Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 31 March 2021

Yu Gwan-sun : Pejuang Gerakan 1 Maret 1919 di Korea

 🌼 Yu Gwan-sun : Pejuang Gerakan 1 Maret 1919 di Korea 🌼


Tahukah kamu bahwa Korea dan Indonesia merdeka di tahun yang sama yaitu tahun 1945? 

Pahlawan korea- gerakan 1 maret


Jepang pernah berkuasa di Korea sejak 1910-1945. Selama kekuasaannya Jepang terkenal sangat keras, mereka memerintah secara kejam dengan kekuatan militer, oleh karenanya bagi orang Korea yang mencoba melawan, atau membangkang akan langsung dieksekusi di dalam penjara Seodaemun. 




Ada perempuan bernama Yu Gwan-sun yang merupakan salah satu tokoh pergerakan aksi 1 Maret 1919. Aksi ini bergulir hingga 1 tahun. Namun, nasib Yu Gwan-sun sangat tragis. Ia meninggal karena disiksa di penjara demi membela dan memperjuangkan kemerdekaan negaranya. 




Gerakan 1 Maret masih diperingati di Korea, baik Korea Utara maupun Korea Selatan sebagai hari libur nasional. 




Oh iya, penjara Seodaemun kini dijadikan museum bersejarah untuk memperingati perjuangan kemerdekaan di Korea. Kamu bisa mengunjunginya saat ke Korea Selatan ya. 



Ada juga film Korea berjudul A Resistance yang merupakan adaptasi kisah nyata perjuangan Yu Gwan-sun demi kemerdekaan negaranya. Kamu bisa tonton film ini ya. 



Sumber :

 https://www.nytimes.com/2018/03/28/obituaries/overlooked-yu-gwan-sun.html

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Yu_Gwan-sun

https://kumparan.com/potongan-nostalgia/melihat-penderitaan-para-tahanan-korea-lewat-seodaemun-prison-history-museum-1502799041072

http://world.kbs.co.kr/service/contents_view.htm?lang=i&board_seq=358860


@koremb.idn @sahabatkorea_ 

#SK2021 #SahabatKorea2021 #koreaselatan #SK2021_Maret #SahabatKorea



1 comment:

  1. Sebenernya Indonesia, China, Korut dan Korsel, sama2 pernah menderita di tangan Jepang ya.

    Tapi Indonesia memang lebih pemaaf, dan cepet melupakan.

    Tapi aku ngeliat sendiri pas ke Korut terutama, orang2 sana belum bisa melupakan kekejaman Jepang. Sekali aku main ke museum perjuangan di Korut, dan guidenya sempet bilang, 'suatu saat kami akan membalas jepang'

    Jujur aku serem pas denger dia ngomong gitu. Walopun aku ga yakin dr segi teknologi dan militer Korut bisa mengimbangi Jepang, tp ga kepengen aja ada perang lagi antara jepang dan Korut ... Kalo Korsel dan China seharusnya juga ga terlalu bermasalah lagi yaaa, walopun aku ngeliatnya Korsel lebih Deket ke China sih hubungannya :D.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)