Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Tuesday, 24 July 2018

[Panahan 101] Mengenal Klub Panahan Tegal


Kemarin aku main ke klub panahan di deket SMA 3 Tegal, SMA ku dulu. Tepatnya di SMP 15 Tegal. Pas nyampe sana jam 4 sore lebih dikit, aku liat yang main banyakan anak kecil umur 12 an, bahkan ada yang umur 6 th an gt, aku bengong haha. Ternyata, masih ada generasi yang bebas dari jajahan gadget. Fokus dengan target yang ada di dunia nyata, belajar serius. Fokus dengan skill dari kecil. Hehe

Aku pun kenalan dengan mba Kiki, pelatihnya. Pas kutanya sama dia, “Berapa jumlah anak yang ikut klub panahan, mba?” Dia jawab, "jumlah anaknya ada 20 an". Dan rata-rata latihan tiap hari. ((Tiap hari)) mau pingsan akutu. Haha. Tapi tumben hari itu cuma ada 5 orang anak. Katanya hari minggu sebelumnya tanding 2 ronde. Wew. :P

yang kiri itu target sejarak 10 meteran, yang di kanan target 20 meteran

Kupikir, anak-anak yang seperti ini, biasanya yang nanti di usia dewasanya fokus tertarget. Karena dari kecil udah dibiasain ada kegiatan positif di waktu-waktu luangnya. Iyaaa, mereka masih main kayak anak-anak pada umumnya. Haha hihi, metikin bunga atau rumput-rumput, ngobrol kalau selo. Namanya juga anak-anak. xD

Bedanya, waktu yang cuma 1,5 - 2 jam itu tiap hari, mereka belajar gimana caranya buat belajar fokus, belajar attitude. Di panahan diajari ambil anak panah kalau temen-temen lain udah selesai. Jadi nggak boleh egois. Kamu belajar juga tentang attitude, kalau misal kamu mau manah dan pas ada orang lain di sana, kamu harus minta ijin dulu biar orang tersebut ga kena anak panahnya. Karena walau anak panahnya bisa melesat 25 meter, tapi kalau pas meleset kena orang kan bahaya ya. Hehe. Makanya dianjurkan sih biar ga deket-deket area panahan. Ini aja tempatnya agak jauh dari keramaian. Jadi milih latihan di lapangan belakang SMP tersebut.


hasil panahan siapa ya lupa. wkwk. 25 meter (seingetku)


Di panahan juga diajari gimana caranya strategi, dan tetap tenang di saat yang lain udah selesai main. Ada seorang bapak bilang ke anaknya, "Panah terakhir itu harusnya kamu lesatkan dengan lebih tenang, lebih rileks, biarin temenmu udah selesai duluan. Tetap fokus sama targetmu sendiri."

Si bapak ini juga yang ngajarin aku tentang dasar-dasar memanah. Tips yang dia kasih untuk pemula lebih gampang kupahami. Wkwk. Padahal aku nunggu pak pelatih, pak Taufan Arif, tapi emang lagi ada latihan lain. Jadi diajari sama dia dulu. Trus pas kuliat alat-alat panahannya. Wow, pritilannya segambreng.


kira-kira pritilannya kek ginilah ya. xD banyak bener heuheu (doc : youtube klub panahan sumbar)

Kalau dibilang pritilan panahannya dibuat sesuai standar kompetisi ya... keknya sih iya. Soale target panahnya;  25 meter deh  seingetku dan pake standar alat-alat yang merk udah terkenal. Busur panahnya pake merk Cartel Sirius. Googling harganya bikin ternganga. Oh, mahal juga ya pak. :3 *nabung sik nek niat*

Kalau buatku ini masih awal-awal banget. Tapi buat anak-anak itu ya selain main, mungkin aja bisa diikutkan kompetisi. Bahkan anak yang tadi kubilang bapaknya ikut nemenin latihan, itu anak pritilannya paling lengkap di antara yang lain.

Tiba-tiba aku jadi inget film Dangal. Kata Aamir Khan, medali tak tumbuh dari pohon. Dia ditumbuhkan dan dirawat dengan kerja keras, cinta dan passion. Adalah wajar memupuk bibit-bibit terbaik itu mulai dari usia dini. Karena kalau sudah agak gede, udah susah buat ngelatihnya. Butuh effort luar biasa. Kalau bisa sejak usia SD.

Nah, kamu berminat mencoba olahraga panahan juga? Atau malah udah mencobanya? Share dong kesannya. Siapa tahu bisa ngajari aku juga. Eakk :D

6 comments:

  1. Seru juga ya olahraga memanah ...

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen coba olahraga memanah ...hehehe:)

    ReplyDelete
  3. Berarti selain olahraga memanah,kita juga dapat nilai edukasi nih....

    ReplyDelete
  4. Olahraga memanah memang keren banget, sebenarnya saya juga pengen tapi gak bisa:( hehhe

    ReplyDelete
  5. Dari dulu saya pengen banget olahraga ini tapi gak sempat-sempat mau coba ....

    ReplyDelete
  6. Yuuh ..., sampe sekarang belum nemu waktu yang tepat buat ikut belajar memanah.
    Padahal pengin banget nyobain.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)