Tuesday, 29 October 2013

[Sharing] Tips Mendidik Anak di masa Golden Age

Ada seorang teman Asti bertanya padanya bagaimana cara mendidik anak di masa golden age. Iya, untuk anak usia tiga tahun seperti Rania. Dan ini dia jawaban Asti. Ijin share ya, sayang. Semoga makin berkah ilmunya dan bermanfaat. Aamiin :)


Kalo aku pribadi, kuncinya:
1. Beri makanan yang halal, thoyyib, dan bergizi
2. Setiap hari perdengarkan bacaan Al-Qur'an dari kita sendiri dan suami. Di waktu-waktu luang dan saat anak-anak bermain, tidur, dan waktu santai sering-sering setel murottal untuk memaksimalkan stimulasi holistik dan kognitifnya.
3. Setiap hari ajak anak ke masjid untuk sholat berjamaah. Biasanya yang ngajak shalat ayahnya.
4. Setiap hari bacakan buku-buku yang bergizi untuk anak, khususnya kisah-kisah Nabi, shahabat/shahabiyah, keteladanan, biografi, cerita-cerita yang edukatif dan mampu menumbuhkan jiwa mereka, dll.
5. Sejak dalam kandungan perkenalkan huruf-huruf dan angka baik latin maupun hijaiyyah.
6. Sering-seringlah untuk mengajak anak berdiskusi, libatkan mereka dalam problem solving. Dengan menjadikaan mereka sebagai subjek, insya Allah kecerdasannya akan terasah, leadership-nya juga akan terbangun. Berbeda dengan anak-anak yang terbiasa dijadikan objek (dianggap sebagai anak kecil yang belum mengerti apa-apa).
7. Di keluarga kami ada kebijakan untuk tidak memiliki TV di rumah. Untuk tayangan edukatif, suamiku biasa beli VCD atau download film-film bermutu. Kami juga sering mengajak anak-anak untuk menonton film-film edukatif yang bernuansa Islami, sejarah, perjuangan, kepahlawanan, persahabatan, kerja keras, dll di bioskop.
8. Perbanyak mainan edukatif yang mengasah motorik dan sensoriknya.
9. Selalu beri apresiasi atas setiap kemajuan, prestasi, serta kebaikan-kebaikan yang mereka lakukan, meski sangat sederhana..
10. Ajarkan mereka mengenal Tuhannya sejak dini. Lewat tawakkal, bersyukur, bersabar, berbagi, ikhlas, dll, yang kita perkenalkan dengan kondisi-kondisi sederhana dan menghujam kuat di jiwa mereka.

3 comments:

  1. sip,menyimak hehhe....*belum punya anak jadi baca2 dulu saya hehe

    ReplyDelete
  2. Makasiihh share ilmunya.. Sangat bermanfaat ^^

    ReplyDelete
  3. inspiratif banget.... itulah kebijakan ga ada tv..... betul banget tuh, acara tv lebih banyak yg ga mendidik..

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)