Saturday, 29 June 2013

Review Blog Chemistrahmah.com


review blog chemistrahmah.com
Chemistrahmah.com adalah blog yang ditulis oleh Rahmah Usman yaitu blogger dari Maros. Saat ini bertempat tinggal di Surabaya. Saya berkenalan dengan mbak Rahmah di grup kepenulisan dan beliau ternyata aktif juga sebagai blogger. Mbak Rahmah sering mendapatkan review blog dari publisher idblognetwork.com, semacam publisher yang memang mencari blogger dengan tulisan dan konten terbaik. Sebagian besar tulisan di blog adalah cerminan dari pikiran penulisnya, Seperti juga tulisan mbak Rahmah. Ada beberapa kategori yang bisa dibaca di blog chemistrahmah.com. Seperti antologi, bisnis, blogging, chemistkimia, event, info, dsb. 

Melihat blog mba Rahmah, saya menganalisa ada beberapa banner yang besar dan tampil dominan dibandingkan banner komunitas.  Untuk pemilihan warna dan font sudah sesuai dengan yang saya suka, karena cukup standar dan mudah dibaca. Yang pasti, ga bikin mata sepet. Hehe. Kalau background blog dengan warna putih saya lebih mudah membaca dan mudah fokus pada tulisan. 

Jika pengunjung ingin mengetahui penulis blog ini, bisa klik di profil dan contact. Karena penulis menyediakan page khusus di bagian atas halaman blog.

Total artikel adalah 373 artikel di blog ini. Dengan 57 queries terbaik yang bisa diakses dalam hitungan 0.427 detik.

SEO nya termasuk bagus karena sudah 30% dari total tulisan yang ditulis bisa menembus google searching. tanpa blogwalking pun, penulis akan berkelimpahan trafic dari google. Karena pengunjung akan banyak menemukan tulisan yang mereka cari di blog ini. 

Untuk alexa rank global adalah 190.800 dan pagerank 2. cukup bagus untuk blog berlatar warna putih ini. 

Harga taksiran blognya pun sudah bisa membuat mata saya terkagum. Karena jika dijual, site ini bisa diprediksi bisa dijual seharga 8503 USD. Inilah kenapa mbak Rahmah memilih-milih review mana yang akan dia kerjakan, karena katanya sih sayang kalo kasih backlink dengan fee yang tidak sesuai dengan harga webnya. Hehe. termasuk blog rekomended karena memang mempunyai tulisan yang berkualitas.


Oiya, saya akan mencoba menganalisa hasil dari alexa.com yang saya lihat untuk blog ini. 



Bounce rate yang saya baca dari data di alexa.com sebanyak 35,10%. Ini bagus, karena semakin kecil skor, berarti pengunjung yang datang ke blog betah berlama-lama, membaca sampai selesai, dan tidak langsung menutup browser tersebut.

Daily pageviews per visitor sebanyak 8,10. Jadi setiap orang yang mengunjungi blog ini setidaknya akan membuka 8 artikel. Saya akui, blog ini termasuk blog dengan bahasa ringan dan template ramah SEO yang mudah diakses baik via mobile maupun desktop sehingga pengunjung betah berlama-lama dan mudah menuliskan komentar. Komentar yang sudah dituliskan pun akan dibalas oleh penulis dan balasannya otomatis masuk dalam email yang kita cantumkan saat berkomentar. Jika pengunjung lupa komentar apa yang sudah ditulis, tidak usah khawatir, karena komentar balasan yang masuk ke email sudah termasuk quote komentar yang pengunjung tuliskan.

Daily Time on Site : Per hari, pengunjung menikmati blog ini dengan lama kunjungan rata-rata adalah 15 menit 32 detik. Ini keren, karena google akan sangat senang mencatat blog yang sering dikunjungi dengan waktu yang cukup lama. Karena jika blog yang dibuka ternyata hanya sekadar buka, komen lalu ditinggal pergi, google tidak akan mencatat itu sebagai kunjungan. Postingan-postingan yang saya lihat memang agak sepi komentar, tapi sebenarnya tak perlu khawatir, karena sebenarnya banyak juga pengunjung yang membaca tulisan sampai selesai, hanya mungkin, keterbatasan waktu atau akses dari hp. 

Siapa saja pengunjung blog chemistrahmah.com? Pengunjung terbanyak laki-laki berusia 18-24 tahun, perempuan berusia 25-34 tahun, dan laki-laki berusia 35-44 tahun. Dengan analisa ini, pemilik blog bisa memprediksi tema tulisan mana saja yang cocok untuk pengunjung dengan range usia tersebut. Saran saya, perbanyak postingan dengan tema yang sesuai dengan range usia tersebut.

Browsing location terbanyak adalah dari home, mba rahmah bisa menuliskan blog di jam-jam istirahat, karena ternyata pengunjungnya lebih banyak yang mengakses dari rumah, bukan dari kantor. Bisa juga pengunjungnya adalah ibu rumah tangga atau siapapun yang bekerja dari rumah. Sehingga bisa mengira pengunjung terbanyak efektif di jam-jam tertentu seperti jam istirahat pukul 17.00 hingga  21.00.


Persentase pengunjung terbanyak dari Indonesia sebesar 91, 8%. Site link sebanyak 246, dengan top sites linking berasal dari blogger.com, hostgator.com, blogspot.de, goodreads.com, semrush.com, dll. Dari data ini, mba Rahmah bisa tahu mana saja link site yang bisa digunakan sebagai pendongkrak traffic blog. Site Goodreads.com yang selama ini terabaikan oleh saya membuat saya tahu bahwa ternyata site linking yang terbaik justru dari sana. Nanti saya coba triknya ya, Mba. :D

Sekian review dari saya, semoga bisa memberi gambaran tentang blog chemistrahmah.com. Terima kasih untuk mbak Rahmah yang sudah bersedia untuk saya review blognya. :)




Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

12 comments:

  1. wah review yang sangat mendalam :D

    makasih masukannya mbak Ila sayang
    semoga disegerakan kita bertemu yah...

    ReplyDelete
  2. Bagus review-nya, Ila.
    Cukup dalam. Aku udah gak kepikiran lagi gara2 koneksiku payah :D

    ReplyDelete
  3. lengkap banget reviewnya. cocok deh jadi analysist web. :P
    semoga menang :D

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. Kompliteeee... :D
    Semoga menang yaaa Jeng...

    ReplyDelete
  6. wew, keren juga yah blog mbak rahmah ini

    ReplyDelete
  7. waw,..revie yang lengkap kap bangettt... sukses ya dan blognya mba Rahmah ternyata keren banget ya :)

    ReplyDelete
  8. Weitss, keren nih reviewnya. Blog Mbah Rahma top banget yak *langsung ijo begitu tahu harganya qiqiqi

    ReplyDelete
  9. kirain dari maros Bogor ternyata Surabaya ya :)

    ReplyDelete
  10. alexanya cantik yah, tapi kalau soal harga jual situs, aku sering ga percaya... itu cuma bikin ge er yg punya blog aja :D

    ReplyDelete
  11. reviewnya komplit. sy juga jd sdkt tau fungsinya alexa :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)