Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Selasa, 10 Mei 2022

Kumpulan Ayat Al Quran Tentang Jodoh

Kumpulan Ayat Al Quran Tentang Jodoh


Ayat Al Quran tentang jodoh pastinya membahas seputar jodoh bagi setiap manusia yang sampai saat ini masih menyendiri alias jomblo. Ada beragam potongan ayat Al Quran perihal pasangan hidup atau jodoh. 


Lantas, ayat Al Quran mana sajakah yang menceritakan tentang jodoh? 


Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 





Inilah 5 Ayat Al Quran Tentang Jodoh


QS. Ar Rum ayat 21


Ayat Al Quran pertama yang menceritakan tentang jodoh, yakni QS. Ar Rum ayat 21. Adapun mengenai bunyi bacaan beserta artinya seperti berikut:


Wa min aayaatihi an kholaqo lakum min angfusakum azwaajal litaskunuu ilaihaa wa ja’ala bainakum mawaddataw warakhmah. Inna Fii dzaalika la aayatil liqoumiy yatafakkarun.


Artinya : Dan di antara tanda-tanda (kebesaranNya) ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa ternteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. 


QS. An Nur ayat 26


Selain surat Ar Rum, di dalam QS. An nur ayat 26 juga menceritakan tentang agar kita senantiasa memperbaiki akhlak untuk mendapatkan jodoh yang seimbang. 


Alkhobiitsaatu lilkhobiitsiina wal khobiitsuuna lilkhobiitsaat wath thoyyibaatu lith thoyyibiina wath thoyyibuunalith thoyyibaat. Ulaaaika mubarrauuna mimma yaquuluna lahum maghfirotuw wajron karim


Artinya : Wanita-wanita yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk wanita yang keji (pula), sedangkan wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk wanita yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga). 


QS. An Nahl ayat 72


Allah SWT sudah pasti akan menjamin rezeki pada setiap makhluknya, termasuk manusia yang sudah berkeluarga. Maka dari itu, yang masih menjomblo dan belum mapan tidak perlu berkecil hati karena Allah SWT akan memberikan rezeki. 


Wallahu ja’ala lakum min angfusakum azwaajaw waja’ala baina wakhafadzataw warazaqokum minath thoyyibaat. Afabil baathili yuminunan wa bini’matillaahi hum yakfuruun


Artinya : Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami istri) dari jenis kamu sendri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?


QS Asy Syura ayat 11


Dalam QS Asy Syura ayat 11 ini menjelaskan tentang kelapangan rezeki bagi mereka yang menikah. Sedangkan bagi mereka yang masih menyendiri dan belum siap untuk menikah, maka tidak perlu takut sebab Allah akan mencukupi rezekinya. 


Faathirus samaawaat wal ardhi ja’ala lakum min angfusikum azwaajaw waminal’an’aami azwaajaa. Yadzra ukum fiihi laisa kamitslihii syaiun wahuwas sami‘ul bashiir


Artinya : (Allah) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu pasangan-pasangan dari jenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga). Dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. 


QS Al Hujurat ayat 13


Yaaa ayyuhan naasu innaa kholaqnaakum min dzakariw wa untsaa waja’alnaakum syu’uubaw waqobaaila lita’aarofuu


Artinya : Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)