Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Monday, 27 July 2020

Protokol Kesehatan untuk Kehidupan Era New Normal


Protokol Kesehatan untuk Kehidupan Era New Normal

Beberapa bulan ini sejak Virus Corona COVID-19 ditemukan di Indonesia, pemerintah mengimbau masyarakat tetap berada di rumah saja untuk menurunkan angka risiko tertular COVID-19. Namun, bagi sebagian orang yang memang harus bepergian karena urusan pekerjaan ataupun hal lainnya, kita harus menyiapkan beberapa protokol kesehatan di era new normal. Apa saja protokol kesehatan yang bisa kita persiapkan?




Inilah 5 Protokol Kesehatan untuk Kehidupan Era New Normal :


1.       Memakai masker saat beraktivitas dengan orang lain


Di situasi normal kita tidak terbiasa menggunakan masker. Namun, saat ini penggunaan masker sudah menjadi kebutuhan wajib yang harus dipenuhi. Di beberapa negara seperti Korea Selatan dan Singapura yang menetapkan protokol kesehatan yang lebih ketat dibanding Indonesia, penggunaan masker menjadi sebuah kewajiban. Jika tidak menggunakan masker maka akan kena denda karena dianggap membahayakan keselamatan nyawa orang lain.

Nah, buat kamu yang bepergian wajib pakai masker ya. Meskipun di Indonesia belum ada aturan denda yang mengikat warganya, namun pakai masker bisa membantu kita tetap sehat dan terjaga dari ancaman virus yang menyebar lewat droplet maupun udara yang terkontaminasi virus COVID-19. Jika kamu merasa pakai masker saja tidak cukup, kamu juga bisa menggunakan face shield agar terhindar dari percikan droplet.

2.       Rajin Cuci Tangan dengan Benar Sesuai Rekomendasi WHO


Mencuci tangan sesering mungkin membantu tangan kita untuk tetap higienis. Selain agar terhindar dari virus, kita juga perlu menjaga pola hidup bersih. Misalnya saat masuk ke dalam ruangan yang memungkinkan kita berkerumun, lebih baik sering cuci tangan di bawah air mengalir dan memakai hand sanitizer. Selain itu, setelah kamu pulang ke rumah, segera bersihkan badanmu dengan mandi dan mengganti pakaian yang kamu gunakan.

3.       Jaga Jarak Aman dengan Orang Lain


Menjaga jarak aman dengan orang lain adalah sebuah keharusan untuk menjaga kesehatan di era new normal. Jika dulu kita bisa saling berjabat tangan dengan nyaman, makan di luar rumah dengan bebas tanpa perlu ribet dengan protokol kesehatan, kini kita harus tetap berhati-hati di mana pun saat berinteraksi dengan orang lain. Pastikan kamu selalu menjaga jarak aman dengan orang lain minimal 1 meter ya. Hindari kerumunan orang banyak di area publik. Jika kamu akan duduk di bangku di area publik, kamu bisa memilih bangku yang tidak ditandai silang.

4.       Berobat ke Rumah Sakit Harus Rapid test dan Bayar APD Dulu


Jika kamu sakit dan harus dirawat di rumah sakit, saat ini ada berbagai protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Misalnya : melakukan rapid test untuk memastikan bahwa pasien sehat dan bebas dari virus COVID-19. Selain itu juga keluarga pasien wajib membayar biaya APD untuk penanganan medis seperti operasi. Karena jika prosedur tidak dilakukan akan membuat dokter rentan tertular virus corona.

Pernah dengar kasus dokter yang sakit karena terpapar virus COVID-19 dari pasien? Nah, rapid test ini bertujuan untuk meminimalisir hal  itu. Biaya rapid test yang mahal juga menjadi pertimbangan pasien untuk berobat ke rumah sakit. Namun, jika kamu harus Rapid Test, kamu bisa rapid test di RS Columbia Asia Pulomas.  Untuk biaya rapid test dan info lainnya tentang COVID-19, kamu juga bisa cek di website halodoc.com

5.       Tes Suhu Badan dengan Termometer


Seorang teman yang bekerja di Jepang pernah bercerita ia tidak bisa masuk kerja karena suhu tubuhnya tinggi. Padahal saat di rumah, ia sudah mengecek suhu tubuhnya termasuk angka normal. Namun setelah ia bersepeda menuju kantornya, suhu tubuhnya naik drastis. Ia diharuskan untuk beristirahat di rumah dan diliburkan hingga sehat kembali.

Awalnya saya kira hal ini berlebihan ya, namun di masa pandemi COVID-19 ini, mengukur suhu tubuh sendiri di rumah adalah keharusan. Kenaikan suhu tubuh yang drastis akibat demam dan flu bisa jadi salah satu ciri awal terrpapar virus COVID-19. Jadi jika kamu mengalami kenaikan suhu tubuh yang drastis hingga demam dan flu, beristirahatlah di rumah. Minumlah air putih yang banyak, istirahat yang cukup, konsumsi makanan bergizi, dan minum suplemen vitamin ya. Jaga jarak aman dengan orang lain jika kita harus berinteraksi di luar rumah ya.

Nah, itulah 5 protokol kesehatan untuk kehidupan era new normal. Semoga kita selalu sehat dan bisa melewati masa pandemi ini dengan  baik ya. Stay healthy!


4 comments:

  1. bisa ditambahkan juga untuk bertransaksi cashless, krna sempet baca berita ada yang positif covid-19 padahal gak kemana-mana. ternyata tertular melalui uang kembalian ketika berbelanja sayur.

    stay safe and stay healthy selalu :)
    terima kasih ya sudah sharing.

    ReplyDelete
  2. semoga pandemi ini cepat berlalu

    ReplyDelete
  3. terimakasih informasi protokol kesehatannya yang lengkap, semoga kita semua selalu mengikutinya demi kehidupan yang baru

    salam sehat dan ceria selalu

    ReplyDelete
  4. Salah satu protokol kesehatan, jaga jarak minimal 1 meter. Tapi yg pacaran pada susah dbilangin, malah makin lengket. Jarak paling 1 cm 😂

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)