Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Monday, 1 October 2018

[Review] Drama Korea : Familiar Wife (2018)


Hai, man,-teman. Jadi, kemarin aku nonton drakor Familiar Wife, yang maen Jisung oppa. Anyway, ini ceritanya mirip Go Back Couple, cuma lebih bagus menurutku sih. Banyak yang bisa diambil dari kisah pasutri ini. 😄




Pak Cha menikah dengan Woo Jin saat gadis itu putus asa ketika ayahnya meninggal. Sebelumnya, pak Cha membantu Woo Jin saat harus jadi saksi tentang kasus pelecehan seksual di bus. Jadi ni cewe pake baju mini, trus digrepe-grepe pantatnya sama cowo di belakangnya.

Pak Cha ga nyangka dari kejadian nolong cewe itu, dia malah jadi suka sama Woo Jin dan ya akhirnya mereka nikah.



Singkat cerita, Woo Jin udah punya dua anak, tapi karena beban hutang dan keuangan yang kacau, dia jadi hobi marah2 sama suaminya. Woo Jin juga kewalahan mengurus kedua anaknya karena keduanya sama-sama pekerja dan sibuk setiap hari.

Woo Jin yang dulu periang jadi monster setelah menikah. Pak Cha kurang tidur karena harus jaga anak di malam hari, siang ribet ngurus kerjaan di kantor, konflik dengan atasan, dll. Pak Cha berharap dia bisa cerai dari istrinya. Dan dia bisa hidup bahagia tanpa beban, tanpa tertekan.

Suatu hari, dia ketemu  cewe yang dulu dia suka. Ga tahunya ni cewe suka dia juga. Lah, jadi galau deh pak Cha. 😅



Yang aneh adalah, suatu hari dia ketemu sama bapak-bapak tua di kereta, dan dia dikasih koin keluaran tahun 2006.

Tahun 2006 adalah tahun di mana dia ketemu pertama kali dengan istrinya. Koin itu yang membawanya ke tahun 2006. Dia kek ngerasain time travel gitu. Nyata kejadiannya, tapi cuma dia yang nyadar kalo dia berpindah dimensi waktu.

Di situlah dia dihadapkan pada pilihan. Apakah dia mau mengubah takdirnya?


PATH : PERSIMPANGAN TAKDIR DUA MANUSIA


Kalau kamu ingin mengubah takdir, takdir apa yang akan kamu ganti dengan takdir baru?

Di sinilah Pak Cha dihadapkan pada pilihan, apa dia mau mengganti jalan takdirnya?



Nah, pas dia balik ke tahun 2006, dia menahan dirinya untuk ga ikut campur dengan urusan Woo Jin. Woo Jin dibiarkan gitu aja tanpa dibantu. Padahal klo dia ga punya saksi kunci, ya bakal ga bisa lapor polisi kan?

Tapi pak Cha bodo amatlah. Ga tahunya ada orang yang bantuin  Woo Jin. Jadi cewe itu tetep bisa lapor ke polisi.

Ada satu kejadian yang harus diubah, yaitu pas Pak Cha janjian kencan sama Hye Won. Dulu dia telat dateng. Nah, skrg dia bisa dateng tepat waktu, tapi... dia mengubah takdir orang lain karena dia asal nyerobot taksi yang dipesan seseorang. Gara2 kejadian ini, takdir orang itu pun berubah.

Pas pak Cha tahu klo itu ulahnya yg asal serobot taxi orang yang ternyata temennya, dia ketawa dong. Hahaha

"Kau tahu, kalau kau pergi menggunakan taksi itu  dan datang tepat waktu di bandara untuk bertemu kekasihmu, kau kini sudah jadi suami dengan dua anak kembar."

Lol. 😂

Jadi, takdir kita emang bersisian dengan takdir orang lain. Klo ada yang diubah takdirnya, ya semuanya berubah. 😅

Pas pak Cha berusaha mengubah takdirnya, dia pun balik lagi ke tahun 2006 dengan tujuan agar istrinya berubah jadi Hye Won, cewe cantik anak orang kaya. Ga tahunya dia beneran kebangun di pagi hari, dengan kondisi baru. Rumah baru yang wow besarnya, istri baru, status baru, mobil baru, tapi pekerjaan tetap pegawai bank bagian pinjaman.

