Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Selasa, 10 Mei 2022

10 Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Secara Rutin, Terhindar Dari Kemiskinan

10 Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Secara Rutin, Terhindar Dari Kemiskinan 


Surat Al Waqiah adalah surat ke-56 dalam Al-Quran yang terdiri atas 96 ayat. Jika rutin membacanya, maka kamu akan mulai bisa merasakan manfaat surat Al Waqiah dalam jiwa. 


Manfaat baca surat yang termasuk dalam golongan surah Makkiyah ini sering dikaitkan dengan kelimpahan rezeki serta dijauhkan dari kemiskinan. Manfaat baca surat Al Waqiah adalah wujud amalan yang akan terus mengalir dan bisa didapat untuk mencari ridha Allah SWT. 




Untuk lebih jelasnya, berikut ini terdapat 10 manfaat membaca Surat Al Waqiah yang bisa kamu dapatkan jika membacanya secara rutin :


Terhindar Dari Kemiskinan


Jika membaca surat Al Waqiah secara rutin, maka kamu akan terhindar dari kemiskinan. Kamu pun akan senantiasa mendapat pahala dan rezeki yang berlimpah. 


Tidak Akan Ditimpa Kefakiran


Manfaat baca Surat Al Waqiah secara rutin selanjutnya adalah niscaya tidak akan ditimpa kekafiran. Allah SWT sangat membenci kefakiran. 


Surat Kekayaan (Dimudahkan Mendapatkan Rezeki Halal)


Manfaat selanjutnya adalah surat Al Waqiah merupakan surat kekayaan. Dengan membaca surat Al Waqiah secara rutin maka kamu akan dimudahkan dalam mendapatkan rezeki yang halal. Selain itu, nikmat Allah SWT pun akan senantiasa terus mengalir. 


Seluruh Hajat Yang Berhubungan Dengan Rezeki Akan Ditunaikan 


Jika kamu membaca surat Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah semua hajatmu yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki akan ditunaikan oleh-Nya. 


Akan Dilindungi Dari Kemudharatan Dunia


Dengan rutin membaca surat Al Waqiah, kamu akan terlindungi dari kemudharatan dunia. Jika seorang wanita atau gadis membaca surat ini maka dirinya akan terlindungi dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus dijauhkan pula dari kemiskinan. 


Islamic centre


Mendapatkan Kekayaan Dan Rezeki Berlimpah


Jika kamu rutin membaca surat Al Waqiah sebanyak 14 kali setelah sholat Ashar, maka kamu akan mendapatkan kekayaan dan rezeki berlimpah yang tidak akan ada habisnya. 


Dimudahkan Sakaratul Maut


Manfaat rutin membaca surat Al Waqiah selanjutnya adalah akan dipermudah sakaratul maut. Jika surat Al Waqiah dibacakan untuk orang yang sedang sakaratul maut, maka ruh orang tersebut akan dipermudah untuk terlepas dari jasadnya, sehingga ia tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama. 


Mendapatkan Syafaat Pada Hari Akhir Atau Hari Kiamat


Diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Rasulullah SAW bersabda :


Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata : “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117). 


Mendapatkan Ketenangan Jiwa Dan Raga


Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata bahwa : “Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117). 


Mengajarkan Tauhid Kepada Umat Muslim


Manfaat baca surat Al Waqiah secara rutin yang terakhir adalah akan mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah SWT dan membuat seseorang semakin yakin jika Allah SWT sudah mengatur semuanya dengan baik termasuk juga dalam hal rezeki. 


Lantas, kapan waktu yang tepat untuk membaca surat Al Waqiah? Disebutkan dalam sejumlah hadits Nabi SAW bahwa waktu paling tepat untuk membaca surat Al Waqiah adalah pada malam hari dan saat shalat subuh. 


1 komentar:

  1. Memang manfaat membaca surat al-waqiah secara rutin banyak banget, pasti di beberapa sekolah ada yang setiap pagi mewajibkan membaca surat ini begitu pun di kehidupan sehari-hari perlu dipraktikkan. Terima kasih ilmunya.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)