Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Monday, 1 November 2021

Tteokbokki - Kue Beras Tumis Pedas Ala Korea

 Tteokbokki - Kue Beras Tumis Pedas Ala Korea

Foto : koreanbapsang.com


Pada awal-awal populernya drama Korea di kalangan muda Indonesia, kimchi dan tteokbokki adalah dua menu yang membuat sebagian besar masyarakat penasaran. 

Makanan khas negri gingseng ini memang memiliki cita rasa yang tidak jauh dari selera masyarakat Indonesia. Tak heran, menu yang satu ini memiliki perkembangan yang pesat, bahkan sudah banyak disajikan di restoran-restoran ala Korea dengan harga yang beragam.


Sejarah Singkat Tteokbokki

Makanan tradisional Korea ini muncul pada saat dinasti Joseon. Tteokbokki menjadi masakan istana kerajaan Korea pada saat itu. Tteokbokki asli berwarna coklat dan polos, sementara tteokbokki modern berwarna merah dan memiliki rasa pedas setelah dikenalnya gochujang (pasta pedas yang terbuat dari cabai)

Saat ini, tteokbokki sebagian besar dianggap sebagai makanan jalanan paling populer yang tersedia di Korea Selatan (bersama dengan kimbap dan yang yeum). Namun, baru-baru ini, ada upaya untuk mengubah tteokbokki dari budaya makanan jalanan menjadi waralaba makanan karena permintaan yang terus-menerus akan tteokbokki di kalangan orang Korea.

Kamu bahkan dapat menemukan tteokbokki dalam kemasan yang dapat kamu seduh sendiri secara instan. Berikut resep masakan sederhana sehari-hari tteokbokki.


Resep Tteokbokki

Bahan-Bahan

  • 24 potong kue beras atau tteok

  • 4 ons kubis hijau 

  • 1 – 2 scallops

  • 1 - 2 daun bawang

  • 3 cangkir kaldu ikan teri atau air 

  • 3 sendok makan pasta cabai merah gochujang

  • 1 - 3 sendok teh gochugaru

  • 1 sendok makan kecap asin

  • 1 - 2 sdm gula pasir 

  • 1 sendok makan sirup jagung (jika suka)

  • 1 sendok makan bawang putih cincang

Cara Membuat Tteokbokki

  1. Buatlah kaldu dengan menggunakan ikan teri. Kemudian, rendam kue beras selama sekitar 20 menit jika kamu menggunaka kue beras frozen. 

  2. Potong kue ikan atau scallops, kol, dan daun bawang menjadi potongan-potongan kecil atau kira-kira sepanjang 2 inci.

  3. Siapkan panci besar dan tambahkan kaldu ikan teri (atau air) ke dalamnya. 

  4. Campurkan kaldu ikan teri, gochujang, gochugaru, kecap asin, gula pasir, sirup jagung, dan bawang putih cincang . Didihkan di atas api sedang sembari diaduk untuk melarutkan gochujang.

  5. Masukkan kue beras atau tteok ke dalam campuran saus, tunggu hingga tteok menjadi lembut dan campuran saus mengental.

  6. Kamu bisa menunggu hingga sekitar 8 - 10 menit. Aduk-aduk agar kue beras tidak menempel di dasar panci atau lengket.

  7. Tambahkan sayuran dan scallops ke dalam saus. Tunggu hingga mendidih, aduk – aduk secara terus menerus hingga kue beras mencapai tingkat kelembutan yang kamu inginkan.

  8. Kamu bisa menambahkan lebih banyak kaldu atau air jika perlu. Jangan lupa juga untuk mencicipi sausnya, dan sesuaikan bumbu jika perlu. 

  9. Sajikan tteokbokki dalam keadaan hangat.

Extra Note

  • Kamu bisa mendapatkan tteokk mentah di toko – toko online maupun tempat – tempat penjualan makanan beku lainnya. Namun, jika tersedia tteok yang tidak beku, maka akan lebih baik jika kamu mengambil yang tidak beku.

  • Kamu bisa mencoba kombinasi lain yaitu: 2 sendok makan gochujang, 2 sendok makan gochugaru yang ditumbuk halus, dan 1-½ sendok makan kecap. Bahan yang lain bisa kamu tambahkan dalam takaran yang sama.

  • Tteokbokki tidak dipanaskan dengan baik di microwave. Panaskan kembali sisa makanan bersama dengan sedikit kaldu atau air, dalam panci kecil dengan api yang kecil.


2 comments:

  1. Tteokbokki barusan mau masak makanan ini, memang tidak diragukan lagi enaknya apalagi buat perut kenyang dan banyak gizinya.

    ReplyDelete
  2. Hallo mba salam kenal, kayaknya ini kali pertama aku berkunjung ke blog ini.

    Belum lama ini aku belu tteobokki mba, padahal aku tau lidahku ga cocok sama makanan korea, tapi gara2 liat ada korean food pas lagi cari makan sama pak suami akhirnya aku beli, dan aku cuma makan 3 suap trs aku oper ke pak suami hahaha, akhirnya aku pesan nasi goreng.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)