Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Thursday, 10 May 2018

Wisata Jogja Pilihan Yang Instagramable


Wisata Jogja Pilihan Yang Instagramable

Musim liburan sebentar lagi telah tiba. Bagi yang punya banyak waktu libur, bisa mulai merancang liburanmu dari sekarang nih. Jika kamu ingin berlibur ke Jogja, kamu bisa mengunjungi beragam tempat wisata Jogja favorit ini dengan menggunakan rental mobil Jogja. Nah, apa saja wisata Jogja pilihan? Simak ya!

Masjid Jogokariyan


Masjid jogokariyan sangat unik karena jamaah yang datang ke masjid ini bukan hanya dari dalam Jogja, namun juga dari luar kota. Masjid yang sering digunakan Ustad Salim A Fillah untuk berdakwah ini memiliki .beragam kegiatan di bulan Ramadhan. Bagi jamaah dari luar kota, jamaah bisa menyewa 11 kamar yang ada di dalam kawasan masjid yang memang disewakan. Masjid ini tergolong tua karena sudah berdiri sejak 1966. Terletak di Jalan Jogokariyan Nomor 36, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, ini, masjid ini menjadi ramai jamaah shalat subuh. Gerakan shalat subuh berjamaah ini sudah rutin dilakukan sejak lama.

Masjid yang memiliki 3 lantai ini membuat jamaah yang menyewa ruangannya sangat betah karena terdapat 11 kamar yang disewakan untuk umum. Dengan pendingin ruangan, televisi, kasur besar, dan kamar mandi berair panas ini dengan harga Rp150 ribu/malam, harga sewa kamar yang cukup terjangkau ya.

Saat bulan Ramadhan tiba, akan diadakan beragam kegiatan islami yang bertajuk Kampoeng Ramadhan Jogokariyan.


Kota Gede

Nama kota gede diambil dari nama kawasan Kota Lama Kotagede, yang terletak di perbatasan kecamatan ini dengan kabupaten Bantul di sebelah selatan. Sebelum 1952 wilayah ini merupakan bagian dari kasunanan Surakarta (merupakan sebuah eklave). Nah, awalnya, Kotagede adalah nama sebuah kota yang merupakan ibukota Kesultanan Mataram, selanjutnya kerajaan terpecah menjadi kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Gang-gang di dalam Kota gede membuatmu bisa belajar mengenal sejarah, rahasia, mitos dan legenda yang ada di sana. Pada abad ke-16 Panembahan Senopati, Raja Mataram ke-1 membuka hutan mentaok sebagai kerajaan tengah. Ada 170 rumah dengan arsitektur asli jawa yang telah dibangun sejak abad 17 di Kotagede.

Saat melakukan walking tour di Kota Gede, kamu juga bisa berinteraksi dengan abdi dalem dari kesultanan Yogyakarta dan menemukan jejak kesultanan Mataram. Di balik gerbang makam Raja-raja kota gede, tersimpan cerita akulturasi budaya dalam arsitektur bangunannya di era kesultanan Mataram Islam yaitu kombinasi antara kebudayaan Islam dan Hindu.


Baca juga : Cerita tentang Jogja : Jogja Berhati Nyaman 


Sewu Watu

Tempat wisata di jogja ini unik. Dengan biaya masuk Rp 2000/orang, biaya parkir sepeda motor 2 rb, mobil 5 rb. Kamu bisa mencoba naik flying fox dengan membayar biaya sebesar 15 rb/sekali main. Sewu watu menjadi pilihan wisata selain kediwung dan hutan pinus.

Dengan konsep Rumah Seribu kayu Songgo Langit, Sewu Watu dibangun dengan sentuhan etnik yang menarik. Sewu Watu terletak di Imogiri, Jogja. Banyak spot foto instagramable di Sewu Watu antara lain : hammock, rumah hobbit, rumah kayu, tangga bersusun kayu yang instagramable, atau sepetak bunga cantik yang sedang bermekaran yang membuatmu serasa di musim semi. Di sini juga terdapat air terjun yang airnya membuatmu ingin berlama-lama berwisata di Sewu Watu. Ada yang pernah mencobanya?


Waduk Sermo

Di waduk Sermo kamu bisa berfoto dengan latar indah danau di taman bambu air. Kamu juga bisa ngopi cantik di danau ini karena ada spot favorit wisatawan yaitu kursi yang berlatar Waduk Sermo.


Taman bambu air sermo kulon progo berada di area dermaga II Waduk Sermo tepatnya di dusun Sermo Tengah, desa Hargowilis, kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta. Untuk mencapai tempat wisata Jogja ini, kamu bisa menggunakan mobil pribadi maupun rental mobil Jogja di OmoCars Jogja.

Untuk rute kamu bisa menggunakan rute mulai dari kota Jogja ammbil arah menuju Wates, selanjutnya ikuti jalan hingga sampai Patung Kuda barat Alun-alun, setelah itu ikuti arah menuju Waduk Sermo. Kalau kamu bingung, kamu bisa lho nanya ke warga yang ada di sekitar danau. Untuk biaya masuk ke dermaga waduk Sermo dikenakan biaya sebesar 5 rb per orang.



 Baca juga  : 7 Wisata Jogja Yang Menjadi Destinasi Liburan Impian


Goa Pindul

Jogja memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun sahabat. Bagi kamu yang suka kegiatan outdoor, kamu bisa cobain ikutan arung jeram atau cave tubing di goa pindul ini. Goa yang terletak di desa Bejiharjo, Karang mojo, Gunung Kidul, Jogjakarta bisa digunakan untuk cave tubing. Kegiatan ini dilakukan dengan cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua. Kegiatan dimulai pukul 7.00-17.00.


Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus Mangunan merupakan hutan pinus yang instagramable. Bagi yang suka kegiatan hiking, kamu bisa menyusuri hutan pinus yang luas sekali. Terletak di daerah Mangunan, hutan pinus ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Ada beragam tempat menarik yang bisa kamu kunjungi, misalnya kebun buah Mangunan, hutan Pinus, jurang Tambelan, Pinus Pengger, Pinus Asri Karangasem, Bukit Pangkuk Kediwung, Seribu Batu Songgo Langit, Bukit Lintang Sewu, Air Terjun Randusari, dan Grojogan Lepo Dlingo.



Nah, ada beragam wisata Jogja pilihan yang instagramable. Kamu berminat liburan ke mana? Share dong di komentar. ;)

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)