Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Tuesday, 26 October 2021

Tips Menang Kompetisi 500 Juta KWIKKU 2021 #PastiBisaBerkarya

 

“Seberapa mahal harga sebuah ide tulisan?”

“Apakah seseorang bisa membiayai hidupnya dengan menjadi penulis novel?”

“Apakah tujuanmu menulis cerita fiksi dalam sebuah novel?”

“Apakah menulis novel bisa membuatmu populer dan kaya raya seperti J.K Rowling?”

 

Pertanyaan ini pernah singgah dalam pikiranku, bahkan seorang teman pernah bertanya apakah bisa membiayai hidup hanya dengan bekerja di dunia menulis? Jawabannya : BISA. Asal telaten ya! :D


Awal aku suka dengan dunia menulis dimulai saat sekolah dasar. Saat itu, kelas 6 SD, aku sering mengirim surat pembaca ke Yunior, imprint Suara Merdeka di Semarang. Surat-surat pembacaku mulai masuk dan mendapatkan apresiasi dari redaksi. Mulai dari tas, alat gambar, kaos, handuk, bahkan saya pernah melihat adikku dikirimi sekardus besar produk dari majalah Bobo karena gambar yang memuat karyanya. Baik tulisan maupun gambar, begitu diapresiasi oleh media nasional.

Saat SMA, aku pernah mengunjungi perpustakaan sekolahku di jam istirahat. Di sana aku menemukan buku kumpulan essay yang memuat puluhan tulisan hasil kurasi lomba yang diadakan Kedutaan Besar Korea Selatan. Di sana, ada kisah penulis yang mengatakan ia bisa terbang ke Korea Selatan karena tulisan essay yang dikirimkannya terpilih menjadi pemenang.

Pengalaman membaca buku kumpulan esai itu membuat aku berpikir, seberapa jauh tulisan bisa membawaku pergi? Apakah menjelajah luar negeri yang dulu terasa bagai mimpi? Apakah aku bisa menjadi seterkenal J.K. Rowling penulis favoritku saat sekolah dulu? Ataukah aku akan menjadi seperti Asma Nadia yang bisa menjelajahi negara-negara lain lewat novel dan film yang diadaptasi dari karyanya?


Harga Sebuah Ide Tulisan Bisa Membawamu Kepada Impianmu

 

Suatu hari, aku pernah juga memenangkan sebuah lomba menulis esai di Kompas Regional Semarang. Tulisanku masuk menjadi tiga besar dan mendapat hadiah 1 juta rupiah. Nominal hadiah yang menurutku cukup besar bagi anak mahasiswa yang masih ngekos kala itu. Dengan uang itu, aku bisa mentraktir teman kos yang mengantarkanku saat lomba. Saat lomba itulah, seorang petinggi Kompas bilang, “Tetap menulis ya, mba. Sebuah ide mungkin tidak bisa diwujudkan saat itu juga, tapi suatu hari itu akan sangat berharga.”

Aku tidak tahu maksudnya apa, tapi sekarang aku tahu. Sebuah tulisan bisa membawa pesan yang penting bagi dunia, bahkan sekecil apapun itu. Sebuah tulisan bisa membantu seseorang mengubah takdirnya, bahkan bisa membantu dirinya sendiri untuk keluar dari trauma masa lalu. Tulisan bisa menjadi terapi saat pikiran begitu suntuk karena pekerjaan atau hidup yang tidak sedang baik-baik saja.

Kalau kamu pernah baca tulisan Agustinus Wibowo dalam buku Titik Nol, kamu pasti tahu bahwa ada banyak kegelisahannya yang tertuang dalam buku itu. Buku Titik Nol membantunya untuk bertahan di masa-masa sulit selepas kehilangan ibunya. Buku itu pun menjadi best seller dan kini sudah cetak ulang berkali-kali.

