Tuesday, 24 December 2013

Cara Mengklaim Pembatalan Tiket Kereta Api

proses klaim tiket kereta api yang dibatalkan
Sejak sabtu kemarin hawanya saya pengen marah-marah terus. Terpaksa membatalkan acara yang udah diiyain, padahal tinggal berangkat aja. Saya tau konsekuensinya, tapi lebih parah lagi kalo yang ngomelin saya itu orang tua saya sendiri. Oke, skip bagian ini. Saya udah males bahas lagi. -_-


Jadi karena batal ga jadi ke Jakarta, tiket PP pake kereta api yang udah dibeli terpaksa sekali dibatalkan. Tapi cuma tiket pulangnya aja yang bisa diklaim, karena yang satunya ga sempet klaim. 
ya gini deh antriannya 
Senin pagi saya pergi ke stasiun, nanya ke satpamnya, ditunjukin suruh ke bagian CS dulu. Lalu saya bilang soal klaim tiket yang mau dibatalkan. Karena saya ga gitu ngerti prosedurnya, saya iyain aja soal nanti ngambilnya di mana. Setelah isi data diri berisi nama, alamat dan no hp, saya diminta ngasih fotocopy ktp dan nunjukin tiket kereta. Karena ga ada fc ktp, jadi dicopikan di situ sekalian sama mbak CS nya. 

Ternyata ada dua pilihan untuk pengembalian uangnya, bisa transfer ataupun manual. Kalo manual berarti diambil di stasiun yang ditunjuk oleh pengklaim tiket. Tiket yang diklaim hanya boleh tiket kereta dengan batas waktu klaim maksimal 30 menit sebelum pemberangkatan. Itu pun uangnya bisa kembali hanya 75 % dari harga tiket yang sebenarnya. Proses pengembalian uang baru bisa cair setelah 30 hari. Udah itu aja sih. Semoga lain kali ga gini lagi. Sumpah, saya capek, capek ngantri dan capek hati. >.<

7 comments:

  1. loh kok, saya gak segitu ribetnya...
    kak ila ini baru pertama kali ngebatalin tiket?!

    saya sering anterin saudara saya ngebatalin tiket. yang penting sekitar 30 menit sebelum keberangkat atau berapa jam gitu udah dibatalin jadi tiketnya bisa dipake orang lain. duitnya juga gak nunggu sampe 30 hari. begitu pembatalan langsung menerima uangnya balik, dan iya tentu saja dikurangi .

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru pertama kali ini, Tia. kayaknya ketentuan baru, jadi mungkin beberapa kereta tujuan tertentu ga bisa langsung dibalikin uangnya.

      Delete
  2. owh baru tahu saya mbk hehe,,,yang sabar ya,semoga ada hikmahnya,,dan bisa jalan2 ke jakarta^^

    ReplyDelete
  3. Sabar mbak Ila :)

    Next time smoga bisa ke Jakarta ya mbak dan bisa ketemu kita ^^

    ReplyDelete
  4. ceritanya persis saya sist.. hehehe
    melelahkan hati. tapi gp2 anggep saja sebagai pengalaman. :D

    ReplyDelete
  5. Kalo tiketnya atas nama saya tapi dipake sodara gimana? Bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba langsung ke CSnya aja, kak. Biar lebih jelas ya. :)

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)