Friday, 19 April 2013

Blue Ocean Strategy dalam Bisnis Baju Anak Branded

dress anak harga grosir


Bisnis online shop yang saat ini menjamur di kalangan masyarakat kita, memberi angin segar bagi terciptanya suasana ekonomi yang lebih stabil. Tentu, dengan adanya persaingan yang ketat dan pasar yang stategis, para pengusaha online akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Bagaimana cara agar tetap bisa fokus pada bisnis online ini dan mendapatkan hasil yang memuaskan? Saya mengambil contoh untuk bisnis baju anak branded murah dengan cara menjual baju anak grosir. Tentu ini menjadi pilihan bagi para konsumen untuk melirik produk yang ditawarkan. Branded saja sudah menjanjikan bahwa produk kita bagus, apalagi dengan tambahan harga murah ala grosir.

salah satu produk baju anak branded
Ya, ada stateginya. Yaitu, strategi bisnis terfokus pada menciptakan pangsa pasar baru yang luput dari bidikan kompetitor. Biasanya disebut Blue Ocean Strategy. Dibandingkan dengan kita mengerjakan bisnis dalam ranah red ocean strategy, yang artinya kita harus menghabiskan banyak tenaga dan biaya untuk menekan rendahnya angka persaingan yang semakin fantastis. Yap, tanpa kita harus bertarung dalam memperebutkan pasar dan  tentu ini tidak sampai harus berdarah-darah dan saling mengalahkan. Yaitu dengan menciptakan peluang pasar baru yang belum dijelajahi oleh para kompetitor kita.

Lalu apa saja yang harus dilakukan? Yaitu dengan
1.       Diferensiasi :
Produk baju yang kita punya harus memilik daya beda. Nah, dalam bisnis baju anak branded menyasar usianya konsumen, yaitu anak-anak. Perbedaan yang unik akan membuat konsumen memilih produk yang kita tawarkan. Pembeda lainnya bisa dalam bentuk pelayanan, service, garansi, kecepatan pengiriman, dan keamanan produk artinya produk kita akan tepat sampai pada konsumen dan tidak nyasar ya.
2.      Inovasi produk
Inoasi dibutuhkan misalnya dalam bentuk warna dan juga variasi desain. Baju branded yang dipilih bisa dipilih sesuai dengan warna yang soft, cerah dan juga desain yang elegan tapi tetap dengan harga yang murah ala grosir.
3.      Penciptaan nilai kreativitas baru
Kreativitas bisa macam-macam bentuknya, bisa dalam bentuk pemasaran dengan system reseller yang memberi kemudahan diskon dalam berbelanja, atau bisa juga dengan memberi keagenan tanpa minimal pembelian di awal. Jadi, bisa dipastikan keagenan tidak membatasi mereka, para reseller untuk menjual lebih mudah di awal kerjasama.

Nah, sudah mulai paham ya apa yang perlu dikerjakan agar blue ocean stategy dalam bisnis baju anak branded bisa tetap sasaran? Mari kita kerjakan ya. ;)

7 comments:

  1. keren banget lah, sampe nemu istilah blue ocean di blog mba... kuereeeenn hehe..
    kalo boleh ngasih tambahan mba, kalo di online, kita bisa tau kita lagi bertarung di red ocean atau blue ocean itu, bisa di cek di google adword... nanti ada riset kata kunci... :)

    ReplyDelete
  2. bagus nih postingannya buat mereka yg berminat dlm bisnis ini ya :)

    ReplyDelete
  3. aku beli baju anak perempuan paling cuma untuk kado aja, maklum agak ada anak perempuan :)

    ReplyDelete
  4. Bagus artikelnya... Semoga berguna bagi yang hendak berbisnis online :)

    ReplyDelete
  5. salam kenal ya :D
    saya asmie terima kasih sudah berkomentar di tulisan saya di blog nya mbak ely, [Cowok Yang Gak Banget]

    btw postingannya bagus, mula bisniss dari muda :D

    ReplyDelete
  6. baca postingan ini jadi ingat skripsi saya yang tempo lalu, pakai tools Blue Ocean Strategy. Kalau ini langsung diterapkan kelapangan, mantabb :D

    ReplyDelete
  7. artikel yang menarik..apalagi buat para blogger yang berminat terjun kebisnis baju... :-)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)