Kalau kamu pernah baca buku Ahmad Fuadi, kamu pasti tahu novel islami Trilogi Lima Menara yang sangat legendaris zaman dulu. Ya, A. Fuadi mengisahkan tentang dunia pesantren dengan sangat baik dan menarik minat orang yang belum pernah tinggal di pesantren. Dunia yang digambarkannya akan membawa pembaca untuk ikut larut dalam cerita dan petualangan yang menyenangkan sekaligus mendebarkan.

Jika kamu pernah membaca buku Dewi Lestari berjudul novel Aroma Karsa, kamu pasti tahu bahwa di bab awal novel itu tergambar betapa mengerikannya sebuah tempat pembuangan akhir alias TPA, yang bikin seorang Jati Wesi menjadi sangat sensitif dengan aroma, ya... novel seperti itu tidak hanya mengubah pikiran saya tentang novel sastra Indonesia. Aku jadi ikut kepikiran bagaimana nasib orang yang hidup di TPA itu. Bagaimana nasib Indonesia jika TPA sudah penuh dengan sampah yang tak sempat diolah?

Dewi 'Dee' Lestari menulis novel Aroma Karsa dengan riset yang sangat detail dan mendalam. Ia membuat riset, kemudian mind map untuk memetakan pikiran dan karakter setiap tokohnya. Bahkan apa yang akan dihadapi para tokohnya pun dituliskan dalam mind map tersebut.

Sebuah buku baik fiksi atau non fiksi hadir bukan hanya sebagai kumpulan aksara, tapi sebuah buku mampu membawa pesan yang bisa mengubah orang, kehidupan sekitar dan dunianya. Sebuah tulisan bisa menjadi jembatan dunia nyata dan khayalan. Dunia di mana kita bisa menjelajahi imajinasi dan kreativitas penulisnya.

Sebuah karya bisa mengubah dunia sekecil apapun. Dan mengabarkan pada dunia betapa banyak impian yang bisa diciptakan dari 26 huruf alfabet.

Sebuah ide terbaik bisa membawamu menuju impianmu menjadi creator terbaik di sayembara lomba yang diadakan KWIKKU, platform menulis online yang sedang mengadakan Kompetisi KWIKKU dengan total hadiah senilai 500 juta rupiah. 

Mau tahu dong apa hadiahnya? 

Penasaran gimana cara ikut lombanya? Simak ya!

 



Kompetisi 500 Juta KWIKKU 2021 untuk Para Kreator Terbaik

 

Saat aku membaca sebuah lomba menulis novel yang diadakan oleh platform online bernama KWIKKU, aku pikir, kenapa baru sekarang tahu soal platform ini ya. Tahun lalu, ada kabar bahwa pemenang lomba menulis novel di KWIKKU mendapatkan apresiasi uang tunai sebesar 200 juta rupiah. Bayangkan saja, 200 juta untuk 1 novel! Wow!

Jangankan ngebayangin, kepikiran aja belum ya. Wekeke. Aku jadi teringat dengan obrolan tentang seberapa berharganya sebuah ide tulisan. Ternyata, sekarang KWIKKU pun sedang mengadakan Kompetisi 500 Juta KWIKKU 2021 yang terdiri dari lomba menulis novel, lomba webtoon dan lomba membuat cover buku dengan total hadiah sebesar 500 juta. Glek. Banyak banget, kan? :D

Udah kebayang belum duit segitu gedenya mau buat apa? Tahan dulu yaa... ngayalnya nanti dulu. Hehe.

Sekarang liat dulu deh, kok KWIKKU mau ya bayar mahal  untuk karya yang menjadi pemenang kompetisi? Jangan-jangan ada apa-apanya nih?

