Monday, 24 June 2013

Oleh-oleh Khas Purbalingga

Kacang Umpet Mbok Lingga Khas Banyumasan
Postingan ini seharusnya sudah diposting sejak lama, tapi baru sempet sekarang :D *ngeles* Waktu jalan-jalan ke Owabong, Purbalingga tempo hari, aku sempet mampir ke pusat jajanan di Sukaraja. Biasanya sih memang berhentinya di situ. Jadi kalo belanja-belanja oleh-oleh khas Purbalingga pengen dapet harga yang lebih murah, ya di sini tempatnya. Kalo di pusat tempat wisatanya justru mahal.

Tulisan di belakang bungkus Kacang Umpet. Ada yang paham artinya? ;)
Apa aja oleh-olehnya? 
Aku beli kacang umpet Mbok Lingga Khas Banyumasan. Bentuknya ya kacang kayak kacang biasa cuma di luarnya ada lapisan crispy-cripsy gitu, cuma dikasih pemanis gula. jadi rasanya agak manis (dikit)

Ada juga dodol rasa rumput laut. Yang ini aku cuma beli doang, ga sempet nyicip udah habis. Wew, padahal belinya duwaaa. Ya, kapan-kapan deh beli lagi. -.-"

Dodol rasa Rumput Laut
Trus, adekku beli permen warna warni, entah itu rasanya kayak gimana, ga pernah nyobain. 

eh, ini permen ya? :D
Truuss, ada lagi jajanan lain yaitu jenang dan krasikan. Sengaja aku belinya yang jadi satu paket, karena ga terlalu suka sama jenangnya. Jenangnya manis banget. Kalo krasikan ga terlalu sih. Buat lidah orang pantura sepertiku, tentu yang gurih, pedes itu lebih aku sukai. hehe :D Kayaknya rata-rata jajanan sana tuh manis semua deh. Ya, mirip sama tipikal makanan pas di Solo. Makan gudeg solo aja rasanya kayak makan gula. xD

Ada lagi oleh-oleh khas purbalingga. Yang ini memang wajib. Namanya getuk goreng Sokaraja. 

Jenang dan Krasikan
Getuknya dibuat dari singkong yang dihaluskan trus dibikin ukuran kecil bulet-bulet, digoreng. Rasanya enak lho. Ga terlalu manis (menurutku), ya, manisnya standar gitulah, aku malah lebih suka ini. :D 
Getuk Goreng Eka Sari Sokaraja
yakk, ini sisa-sisanya. sehari setelah pulang, langsung deh oleh-olehnya habiis bisss xD
Oya, sekadar tips, kalo abis beli oleh-oleh ini, pliiiss jangan ditutup terus talinya. langsung kalo udah nyampe rumah dibuka semua. Karena memang dalemnya itu masih panas pas beli. Dan wajib segera habis. Kesalahanku adalah beli kebanyakan ada 5 bresek. Trus, ga dibuka semua gitu. Paling dibuka dua atau tiga aja. Akhirnya sisanya ya karena didiemin di lemari jadi baunya udah basi gitu. Hadehhh...Eman-eman. >.<

Yak, segitu aja reportasenya. Lagi males nulis panjang-panjang. Hehe :D

Tegal, 240613, 08:01



22 comments:

  1. Replies
    1. udah pernah nyoba, mba lidya? enak kan? :D

      Delete
  2. Bawa karung isinya beras.
    Pakai sarung warnanya kuning.
    Belum (bisa) disebut (pergi) ke Banyumas.
    Kalau belum membawa makanannya (oleh-oleh).

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp, terjemahannya bener nih, kak. :D
      kamu orang asli mana, kak?

      Delete
  3. Tulisan di belakang bungkus Kacang Umpet. Ada yang paham artinya? => aku pahaammm :D

    suka banget sama kacang ini apalagi pas lebaran :)

    ReplyDelete
  4. di makassar disebutnya kacang sembunyi..sama ya hehehe. enak itu

    ReplyDelete
  5. Mirip ama kacang telur ga ya? Namanya lucu ya hehe

    Penasaran ama gethuk gorengnya nich :)

    ReplyDelete
  6. wuih semakin banyak pilihan oleh2 nih

    ReplyDelete
  7. lucu juga nama kacangnya yaa..

    ReplyDelete
  8. Banyak banget oleh2nya mbak, kalau aku sukanya gethuk itu tadi, salam kenal ya...?

    ReplyDelete
  9. wuih beli oleh2 nya banyak banget, kalo saya sih suka dodol garut, mirip dengan jenang :)

    ReplyDelete
  10. kalau rumahnya jauh gimana supaya ga basi? kan musti ditutup juga leh-olehnya

    ReplyDelete
  11. saya sebagai orang asli sana bangga deh jadinya :P

    ReplyDelete
  12. ahahaha, belum nyoba kripik pare kan mbak? :P

    ReplyDelete
  13. wah, kacangnya itu yang paling nyenengin deh pokoknya :D

    ReplyDelete
  14. dodol rumput laut? bikin penasaran itu gimana rasanya

    ReplyDelete
  15. wah jadi pengen jajal ki beli oleh2 khas purbalingga hihihi

    ReplyDelete
  16. saya jadi penasaran dengan getuk goreng Sokaraja :D hehehe

    ReplyDelete
  17. itu permen warna warni jajanan legend tuh.. itu yang ada gula2 nya bukan tuh permen? wahaha,dulu waktu kecil gue sering berhadapan dengan permen itu.

    ReplyDelete
  18. Itu kacang umpet, mirip kacang sembunyi. Eh, apa emang sama ya??

    ReplyDelete
  19. wah patut dicoba kalau main kesana

    ReplyDelete
  20. unik ya..oleh2nya khas purbalingga tapi belinya di sokaraja-banyumas hehe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)