Berhubung si istri anak orang kaya, Hye Won ini anak pemegang saham tertinggi. Jadi punya channel ke orang-orang penting. Pak Cha yang dulu dibully mulu sama atasannya, kini dia malah jadi anak emas di kantornya. Kebayang kan jadi Pak Cha, senengnya kayak apa?

Tapii... dia tiba-tiba menyesal kenapa dia seegois itu. Karena ketika dia mengubah takdirnya, anaknya pun berubah. Anaknya bukan 2 orang anak yang dulu dia kenali.

Nangis dong pak Cha.

Dia pun bilang ke diri sendiri.

"Gpp, klo begini mungkin Woo Jin juga akan bahagia di suatu tempat lain."

Jreng jreeeng....

Ga tahunya... namanya jodoh ya, ga kemana. Ni orang ketemu lagi sama Woo Jin. Saking takutnya ketemu mantan istri, dia shock dong. Trus pak Cha bikin kekacauan di kantor dengan ga sengaja mencet pistol berisi gas air mata ke semua teman-temannya. 😂



Ceritanya bakal makin panjang. Haha. Tonton sendiri aja deh. Baguuuss, Insya Allah. Aku suka, apalagi ost nya juga keren. Mewakili cerita dalam drakor Familiar Wife ini. 😄


KOMUNIKASI DUA ARAH


Drakor Familiar Wife sepintas mirip dengan drakor Go Back Couple. Tapi yang ini beda banget sih endingnya dan konfliknya juga.

Pas bagian Woo Jin melepas Pak Cha buat pulang pake mobilnya, mobil Pak Cha harus muter dulu karena jalan itu satu arah. Pak Cha ngomong dalam hati gini,

"Woo Jin masih tersenyum. Apa dia ingat betapa bencinya dia dengan jalan ini? Dia tidak suka karena jalan ini searah. Dia penasaran kenapa harus menjadi jalan searah. Dia menyukai jalan dan hubungan dengan manusia yang dua arah. Sambil berkata, "Jangan pernah satu arah dalam hubungan kita.", dia tersenyum lebar seperti saat ini. Setelah menikah dan tinggal bersama dengan banyak pertengkaran, apakah aku lupa dengan janji itu? Apakah dia yang lupa? Atau kami berdua?"



FIRASAT TENTANG JODOH :


Drakor Familiar Wife ini memang sesuai seperti judulnya. Dua kali Pak Cha kembali ke masa lalu, tapi dua kali itu juga dia dan Woo Jin bisa saling mengenali sebagai jodohnya. Padahal kalo dipikir-pikir ya, di dunia ini ada milyaran manusia, kenapa bisa ketemunya dia lagi dia lagi. Hahaha.

 Ya, namanya jodoh ga akan kemana kan? Jodohnya Woo Jin ya Pak Cha. Walo pas pak Cha kembali ke masa lalu pertama kali dia udah nikah sama Hye Won, tapi akhirnya tetep aja jodoh sejatinya dia ya Woo Jin.

Woo Jin heran sendiri dengan perasaannya. Dia terobsesi dengan Pak Cha, meskipun baru kenal. Bahkan dia mimpiin seseorang yang sangat nyata, seolah-olah kejadiannya bukan mimpi.

Barulah pas Pak Cha ngaku kalau dulu mereka pasangan suami istri, dia nyadar kenapa dirinya bisa sebegitu terobsesi dan deg-degan tiap laki-laki itu di dekatnya. Bahkan ibu Woo Jin bisa mengenali Pak Cha sebagai menantunya. Sampe Pak Cha nanya ke si ibu, trus ibunya menjawab, "Takdir tidak dapat dibuat dan diubah."

Ya, takdir memang berhubungan dengan manusia lain. Dan semua kejadian di dunia ini sudah ada yang atur, Tuhan semesta alam yang membuat semesta berkonspirasi untuk membuat perjodohan dua orang manusia berhasil. Apapun yang terjadi. Mau hujan badai kek, mau bumi gonjang ganjing kek, kalau jodohnya kamu itu dia, ya ga akan berubah. Bakalan tetep ketemunya dia juga.

