Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Monday, 30 November 2020

Inilah 15 Hari Perayaan di Korea. Apa saja ya?

 Tahu nggak sih kalau di Korea ada berbagai macam hari perayaan yang biasa dirayakan oleh warga negara Korea. Meskipun Korea terbagi menjadi dua wilayah yaitu Korea Utara dan Korea Selatan, namun ada beberapa hari perayaan yang sama. 


Nah, apa saja hari perayaan di Korea? Simak penjelasannya berikut ini ya! 😍


INILAH HARI PERAYAAN DI KOREA YANG DIRAYAKAN ORANG KOREA DI NEGARANYA : 


1. Tanggal 1 Januari : Tahun Baru

Selain kalender lunar (bulan), Korea juga mengadopsi kalender Gregorian sehingga tiap tanggal 1 Januari mereka merayakan tahun baru seperti negara lain.


2. Tanggal 7-10 Februari : Tahun Baru Korea(Seollal)

Hari raya rakyat Korea terbesar dan penting ini berlangsung selama tiga hari. Hari raya ini sering disebut hari raya Imlek karena perayaan dilaksanakan pada tanggal yang sama. Pesta Seollal dirayakan dengan menyantap tteokquk (sup kue beras) dan manduguk (sup pangsit).


3. Tanggal 1 Maret : Hari Gerakan Kemerdekaan Samil

Hari penting bagi masyarakat Korea karena 33 nasionalis Korea mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 1 Maret 1919 dalam upacara khusus di Taman Tapgol, Seoul. Saat itu, mereka masih dijajah Jepang.


4. Tanggal 1 Mei: Hari Buruh Internasional

Hari buruh bukan hari libur nasional di Korea. Akan tetapi, bank dan perusahaan bisnis tutup untuk menikmati hari libur.


4. Tanggal 5 Mei : Hari Anak

Saat merayakan hari anak, para orang tua mengajak anak-anak mereka bermain di taman hiburan, kebun binatang, atau menonton film di bioskop.


6. Tanggal 8 Mei : Hari Orang Tua

Hari orang tua bukan hari libur nasional, tetapi tetap dirayakan.

Anak-anak menunjukkan rasa cinta dan hormat kepada orang tua dengan memberikan bunga anyelir sebagai tanda hormat dan kasih sayang


7. Tanggal 14 Mei : Hari Ulang Tahun Buddha

Pada hari ulang tahun Buddha (Seokka T'anshin-il 석가 탄신일) banyak ritual diadakan di kuil seluruh negeri. Lentera-lentera digantung di halaman kuil.


8. Tanggal 15 Mei : Hari Guru

Hari guru di Korea tidak termasuk hari libur nasional, terapi selalu diperingati pelajar dengan memberikan bunga anyelir, kartu cinta, dan melaksanakan perayaan sebagai rasa terima kasih kepada guru yang telah mendidik dan mengajar.


9. Tanggal 6 Juni : Hari Pahlawan

Hari pahlawan dirayakan untuk menghormat tentara dan warga sipil yang telah memberikan hidup mereka untuk negara, Upacara terbesar diadakan di pemakaman nasional di Seoul.


10. Tanggal 17 Juli : Hari Konstitusi

Hari ini diperingati sebagai hari proklamasi Konstitusi Republik Korea pada 17 Juli 1948.


11. Tanggal 15 Agustus : Hari Kemerdekaan

Hari Kemerdekaan Korea Selatan dari penjajahan Jepang pada tahun 1945.


12. Tanggal 4-16 September : Perayaan Chuseok

Festival pertengahan musim gugur (chuseok) merupakan hari libur tradisional di Korea Perayaan panen dan ucapan syukur atas karunia bumi ini merupakan hari Thanksgiving Korea.

Warga memperingatinya dengan berkumpul pada pagi hari untuk memberikan penghormatan kepada leluhur dengan mempersembahkan nasi dari beras yang baru saja dipanen dan kue beras (songpyeon). 

Setelah itu, keluarga menikmati hidangan yang disiapkan. Lalu mereka mengunjungi makam leluhur untuk membersihkan dan merapikan rumput.


13. Tanggal 3 Oktober Hari Kelahiran Bangsa

Gaecheonjeol atau Hari Langit Terbuka memperingati berdirinya bangsa Korea pada tahun 2333 SM oleh Taja Dangun Wanggeom. 


14. Tanggal 9 Oktober : Hari Hangeul

Hari proklamasi Hangeul (Hari Abjad Korea) memperingati penciptaan abjad Korea yang dicanangkan oleh Raja Sejong Yang Agung dari Dinasti Joseon pada tahun 1443. Formula abjad ini dipublikasi dalam bentuk buku berjudul Hunminjeongeum. 


15. Tanggal 25 Desember : Hari Natal 

Seperti negara lain, saat hari raya Natal tiba warga Korea mengikuti kebaktian di gereja, saling bertukar kartu ucapan dan kado, makan malam bersama keluarga, serta bernyanyi bersama.


Nah, kamu sudah tahu kan apa saja hari perayaan di Korea. Semoga info ini bermanfaat untukmu ya! 😉

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)