Thursday, 29 September 2016

[Review] Beli Domain di JagoanHosting.com dan Dracoola.com


Hallo, man-teman. Saya mau cerita dikit soal ternak blog yang dilakukan kemarin-kemarin. Sebenarnya saya udah lama kepengin ternak blog, dalam artian beli domain nggak hanya satu, tapi beberapa. Tapi karena pertimbangan biaya yang lumayan mahal juga, jadilah saya hanya membeli 2 domain. Beli pertama waktu 3 tahun lalu. Buat domain http://ilarizky.com ini saya beli di dracoola.com atas rekomendasi seseorang. *uhuk* :p Sekarang masih awet loh. Alhamdulillah. Saya udah perpanjang masuk tahun keempat. Kalau ibarat bayi, ni bayi lagi lincah-lincahnya. Wekeke. *becanda. :p  

Trus karena pengin dibikin subdomain, saya pun memperbanyak blog dengan niche yang berbeda. http://resensi.ilarizky.com buat resensi buku, http://resep.ilarizky.com untuk resep masakan, dan http://stuff.ilarizky.com buat kreasi DIY yang lagi saya usahakan untuk diupdate kontennya (baru satu soalnya, haha)

Alasan pakai subdomain waktu itu ya karena pengin hemat biaya aja. Hehe. Daripada beli domain banyak banget, mending beli satu trus disubdomainkan buat niche yang kurang potensial menghasilkan uang kalau pakai domain. Eh yang soal ini saya salah deh. Ternyata blog resep itu tetep bisa dapet penghasilan walau pakai subdomain. Trus yang resensi juga bisa dapet buku gratis walau pakai subdomain.

Jadi memang pilihan saya tepat ya, buat nggak mengkomersilkan menggunakan TLD. Pakai subdomain aja tetep bisa menghasilkan. Karena dua komunitas blogger yang bekerjasama dengan blog saya itu memang mengharuskan saya menulis sesuai niche blog. Dan mereka memang nggak terlalu rempong soal domain endebra endebre sih. Berat bok kalau saya harus bayar semuanya jika didomainkan karena satu domain di dracoola.com seharga 130 rb/domain/tahun. Hahaha. Puyeng nggak tuh kalau belinya sebanyak itu? :P :D

Yang kedua saya beli domain di November 2015 buat domain www.celotehkiky.com ini. Dibantuin settingnya sama Chilman Adji. Thank you ya. :D Sekarang udah saya perpanjang juga untuk tahun kedua, walau jatuh tempo perpanjangannya masih 2 bulan lagi.

Promo Domain yang Menggoda


Kapan hari waktu itu, pas liat di timeline fb, ada beberapa teman (Nyi dan Enny) yang heboh banget soal domain murah. Saya penasaran dong lihat harganya. Ternyata murah banget, 21 rb waktu Enny Law bilang kalau dia beli domain di kisaran harga segitu di jagoanhosting.com. Saya penasaran kenapa harganya bisa murah banget. Ya, walau ternyata pesennya susyeh karena loadingnya lama. Jadi pas udah ditungguin jam 2 siang lha kok nggak bisa diloading buat nyari nama domainnya. *krik-krik-krik*, mending saya tinggal ngerjain yang lain deh.

Trus selang berapa lama saya masih kepikiran soal domain itu. Eh, emang berapa sih harga domain di Jagoanhosting.com kalo lagi normalnya? Maksudnya bukan pas flash sale kayak yang Enny bilang waktu itu. Nah, saya ceki-ceki lagi di webnya. Di sana lagi ada promo domain. Harga domain .com hanya 70 rb/domain belum termasuk pajak 10% (totalnya 77 rb + kode unik pemesanan). Kalau harga normal 145 rb/domain.

Saya pikir, ya udah keknya ini waktunya buat ternak blog. Pertama ragunya karena kapan ya bisa menghandle semua postingannya. Tapi bismillah aja, semoga dimudahkan buat segalanya, buat rencana ke depannya dan dimudahkan bayar domainnya di tahun-tahun berikutnya. Saya punya rencana jangka panjang buat domain itu, jadi insya Allah bakalan diupdate secara berkala.

Kenapa Pengin Ternak Blog? 


Hmm, kira-kira kenapa ya? :D
Ada yang bisa jawab? 
.
.
.
.
Karena saya pengin mengkomersilkan blog tersebut. 

Yaps. Makin banyak blog sama seperti membuka kran rezeki, anggaplah begitu. Meski ada juga yang fokus di satu blog aja dan bisa menghasilkan dari satu blog saja. Tapi who knows ya, siapa tahu Allah bermurah hati untuk memudahkan saya mendapatkan tambahan dari membuka kran rezeki yang baru.

Mungkin ini kedengaran aneh buat teman-teman yang nggak biasa berurusan dengan blog. Kenapa sih harus didomainkan dengan top level domain (TLD)? Kenapa harus domain gitu, nggak pake blogspot atau wordpress.com aja? Kenapa tertarik buat ternak blog? Karena saya mau mengkomersilkan blognya. *rencananya sih gitu* Berhubung emang ada agensi/brand yang suka nanya mbak blognya yang domain mana lagi. *hyaa, wong waktu itu saya hanya punya 2 domain aja, itu pun masih suka keisinya kadang-kadang, malah nanya domain mana lagi. wekeke.

