebanyak 70% pengakses website menggunakan media seluler. Jadi, websitemu harus bisa cepat diakses dalam tampilan mobile phone.


Baca juga : Kelas Bisnis Kumpul Bakul Tegal : Cara Menghitung HPP agar Bisnis Untung


3. Kata Kunci : Google Keyword Planner | Trends | Alerts

Keyword atau kata kunci adalah kata atau susunan kata penting yang digunakan oleh pengakses website, menemukan website di mesin pencarian, kemudian membaca konten di halaman website tersebut. Dalam menentukan kata kunci, pertimbangkan tiga hal berikut VOLUME. KOMPETISI, dan RELEVANSI. Jika ketiga hal ini dapat dimaksimalkan, maka trafik ke situsmu akan meningkat.


Baca juga : Kelas Bisnis Kumpul Bakul Tegal : Mengenal Perbedaan Cashflow dan Omset


Produk Google yang berguna untuk membantu menemukan kata kunci yang sesuai:


  • Google Trends

Google Trends adalah fitur gratis dari Google di mana bisa mengetahui kata kunci apa yang sedang paling banyak dicari di seluruh dunia, negara atau kota tertentu berdasarkan periode. Buka Google Trends di trends.google.com, maka kamu bisa menemukan tren yang sedang dicari oleh banyak pengguna internet saat ini.


  • Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah adalah sebuah fitur gratis dari iklan Google untuk mencari kata kunci yang paling banyak digunakan pengguna internet.


Ketika mencari informasi, dan melihat volume pencarian dan ringkasan metrik kata kunci tertentu. Masuk ke Google Ads di ads.google.com


  • Google Alerts

Google Alerts adalah fitur gratis dari Google di mana kita bisa membuat peringatan yang dikirim ke email kita mengenai kata kunci tertentu. Buka Google Alerts di alerts.google.com


Baca juga : Oleh-oleh dari Kelompok Mentoring Bisnis Kuliner TDA


4. Memperbaiki Struktur Situs


Kamu harus melakukan beberapa penyesuaian untuk struktur situs agar situsmu mudah ditemukan dan dicrawl oleh robot Google. Hal ini karena Google menggunakan algoritma, maka mudah bagi Google menemukan situsmu yang sesuai dengan kata kunci yang dicari pelanggan jika struktur situsmu jelas.


  • Title/Judul/Logo

Setiap halaman websitemu harus mempunyai judul yang unik. Judul halaman adalah hal yang pengguna lihat di halaman hasil mesin pencarian dan elemen pertama yang ditelusuri oleh Google. Bisa juga dipasang dalam bentuk logo.


  • Page Description/Deskripsi Halaman atau biasa disebut Meta Description 

Deskripsi yang tidak terlihat secara langsung oleh pengguna, namun bisa tampil di halaman mesin pencarian jika terpilih oleh Google.


  • Main heading (H1)/Menu

Main Heading merupakan bagian dari bahasa pemrograman Hypertext Markup Language (HTML) di mana setiap halaman sebaiknya hanya memiliki sebuah H1 tag.


H1 tag biasanya merupakan tag header pertama yang terlihat di sebuah halaman dan di atas tag yang lain.


Main Heading (H1) tampil sebagai menu.


  • Sub headings (H2, H3)/Konten atau postingan. 

H2 dan H3 membantu mempermudah user dalam membaca konten halaman websitemu dengan membagi ke beberapa bagian dan dilakukan secara berurutan.


  • Gambar, Suara, dan Video

Jika kamu menambahkan gambar, suara atau video ke halaman websitemu, maka kamu harus memberi nama ALT text dengan deskripsi yang jelas supaya mesin pencari Google memahaminya dan bisa dindeks.


Nah, selamat mencoba tips agar websitemu masuk page one Google pakai Search Engine Optimization (SEO) ini ya. Semoga tips ini bermanfaat untukmu. Terima kasih dan sampai jumpa lagi. ;)


1 comment:

  1. Bisnis memang perlu dipromosikan terus agar makin dikenal oleh masyarakat. Salah satunya strategi dengan website. Untuk berada di page one google memang harus pakai teknik. Trims mba buat sharingnya :))

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)