Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 31 March 2021

Gerakan 1 Maret di Indonesia dan Korea

 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉGerakan 1 Maret di Indonesia dan Korea๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ท


Tahukah kamu bahwa di Indonesia dan Korea memiliki sejarah yang hampir sama? Selain sama-sama merdeka di tahun 1945,  Indonesia dan Korea juga mempunyai sejarah pergerakan aktivis melawan penjajah di bulan Maret, tepatnya di tanggal 1 Maret. 


Sejarah korea dan pahlawan korea



๐ŸŒผ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐ŸŒผ


Untuk Indonesia, tercatat sejarah adanya Serangan 1 Maret 1949 yang dilancarkan pasukan di bawah komando Jendral Sudirman. Meskipun beliau sempat sakit, namun tetap melaksanakan rencananya untuk menggempur pertahanan tentara Belanda di Yogyakarta. 


Rencana pun berhasil. Sejak pagi pukul 6 pagi, kota Yogyakarta berhasil dikuasai hingga 6 jam. Inilah yang disebut dengan Serangan Umum 1 Maret.

Pahlawan Indonesia Jendral sudirman


๐ŸŒผ๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ท๐ŸŒผ


Sedangkan di Korea, gerakan 1 Maret disebut Samil Undong yang memulai pergerakan aksi protes melawan kolonialisme Jepang dengan aksi turun ke jalan. 


Sejak adanya gerakan 1 Maret, rakyat terang-terangan melawan tentara Jepang dan semakin banyak yg membuat kelompok-kelompok untuk mendukung gerakan kemerdekaan. 

Dosan - Ahn Changho


Dua pahlawan dari Korea ini antara lain Ahn Chang-ho dan Yu Gwan-sun yang kini dijadikan pahlawan nasional Korea. Kamu bisa melihat patung keduanya ada di Korea dan dibuatkan museum juga. 


Ahn Chang-ho mendirikan Shinminhoe (Masyarakat Korea Baru) ketika dia kembali ke Korea dari AS pada tahun 1907. Itu adalah organisasi terpenting untuk melawan pendudukan Jepang di Korea.


Ahn Chang-ho adalah salah satu dari dua orang yang menulis lirik Aegukga, lagu kebangsaan Korea.


Selain telah membantu terbentuknya gerakan kemerdekaan, dia juga ingin mereformasi karakter orang Korea dan seluruh sistem sosial Korea. 


Pahlawan wanita korea
Gerakan 1 Maret 1919 di Korea 

Gerakan 1 Maret juga terjadi di Korea. Melalui tangan Yu Gwan-sun, pergerakan aksi protes kolonialisme Jepang dimulai.

Dia mengajak banyak orang untuk ikut serta dalam aksi protes agar kemerdekaan Korea dapat segera diraih.

Yu Gwan-sun meninggal di penjara saat berusaha memperjuangkan kemerdekaa bangsanya dari penjajahan Jepang.


Sumber : 

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Yu_Gwan-sun

https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/01/160000669/jenderal-sudirman-tetap-semangat-bergerilya-meski-sakit

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Ahn_Changho


@sahabatkorea_

@koremb.idn

#SahabatKorea2021 #SahabatKorea #SK2021_Maret #SK2021 #SK21_Maret #PahlawanIndonesia #PahlawanKorea #Gerakan1Maret #SamilUndong



No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)