That's why, takdir seseorang sangat misteri, sampai kamu sendiri yang akhirnya tahu. "Oh, ini dia jodohnya ya."





MENGUBAH TAKDIR, BISAKAH?


Intinya sih, kita bisa mengubah nasib hidup kita dengan berusaha yang terbaik. 😄

Misal,  yang miskin jadi kaya, yang jelek awut-awutan jadi cantik, yang galak, bisa lah dikit diubah, tapi ga ekstrim. Cuma bisa dikurangi kadarnya aja. Karena itu watak bawaan lahir. Yang bawahan bisa jadi atasan, yang rumahnya kecil bisa jadi besar. Semuanya bisa diubah asal mau berusaha.

Tapi soal takdir dan rezeki berupa jodoh, anak, mertua, kematian, itu ga bisa diubah karena udah ditulis di kitab kehidupan kita.

See?

Ini seperti yang selama ini kita pelajari kan?

Nasib kita bisa berubah, kitalah yang mengubahnya. Tapi yang udah mentok ya ga bisa. Karena Tuhan udah ketok palu siapa jodoh kita nanti, siapa mertua, siapa aja anak kita. Karena itu, bersyukurlah kalau udah punya semuanya. Karena dengan begitu kehidupan jadi lebih mudah dijalani. 😊

Ngomong gini gampang, aslinya dijalani jauh lebih kompleks, apalagi buat yang udah nikah ya. Tapi dipikir-pikir lagi deh. Kalau kamu mau berubah, ajaklah pasanganmu juga. Biar sama-sama berbenah jadi lebih baik.

Yang diubah akhlak/karakternya, bukan pasangannya, yes. 😄



FAMILY TIME FOR FAMILY MAN AND WOMAN :


Familiar Wife memberi kesan hangat, canda tawa, tangis,  gregetan, pengin marah dan ngomel-ngomel juga ada. Kalo kata Nindri, porsi drakor ini pas, nggak lebay. Bener banget, aku setuju.

Entah kenapa semua kejadiannya kecuali yang bagian fantasi ya(pas balik ke masa lalu) itu menurutku seperti ada di dunia nyata kita. Jadi, penonton bisa belajar banyak dari kehidupan para tokohnya.

Hikmahnya apa yaaa.. pernikahan yang bahagia, bikin nyaman, dan hati tenang itu... bagaimana pun juga harus diupayakan oleh kedua belah pihak. Bahkan meskipun harus ada drama-drama yang harus dilewati oleh pasutri. Ya jalani aja biar tuntas.

Ya dijalani aja takdirnya. Komunikasikan apa yang ga disuka, apa yang disuka, biar  keduanya saling memperbaiki diri. Karena segimana pun diubah, ending takdirnya tetep sama. Jodohmu ya dia juga.

Jadi... Yang diubah gaya berkomunikasinya, karena pasanganmu itu cerminanmu. Kalo kamu selingkuh di luar, ya bisa jadi pasanganmu juga melakukan hal yang sama. Nggak mau kan kalau hal itu terjadi?

Aku kaget pas pak Cha ketemu Hye Won pertama kali di episode 1, dia bilang gini,


"Ah, tak apa. Hanya saja, aku sudah lama tidak diperhatikan seperti ini."

Glek. Kebayang kan gimana jadi Pak Cha. Istrinya jadi monster karena hobi marah-marah di rumah bahkan melempar semua benda yang ada di dekatnya pada suaminya. Dan di luar sana suami dapat perhatian yang manis dari seorang perempuan cantik. Ya gimana hati nggak meleleh yak. Hahaha.

Hmm... Makanya, seharusnya seorang laki-laki dan perempuan yang sudah menikah, harus saling menjaga benteng pertahanan keluarganya dari godaan orang luar.

Dengan cara apa?

Ya bikin kegiatan bareng suami/istri, habisin waktu bersama, berdua aja tanpa anak. Agendain waktu khusus setiap hari. Kalau ada yang berhalangan jemput anak karena sibuk, kabari, gaes. Jadi bisa segera dicari solusinya.