Yaps, lomba ini memang bertujuan untuk menyaring bibit penulis baru, sekaligus menjaring ide-ide yang unik dan orisinal untuk webtoon. Untuk novel nanti juga akan ada peluang untuk difilmkan juga. Selain itu, buat kamu yang suka bikin cover novel, Tim KWIKKU juga bakalan menyeleksi cover karya peserta lomba. Hadiahnya tentu saja besar juga. :D

 

Hadiah Kompetisi 500 Juta KWIKKU 2021 :

 

Era digital platform menulis kini sudah menjadi sebuah komoditas yang dinikmati oleh berbagai kalangan. Saat sebuah karya seperti novel dan webtoon yang diposting di media platform online seperti KWIKKU, hal ini akan mengasah dan melatih kita untuk menulis dan membuat webtoon dengan lebih kreatif. Karena feedback dari pembaca atau penikmat karya tersebut akan muncul di platform itu, praktis hal ini membuat karya tersebut berkembang sangat dinamis.


Rincian Hadiah Kompetisi 500 Juta KWIKKU 2021 : 


KWIKKU memberikan ruang terbaik pada para kreator untuk karya berupa novel, webtoon dan cover buku dengan total 500 juta rupiah. 





Dengan detail hadiah untuk para pemenang : 

1. Lomba Novel : Juara 1 (100 juta), Juara 2 (50 juta), Juara 3 (25 juta), Juara favorit (5 juta)

2. Lomba Webtoon : Juara 1 (100 juta), Juara 2 (50 juta), Juara 3 (25 juta), Juara Favorit (5 juta)

3. Lomba Cover Buku : Juara 1 (50 juta), Juara 2 (30 juta), Juara 3 (20 juta)


Nah, saat ini Kwikku sedang mengadakan #Kompetisi500JutaKwikku yang diselenggarakan sejak 4 September 2021 - 4 Desember 2021. Lalu, pengumuman pemenang  tanggal 5 Januari 2021. 

Tahun 2020 lalu, lomba ini berhasil mengumpulkan sebanyak 7000 karya untuk kompetisi ini. Nah, kira-kira tahun ini akan jadi berapa jumlah peserta kompetisi ya?





Syarat Kompetisi KWIKKU 2021 : 


 Syarat Umum

  • Peserta wajib mengikuti akun media sosial Kwikku di Kwikku.com (@kwikku) dan Instagram (@kwikku)
  • Peserta meng-install aplikasi Kwikku dari Playstore


Ketentuan Umum :

  • Karya harus orisinil
  • Satu orang dapat mengirim lebih dari satu karya
  • Tidak mengandung unsur SARA dan konten dewasa
  • Jika karya yang telah dipublikasi di platform lain atau telah diikutkan pada kompetisi sebelumnya, dapat mengikuti kompetisi ini
  • Kwikku memiliki first option bagi hak terbit dan hak eksplorasi untuk Novel/Webtoon yang menjadi pemenang


Ketentuan Novel :

  • Jumlah seluruh kata dalam satu novel minimal 55.000 kata
  • Naskah yang dipublikasi akan dikurasi oleh tim Kurator


Ketentuan Webtoon

  • Minimal 5 episode
  • Minimal 30 panel atau 30 slice per episode (ukuran file per slice adalah 700x1000px, maksimal 400kb)
  • Webtoon yang terpilih harus menyelesaikan seluruh episode
  • Webtoon yang dipublikasi akan dikurasi oleh tim Kurator
  • Webtoon yang menjadi pemenang akan menjadi ekslusif di platform Kwikku


Ketentuan Book Cover

  • Book cover yang dipublikasi akan dikurasi oleh tim Kurator
  • Ukuran cover berdimensi 14:21 (maksimal 2000x3000px), ukuran file maksimal 15Mb
  • Tidak mengandung gambar yang berhak cipta


Alur Kompetisi 500 Juta Kwikku 2021

Timeline Kompetisi 500 Juta Kwikku 2021 :

  • Pengiriman naskah dilakukan pada 4 September s.d. 4 Desember 2021
  • Short list naskah pada 5 s.d. 12 Desember 2021
  • Penilaian juri dilakukan pada 13 Desember 2021 s.d. 3 Januari 2022
  • Pengumuman pemenang pada 5 Januari 2022


Juri Kompetisi 500 Juta KWIKKU 2021 : 


Oiya, juri lomba novel, webtoon dan cover novel ini antara lain :

Penilaian kategori novel ada 5 juri yaitu A. Fuadi, Dewi 'Dee' Lestari, Agustinus Wibowo, Rintik Sedu dan Erica Febriani.

