Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Sunday, 24 January 2021

Inilah 7 Cara Menghilangkan Bau Badan

Cara mengatasi bau badan berlebihan


Bau badan yang tak sedap tentunya akan membuat kamu merasa tidak percaya diri. Selain itu, bisa membuat orang-orang yang dekat di sekitarmu menjadi terganggu dan tidak nyaman.

Biasanya bau badan ini muncul saat seseorang banyak berkeringat. Akan tetapi, pemicunya bukan berkeringat, tapi bakteri yang ada di kulit. Ketika tubuh banyak berkeringat, bakteri yang ada di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein keringat menjadi zat asam, sehingga aroma badan pun menjadi tidak sedap.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau badan.

Nah, inilah cara menghilangkan bau badan yang efektif : 


7 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Efektif :


  1. Bawang Putih

Cara menghilangkan bau badan yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai anti bakteri. Sedangkan aroma menyengat pada bawang putih disebabkan adanya kandungan senyawa sulfur di dalamnya yang disebut allicin. 


Untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk menghilangkan bau badan dengan efektif, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :


  • Haluskan 3 siung bawang putih.

  • Lalu oleskan pada ketiak, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.


  1. Temulawak

Selain terkenal sebagai tanaman herbal yang sangat baik untuk kesehatan, temulaawak juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau badan secara alami. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain, seperti flavoinoida dan sapomin yang bisa menghilangkan bau badan.


Cara menggunakan temulawak untuk menghilangkan bau badan juga cukup mudah:

Parut temulawak hingga halus. Lalu beri air sambil diperas. Kemudian tambahkan 1 sdt madu untuk menghilangkan baunya. Setelah itu, minum air perasan temulawak tersebut. 


  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menghilangkan bau badan. Karena kandungan mineral dan anti bakteri pada daun jambu biji ini mampu membunuh kuman yang menyebabkan bau badan. 


Cara menggunakan daun jambu biji untuk menghilangkan bau badan juga cukup mudah sebagai berikut :


  • Tumbuk halus 3 lembar daun jambu biji.

  • Lalu oleskan pada ketiak.

  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. 


  1. Mandi Secara Teratur

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah mandi secara teratur. Saat kamu mandi secara teratur sebanyak 2-3 kali sehari, ini adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan bau badan. Pada saat mandi, pastikan area tubuh yang sering berkeringat dibasuh dengan bersih dan menyeluruh. 


  1. Menggunakan Sabun Antibakteri

Untuk menghilangkan aroma tubuh yang kurang sedang, sebaiknya kamu pakai sabun antibakteri saat mandi. Karena, sabun jenis ini diklaim mampu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan, sehingga bau badan pun akan berkurang. Tapi, sabun jenis ini tidak cocok digunakan orang yang memiliki kulit sensitif. 


  1. Keringkan Badan Dengan Benar

Setelah selesai mandi, pastikan kamu selalu mengeringkan tubuh dengan benar, terutama pada area tubuh yang banyak menghasilkan keringat, seperti ketiak.


Caranya yaitu dengan mengusap lembut bagian tubuh menggunakan handuk sampai kering. Dengan begitu, bakteri penyebab bau badan akan sulit berkembang biak. 


  1. Gunakan Deodorant

Bau badan biasanya dikaitkan dengan bau ketiak. Nah, untuk mengatasi bau ketiak ini kamu bisa menggunakan deodoran, antiperspiran, atau produk yang mengadung kombinasi dari keduanya. 


Deodoran mengandung alkohol yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Sedangkan antiperspiran mengandung senyawa alumunium yang mampu mengurangi produksi keringat yang berlebih. 

Nah, sudah tahu kan cara menghilangkan bau badan. Semoga info ini bermanfaat untukmu ya. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)