Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Monday, 25 December 2017

Edible Flowers : Bunga yang Bisa Dimakan


Edible flowers adalah istilah untuk jenis tanaman bunga yang aman untuk dikonsumsi. Tekstur, rasa, dan aromanya yang unik menjadikan bunga kini makin populer sebagai bahan kreatif dan inovatif dalam dunia kuliner. Edible flowers sendiri sangat populer di era Victoria selama pemerintahan Ratu Victoria. Bunga telah lama digunakan sebagai bahan campuran dalam teh dan sebagian lainnya dikeringkan untuk ramuan obat tradisional.


Di luar negeri, menambahkan bunga dalam salad, ice cream, dan minuman sudah bukan hal baru lagi. Satu hal yang sangat penting diketahui adalah tidak semua bunga bisa dimakan. 
Berikut adalah bunga2 yang bisa dimakan:

1. Calendula (Marigold)
2. Carnation (Dianthus)
3. Krisan (Chrysanthemum)
4. Aster 
5. Nasturtium
6. Pansy
7. Mawar
8. Bunga Matahari
9. Lavender
10. Daylily

Tips makan Edible Flowers :
1. Pastikan untuk menghindari penggunaan bunga yang telah disemprot dengan pestisida atau bahan kimia lainnya. 
2. Saat memasak atau menyajikannya, bersihkan terlebih dahulu dengan mencucinya lembut di dalam wadah besar berisi air dingin. Olah segera atau simpan di lemari es hingga satu minggu dalam wadah kedap udara yang dilapisi dengan handuk lembab.
3. Jangan menggunakan bunga yang tumbuh liar di pinggir jalan
4. Kenali edible flowers dan konsumsilah hanya bagian yang bisa diperbolehkan.
5. Selalu ingat untuk memanfaatkan bunga secukupnya karena komplikasi pencernaan bisa terjadi ketika dikonsumsi secara berlebihan

sumber : ig @rifaghn

1 comment:

  1. Saya baru tau kalo ada bunga yang bisa dimakan. Menarik juga hmm

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)