Juri untuk kategori Webtoon yaitu Faza Meonk, Christiawan Lee, Devita Krisanti, Sweta Kartika, dn Olvyandra Ariesta.

Juri untuk cover buku akan dinilai oleh Tim Art dari KWIKKU.


Tips Menang Lomba Menulis Novel KWIKKU:

 

Buat yang pengin menang lomba di KWIKKU, simak dulu deh tips berikut ini :


1.       Riset dengan detail

Setiap karya yang bagus dihasilkan dari kreativitas yang sangat matang dan terencana. Hal ini bisa terwujud jika penulis mampu meriset lebih dulu apa saja yang akan ia tulis sebelum membuat karya. Jadi memilah bahan dan menulis detail karakter, membuat mind map alur cerita juga bisa membantu penulis untuk lebih produktif menulis.

2.       Membuat karya lebih dulu, baru editing

Sebagian besar penulis kesulitan untuk memulai kata pertama. Padahal kita bisa belajar dari Agustinus Wibowo yang bilang bahwa menulis bisa dimulai dari mana saja, yang bisa kita lakukan kerjakan lebih dulu. Editing bab itu bisa dilakukan belakangan. Nah, hal ini juga penting untuk membuat karya kita menjadi lebih bagus. Editing itu penting, tapi lakukan setelah karyamu selesai ditulis.

3.       Buat Premis Lebih Dulu

Membuat premis dalam sebuah buku akan membantu penulis untuk fokus pada detail berikutnya. Hal ini karena premis sebetulnya yang akan menuntun penulis untuk bisa mendetailkan hal-hal kecil yang seringkali terlupa, seperti adegan sebelum klimaks, klimaks, karakter antar tokoh, maupun plot yang lebih matang. Premis membantu penulis tetap bisa fokus pada tujuan dari novel itu dibuat.

4.       Fokus pada Timeline Penulisan

Banyak yang mengabaikan hal ini : timeline membuat karya. Sebuah novel 55.000 kata sangat membutuhkan waktu yang panjang untuk ditulis. Misalnya saja kamu bisa menulis 2000 kata setiap hari dengan konsisten, maka butuh waktu 28 hari untuk menyelesaikan naskah novel itu. Tapi, ini belum termasuk riset dan editing. Jadi, pastikan saat kamu membuat karya kamu sudah bisa membayangkan kapan naskah tersebut akan selesai dikerjakan.





Nah, sudah tahu kan tips menulis novel yang bagus untuk kompetisi KWIKKU? Kompetisi KWIKKU ini akan berakhir dalam 39 hari lagi. Jadi buat yang mau ikut buruan daftar deh!

Untuk info detailnya klik aja di https://event.kwikku.com/

Semoga tips ini bermanfaat ya! Dan, selamat berkarya ya. ;)

Setiap orang bisa berkarya lho. Percayalah dengan bakat dan kerja keraslah untuk mewujudkannya! See you!

 

#PastiBisaBerkarya

#Kompetisi500JutaKWIKKU

2 comments:

  1. Pertanyaan itu juga terngiang di otakku, hemm entahlah. Wah, kwikku adain event buat penulis, nih, mantep banget hadiahnya. Nah, kalau menulis bisa meraih semua keinginan kenapa tidak. Mimpi, profesi, dan uang tidak jauh.

    ReplyDelete
  2. Kak, terima kasih sudah sharing ini :) sangat membantu sekali, sudah aku catat pula saran-saran dari artikel ini :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)