Saturday, 12 July 2014

Kajian Ramadhan : Tata Cara Membayar Fidyah dan Zakat

            Puasa Ramadhan bagi setiap muslim yang sudah akil baligh adalah hukumnya wajib. Namun, ada beberapa orang yang mendapatkan keringanan ketika tidak bisa melaksanakannya misalnya : sakit, wanita menyusui, maupun hamil. Jika tidak bisa berpuasa, maka ia bisa membayar hutang puasanya di bulan lain.


        Nah, jika seseorang yang mendapatkan halangan untuk berpuasa tersebut ternyata setelah sampai pula pada Ramadhan selanjutnya namun belum membayar hutang puasanya, maka ia harus membayar puasa dengan qadha puasa dan denda fidyah.

            Bagi yang membayar fidyah itu senilai 1,5 kg bahan makanan pokok atau 1 kali makan orang miskin. Untuk membayar kewajiban baik fidyah maupun zakat, tidak boleh menggunakan uang. Harus dibayar dengan makanan pokok. Misal : orang yang bolong puasa selama 10 hari Ramadhan membayar 10 fidyah ini untuk 10 orang, boleh juga untuk 1 orang. Tapi tidak boleh untuk 20 orang.

            Lalu, ada pula puasa yang masuk puasa terlarang yaitu puasa sunnah di akhir bulan Syaban. Ada dua orang yang dibolehkan berpuasa di akhir syaban : orang yang masih mengqodho puasanya, dan orang yang sudah terbiasa berpuasa sunnah(misal : puasa senin dan kamis).

            Di akhir Ramadhan, seorang muslim wajib membayar zakat. Pembayaran zakat fitrah itu dikeluarkan oleh seorang muslim untuk dirinya atau orang yang ditanggungnya. Besarnya adalah 1 sha’ yang setara dengan 2,5 kg atau 3 kg. Tapi ada yang lebih suka membayar 3 kg, karena penyempurnaan dari 2,7 kg. Zakat dikeluarkan hanya di waktu akhir-akhir bulan Ramadhan. Waktunya sebelum khatib naik mimbar. Jika ada bayi yang dilahirkan bertepatan saat fajar di hari raya Ied Fitri, bayi itu dikenakan membayar zakat juga. 

2 comments:

  1. wah berguna sekali mbak mengingatkan saya jadi ingat takaran buat Zakat...terima kasih y mbak smga kita bisa zakat tahun ini aamiin

    ReplyDelete
  2. tahun ini aku pertama kali bayar fidyah gara2 double, hamil plus nyusuin :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)