Kalo pergi berdua aja, trus anaknya pada dikemanain? Dititipinlah sama ipar atau simbahnya. Haha. Jadi ortunya bisa nonton film, curhat, pillow talk, manja-manjaan kayak pas jaman pdkt dulu. Wkwk. Asli ini bikin ngakak drakornya kalo inget kejadian yang sweet gitu.  :))

TIPS ROMANTIS  :


Anyway, romantis ala pegawai bank itu emang beda yak. Hahaha. Mentang-mentang pekerja bank cara ngelamarnya antimainstream "Tolong cetakin buku tabunganku dong". Eh tapi isi bukunya berubah jadi kata-kata romantis. Dasar drakor 😂

Tapi woo jin punya kriteria sendiri tentang melamar yang romantis macam mana.

"Lamar aku di roller coaster dan teriak sambil bilang "saranghae woo jin ah. Narang gyoronhae jullae ya"

Pas Pak Cha ngumpul sama kedua temannya, dia juga kasih tips romantis sama istri. Katanya gini,

"Puji dia sehari sekali. Laukmu lezat sekali. Apa yang harus kulakukan dengan wanita secantik dirimu? Berat badanmu  turun ya. "

Tapi bener juga ga sih? Siapa sih cewek yang ga suka dipuji? Apalagi sama orang yang dia sayang. Hahaha

Di episode awal, game PS ini jadi sumber masalah retaknya hubungan rumah tangga mereka. Tapi di episode akhir justru muncul kembali sebagai sumber rasa syukur punya istri pengertian macam Woo Jin. Ada yang pengen bahas ini bareng? Kira-kira kenapa yaa?

Tanpa sadar jakkanim Familiar Wife mengajarkan kita bahwa kalau kamu mau dingertiin sama pasangan, ya kamunya kudu ngertiin dia juga. Mau diperhatiin? Ya perhatiin balik dulu yes. Ngejalanin hubungan ingin aman nyaman tentram? Ga ada yang sesempurna itu. Seperti yang Cha Joo Hyuk bilang "selalu ada cobaan yang akan datang", jadi pasangan mana pun harus bersiap untuk menghadapi ujian pernikahan mereka. 

Dalam setiap hubungan yang dijalani oleh setiap pasangan, harus ada feedback dalam sebuah hubungan. Karena hubungan dijalanin oleh dua orang, maka keduanya yang juga harus berusaha bukan salah seorang aja. Jangan sampai jadi hubungan yang timpang karena berat sebelah dengan dalih "kurang mengerti gimana kan udah dikasih pengertian?"

Padahal setiap orang punya cara menyelesaikan masalah yang berbeda dengan orang lain. Cara me time setiap orang juga beda. Woo Jin lebih suka menahan semuanya sendiri dan menangis saat menonton film. Sedangkan Pak Cha butuh me time dengan bermain Game PS kesukaannya untuk melupakan keruwetan hidupnya sejenak. Di sinilah dibutuhkan dua orang yang saling memahami kebutuhan masing-masing.

Makanya kalau ada suami istri cek-cok bisa jadi karena keduanya tidak saling memahami kebutuhan masing-masing. Karena bahasa cinta setiap orang beda, maka penuhilah tangki cinta pasanganmu dengan bahasa cinta yang tepat. Jadi dia tahu bahwa dia dicintai sepenuh hati, sesuai harapannya, bukan harapan pasangannya.

Overall, drakor Familiar Wife ini baguuss banget menurutku. Bisa diaplikasikan di kehidupan nyata gimana biar kehidupan rumah tangga suami istri yang sedang di ambang kehancuran bisa diperbaiki lagi. 9 bintang dari saya untuk drakor Familiar Wife ini. 

2 comments:

  1. Wooooo.....ini yang Kiky rekomen di Twitter ya. Aku kemarin langsung cari di Youtube. Pas tau ini drakor, gak jadi nonton :D Ntar deh kalo ada kuota lebih di akhir periode, kucoba nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Iya, teh. Baguuusss ini drakornya. Ga menye-menyelah. Haha. Kusukaaa, sampe belum move on nih. XD

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)