Nah sekarang waktu memantapkan diri buat beli domain lagi saya mikir-mikir. Hm, emang mau diisi apalagi? Pikir saya ya udah dibikin blog dengan artikel yang temanya lebih ke Smart Corner buat blog www.aikoaimee.com dan buat www.kikysmile.com lebih ke random aja sih. Gitulah saya, sukanya yang random-random. :p






Beli Domain Murah di Jagoanhosting.com


Saya beli dua domain www.aikoaimee.com dan www.kikysmile.com di jagoanhosting.com tanggal 23 September 2016 dibantuin temen, pas malem ya. Pas udah mau tutup tuh jagoanhostingnya, saya malah baru submit buat konfirmasi pembayaran. Karena saya dapat email kalau belum ada pembayaran yang masuk akhirnya saya konfirmnya lewat email. Sebelumnya jagoanhosting bilang kalau bisa konfirm lewat web, tapi kok webnya error gitu. Heuheu. Yaudah, setelah itu diverifikasi datanya, dan selesai.

Domain pun bisa disetting meski ada sedikit drama gitu lah. Nggak bisa dibuka dan yang muncul malah web lainnya (semacam parking domain gitu). Oiya, di jagoanhosting kalau blog kamu sebelumnya pakai blogspot.com, nanti nggak ada biaya beli hosting untuk parking domain ya. Karena emang kepakenya dikit banget kuotanya (kata Kak Danni Moring gitu) trus di jagoanhosting biaya hosting itu dihilangkan.  Jadi hanya bayar domainnya aja. Trus settingnya gimana? Itu urusan yang lebih profesional , wehehe. Saya minta tolong teman, jadi nggak tahu detailnya gimana. :D

Selesai itu semua, nanti tinggal maksimalkan konten blognya biar blognya makin mudah dideteksi oleh Google.

Bisa baca postingan saya tentang ini : Cara Mengatasi Alexa Rank No Data


Kesimpulan : 


Jadi kesimpulannya apa? Sejauh ini, belanja domain di dracoola.com dan jagoanhosting.com cukup aman. Kalau mau yang murah ya di jagoanhosting.com mumpung lagi ada promo(tapi sekarang yang promo bukan .com, tapi ekstensi lain) Kalau dracoola.com jarang banget ada promo domain, paling promonya hosting tahunan. Wekeke. Nah, buat yang mau ternak blog gimana? Pastikan kamu udah punya niat yang kuat buat mengurusi blogmu biar nggak lumutan lagi. :p Itu aja dari saya, sekian dan terima traktiran *loh



10 comments:

  1. beda perusahaan hosting beda juga paketnya :D, klo di mast*rweb, beli domain belum bisa setting blogspot (berdasarkan yg pernah alami), jd harus beli hosting yg cuma nebeng aja, sebesar 1MB harganya Rp. 11 (sebelas rupiah,ga tahu klo skrg)..dulu memang settingin temen jg buat blogspotnya, kirain di mast**w** bisa cm beli domain, ternyata harus pilih hosting yg 1MB..klo yg tempat km enaknya lgsg pilih domain aja sih..kendalanya cuma form submitttt nyaaa hahahha kok error toh ya di webnya :D, tp untungnya supportnya mau daftarkan secara manual (tanpa via web)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya, rada ribet ya lewat webnya. makasih udah dibantuin, kak. :D

      Delete
  2. Mbak Ilaaaa banyak banget blognya haha. Aku baru punya dua nih yang TLD. Yang Sohibunnisa juga beli di Jagoan Hosting. Karena dulu pernah dikasih hadiah sama mereka. Alhasil jadi keterusam perpanjang sampe sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, niat banget ini bikin blog barunya. wekeke.
      Wah, dapet hadiah ya, mb Ade? Harganya termasuk murah itu, mba. dibanding kalau pake di godaddy. hihi. bedanya sama dracoola.com juga hanya 15 rb.

      Delete
  3. Dua tiga paragraf ngerti, berikutnya mulai kudu berpikir keras, apa itu parking parking.. >.<

    ReplyDelete
    Replies

    1. Hihi, mbaa Meriska, aku pun ga tahu soal detailnya gimana. xD Intinya sih link domain itu klo baru dipindah ada jedanya sebelum bisa diakses. Nah biasanya parkir dulu domainnya di mana gitu, *lupa* ntar baru setelah berapa jam bisa diakses.

      Delete
  4. Ya ampun Mbak Ila, itu blognya banyak bangeuut, aku gak sanggup kl segitu banyak Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diisinya kadang-kadang aja, mba Nurin. Hehe. Paling seminggu sekali, atau kalo lagi rajin diisi :D

      Delete
  5. Ternak blog emang lagi trend sekarang ini.
    Saya salut loh ada org yg blognya sampe 5, tld semua dan pa/da nya bagus2.
    Supperrr bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya, mba Ratu. Lagi banyak sekarang yang banyakin domain dan dikomersilkan ya. Salut sama yang konsisten.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)