Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Minggu, 17 Juli 2022

Mengenal Budaya Korea dan Fenomena Halyu Wave Melalui Komunitas Sahabat Korea

Siapa yang tak kenal dengan popularitas negara Korea Selatan? Yups, segala sesuatu tentang negara Korea Selatan kini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Alasannya karena budaya dan produk dari Korean Wave sangat diminati oleh warga Indonesia.


Sejak tahun 2020 hingga 2021, saya dua kali terpilih menjadi anggota komunitas Sahabat Korea yang bertugas untuk mengenalkan segala sesuatu tentang Korea pada masyarakat Indonesia dan juga budaya Indonesia pada masyarakat Korea.


Novel Pachinko yang dibuat drama korea (dokpri @ilarizky)


Sahabat Korea bertujuan untuk menjadi jembatan diplomasi antara dua negara yaitu negara Indonesia dan Korea Selatan. Komunitas ini ada di bawah kewenangan Kedubes Korea Selatan di Jakarta. 


Sahabat Korea bertujuan untuk menjadi komunitas Korea - Indonesia yang bisa menjadi wadah untuk mengenalkan kedua budaya dan segala sesuatu tentang kedua negara tersebut.


Saya merasa manfaat internet sangat bagus untuk pengembangan komunitas Sahabat Korea ini karena selain memang bertujuan untuk mengenalkan budaya melalui media sosial dan blog, saya juga mendapatkan feedback yaitu melihat postingan teman-teman lain. Jadi saya juga ikut belajar dari informasi yang mereka berikan di tulisan Sahabat Korea.


Logo Komunitas Sahabat Korea 2021 (doc : grup Whatsapp Sahabat Korea 2021 dan ig @korembidn )


Setiap bulan kami menulis tentang Korea Selatan dan Indonesia, baik seperti tema khusus misalnya budaya Korea dan Indonesia yang serupa, sistem pemerintahan Korea yang bisa diadaptasi di Indonesia, hari raya Korea dan Indonesia, festival, wisata, budaya, bahasa maupun perbedaan film dan acara televisi di Indonesia dan Korea.


Mengenal Alat Musik Tradisional Korea dan Indonesia 


Setiap negara memiliki unsur budaya yang melekat bersama suku dan ras yang ada di dalam wilayah tersebut. 


Kita bisa melihat beragam adat, budaya, agama, bahkan tradisi yang seringkali tidak bisa ditemukan di daerah lain. Hal ini karena setiap daerah unik, jadi kita bisa belajar banyak hal. 


Doc : ig @ilarizky


Di negara Korea dan Indonesia pun ada banyak unsur budaya yang bisa dipelajari, salah satunya adalah tentang alat musik tradisional. 


Alat musik tradisional biasanya digunakan sebagai sarana upacara adat yg dilakukan turun temurun, dan sebagai pengisi latar musik pada pertunjukan seni atau sendratari khas setempat. 


Selain itu alat musik tradisional juga menjadi sarana komunikasi, ekspresi, dan kreasi dari kebudayaan masyarakat setempat.


Nah, jadi setiap daerah memiliki kekhasannya sendiri, baik dalam komposisi bahan untuk membuat alat musik tradisional, cara memakainya, juga bentuk alat musiknya yang berbeda dengan daerah lain. 


Di Indonesia ada Sasando, kulintang, tifa, angklung, gamelan, gendhang/kendhang, kompang, dll.  Sedangkan di Korea ada Gayageum, Taepyeongso, dan Pungmul Janggo. Jadi, mana saja alat musik tradisional favoritmu? πŸ˜‰


Internetnya Indonesia Menghubungkan Diplomasi Dua Negara


Melalui Sahabat Korea, saya juga berkenalan dengan teman-teman pecinta Korea di seluruh Indonesia. Internetnya Indonesia ternyata mampu membuat masyarakat terhubung satu sama lain dari berbagai kota dan kabupaten dengan tujuan yang sama yaitu mengenalkan antara dua negara tersebut. 


Wifi.id Seamless (doc : IndiHome.co.id)

Seperti halnya IndiHome yang bisa menjadi jembatan antara kota lain melalui koneksi internet yang lancar. Ternyata, manfaat internet bisa membantu untuk hubungan diplomasi antar negara. 


Saya dulu mengira bahwa hubungan diplomasi itu terkesan rumit dan hanya bisa dilakukan oleh diplomat terpilih. Tapi ternyata kini digitalisasi membuat perkembangan yang signifikan. 




Saya belajar banyak dari program Sahabat Korea ini tentang budaya, sejarah, hari raya dan hari nasional, juga perkembangan industri Korean Wave. Bayangkan jika kamu punya internet rumah, lalu kamu bisa terhubung ke luar negeri dan bisa belajar ilmu baru? Tentu saja hal ini akan menjadi nilai tambah internet di masa kini.


IndiHome dari Telkom Indonesia pun punya peluang yang besar untuk menjadi jembatan budaya dan pertukaran informasi melalui internet, jika IndiHome mau untuk membangun komunitas di setiap daerah. Jadi, anak-anak muda punya wadah untuk menyalurkan ide dan aspirasinya. 


Semoga dengan adanya internet yang stabil, seperti yang selama ini telah diberikan oleh IndiHome, maka perkembangan digitalisasi dalam segala bidang di Indonesia semakin baik ya.


Sumber foto : 

https://akurat.co/amp/denting-sasando-dari-pulau-terselatan-indonesia-rote

https://bobo.grid.id/read/08677883/alat-musik-petik-tradisional-korea

Instagram.com/sahabatkorea_

Instagram.com/korembidn

Instagram.com/ilarizky

Youtube.com/misskaniya (youtube pribadi saya)

1 komentar:

  1. Kini banyak penggemar drama Korea termasuk pencinta K-POP yang mengikuti budaya Korea. Sedikit banyak budaya mereka yang unik dan menarik membuat banyak orang mengikutinya, tidak heran juga kalau pengaruh Korea semakin luas. Hampir semuanya bersumber dari internet, terima kasih sharingnya!

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas