Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Sabtu, 02 Juli 2022

3 Ide Bisnis Yang Bisa Dijalankan Ibu Rumah Tangga

3 Ide Bisnis Yang Bisa Dijalankan Ibu Rumah Tangga


Seorang ibu rumah tangga seringkali khawatir jika kebutuhan rumah tangganya tidak terpenuhi, itu sebabnya para ibu pun mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Bagi para ibu yang ingin mencari sumber pendapatan tambahan, Ibu bisa mencoba 3 bisnis ibu rumah tangga berikut ini:


Snack box
Contoh snack box untuk hantaran (doc : ig @kuwekuwe.ninis)



3 Ide Bisnis Yang Bisa Dijalankan Ibu Rumah Tangga:



1. Bisnis kue tradisional atau snack box


Bisnis kue tradisional atau snack box bisa ditelateni oleh para ibu rumah tangga, karena bisnis ini sangat menjanjikan. 


Ibu rumah tangga bisa menjual snack box melalui koperasi, kantor, gerobak, ataupun sekolah yang membutuhkan snack box untuk makanan ringan saat ada kegiatan rutin harian. 


Misalnya: kegiatan arisan RT atau RW biasanya butuh snack box sekitar 50 orang.


Snack box yang dijual ibu rumah tangga (doc : ig @kuwekuwe.ninis)

Jadi, misal harga snack box per satu kotak senilai Rp5.000. Maka, tinggal dikali 50 orang. Total penjualan hari itu bisa tembus hingga 250.000. 


Bayangkan, jika ibu rumah tangga bisa menjual sekitar 200 snack box per hari, maka penjualan tembus senilai 1 jt/ hari.


Snack box yang dijual per paket (doc : ig @kuwekuwe.ninis)

2. Bisnis Laundry Bulanan


Bisnis laundry sangat menjanjikan karena bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga selagi menjaga anaknya di rumah. 


Bisnis laundry bisa dilakukan jika lingkungan tempat tinggalmu banyak kos-kosan mahasiswa atau pegawai kantoran.


Landry rumahan (doc ig @peralatanlaundry)

Kenapa sangat menjanjikan? Karena laundry itu bisa harian per kiloan, bahkan bisa paket bulanan. 


Jika ibu rumah tangga ingin mendapatkan penghasilan rutin dari bisnis laundry, ibu bisa menawarkan paket bulanan untuk laundry room bagi anak-anak kos atau karyawan kantor. Atau paket sistem per 50 kg baju yang dilaundry.


Misal : harga jual paket laundry per bulan sekitar 200.000-500.000/orang, maka bisa dibayangkan jika ada 10 pelanggan tetap, maka ibu rumah tangga bisa menghasilkan 2-5 juta rupiah dari bisnis laundry tersebut.


Bisnis laundry baju (doc : ig @peralatanlaundry)

3. Bisnis jual beli pulsa


"Jangan remehkan uang recehan" adalah salah satu trik dan tips agar bisnis kecil-kecilan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga agar bisa berjalan dengan lancar dan bisa terus bertahan di tengah jalan. 


Jangan remehkan uang yang didapat jika uangnya sedikit, karena saat kita mensyukuri uang tersebut, maka rezeki berikutnya akan datang dengan sendirinya. Rasa syukur itu akan menarik rezeki dengan lebih banyak. 


Ibu juga bisa melakukan bisnis yang terlihat kecil, namun sebenarnya jika ditelateni akan menghasilkan keuntungan yang besar.


Contohnya adalah bisnis jual beli pulsa elektrik handphone. 


Keuntungan jual beli pulsa satu orang senilai 1000 hingga 2000. Nah, jika ada 200 orang yang mengisi pulsa hari itu, maka pendapatan ibu rumah tangga akan sebesar 200.000 - 400.000. 


Nah, apakah kamu masih menganggap bahwa bisnis ibu rumah tangga tidak menjanjikan? Padahal bisnis apapun akan menghasilkan pundi-pundi rupiah dan dollar bila kita terus-menerus berusaha mengembangkannya. 


Yups... yang terpenting adalah keyakinan dan konsistensi. Karena konsisten adalah kunci agar bisnis bisa berkembang. Selain itu, ibu juga perlu meluaskan networking agar bisnis terus berkembang dan bisa bertahan hingga puluhan tahun.


Selain itu ibu juga perlu berdoa agar Tuhan memudahkan jalan bisnis yang dilakukan agar bisnis itu bisa menghasilkan uang yang halal.


Tips agar bisnis ibu rumah tangga berjalan lancar antara lain


1. Buat laporan keuangan rutin harian


Membuat laporan keuangan rutin harian bertujuan agar ibu bisa tahu bahwa laporan keuangan bisnis tersebut sehat, sehingga bisa melihat pengeluaran dan pemasukan yang sudah dilakukan dalam bisnis tersebut.


2. Memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi


Seringkali bisnis mandek karena tidak bisa memisahkan uang pribadi dengan uang yang digunakan untuk bisnis. Ya, padahal uang bisnis adalah uang bisnis, sedangkan uang pribadi adalah uang pribadi. Jangan campur adukkan uang pribadi dengan uang bisnis, karena hal itu akan membuat bisnis menjadi mandeg bahkan bisa bangkrut.


Pisahkan uang pribadi dengan uang bisnis agar kita tahu bahwa bisnis tersebut memang benar-benar bisa menghasilkan keuntungan, bukan malah menghasilkan kerugian.


3. Buat bisnis plan sebelum memutuskan untuk membuat bisnis 


Bisnis plan bertujuan agar ibu rumah tangga bisa melihat prospek dari bisnis yang akan dilakukan.


Bisnis yang bagus adalah bisnis yang diriset dengan detail siapa saja target marketnya, cara promosinya, dan juga dihitung berapa uang yang dibutuhkan untuk modal, berapa biaya sewa kantor dan alat, lama waktu untuk break even point/kapan bisa balik modal, dll.


Misal : perkiraan keuntungan dan harga bahan bisa dilihat dengan cara menghitung dari sheet planning bisnis tersebut.


Jadi, jika bisnis yang dilakukan ibu rumah tangga mandek, kita bisa melihat dan mengevaluasi bisnis plan yang sudah dibuat sebelumnya.


Semoga bermanfaat ya. ❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)

Komunitas