Saturday, 27 August 2016

Tentang Si Pendengki

Seorang teman luar jawa bilang bahwa hidup di Jawa yang ia takutkan adalah masalah kleniknya yang teramat kuat hingga ke akar masyarakat. Bisa dibilang ucapan dia ada benarnya. Di sini, apa-apa selalu dikaitkan dengan sesaji atau semacamnya. Kadang orang mau nikah aja masih ditanya weton apa, hari lahirnya apa, dsb. Trus dicocok-cocokin. Kalo nggak cocok jadi batal nikah. Atau masih ada mitos soal orang jawa kalo nikah sama sunda bakalan cekcok, ya semacam itu. Mau bikin rumah aja di atas atap harus disediakan sesajen. Hiyy. Masih ada lagi yang lain. Banyak banget.

Friday, 26 August 2016

Hobi Baru (?)

Hobi Baru (?)

Kalau ditanya, “Apa hobi kamu?” Saya bakalan jawab, makan. Wkwk. Nggak ding, becanda. Makan sih kebutuhan ya. Bukan hobi. Soal hobi, tiap orang punya kecenderungan masing-masing. Ada yang hobinya bertahan lama hingga belasan tahun bahkan ada yang hanya sekejap saja.

Tuesday, 23 August 2016

Surga yang Sudah Kita Tahu

Surga yang Sudah Kita Tahu

Semalam, saat saya akan mengajar anak-anak di bimbel, bapak bilang sesuatu. “Minta tolong diajar ya. Bapak mau berdoa.” Karena anak yang berangkat sekitar 7 orang jadi kelas bakalan riweuh kalau ibu yang ngajar sendirian. Saya ada jatah ngajar anak SMP tapi cuma dia aja. Jadi masih bisa ngajar anak kelas lain.