Monday, 20 May 2013

Monetize Blog

Bismillah...

Postingan ini mau bahas tentang postingan Mak Enny Mamito yang aku hubungkan dengan monetize blog yaaa. Oiya, pertama kali kenal blog si Emak Enny ini pas kapan ya, lupa. Tahun lalu kayaknya, kenal dari seseorang. :)) Dan waktu mau folow blognya si Emak kece dari Tulungagung ini, aku bingung, hehe. Soalnya blognya ternyata banyaakkk. Sama deh hobi kita nih, Mak. Bikin ternak blog. Wekeke ^^v

tukeran link, ini link yang dipajang sama Mak Enny di blognya
Kalo dari postingan dengan judul Pengalaman Kerjasama Tukar Link Pertamaku :) , Mak Enny cerita kalo dia waktu itu dapet tawaran dari Vemale.com untuk mencantumkan link dan nanti linknya Mak Enny bakal dipajang di web vemale.com. 

Menurutku kesempatan ini sesuatu yang langka, lho. Jarang ada blog yang dilirik oleh sebuah website ternama, apalagi yang mengkhususkan pada artikel perempuan. Tau sendiri kan, netizen kita rata-rata memang perempuan. Biasanya bakal banyak visitor yang masuk ke blog tersebut. Sama seperti yang pernah aku alami waktu aku masukkan link postingan tentang atap anyaman dari bambu yang dimuat di Vivalog. 

jumlah visitor dan statistika di blog mamaezidan.blogspot.com lumayan banyak untuk blog yang jarang diupdate :D
Sebenernya penawaran dari Vemale.com adalah salah satu cara untuk menaikkan alexa rank. Kalo kata temen-temen dan juga pengalamanku dapet job review, biasanya pemberi job review ini liat apakah visitor kita ini banyakkah? Dan apakah dengan mudah terdeteksi di google? Kalo iya, blog kita akan dapet tawaran review-review. Itulah kenapa pentingnya menulis sesuai dengan konten yang dibutuhkan oleh orang banyak. Coba deh kita buka google. Kepikirankah apa yang dicari oleh orang saat akan mengetikkan kata di kotak search? Kalo bisa menebak apa yang diinginkan oleh orang banyak, blog kita akan dengan mudah terindex google, tapi yang terpenting lagi kontennya berkualitas, bermanfaat dan juga inspiratif. Kalo blognya penuh curhatan seperti awal aku menulis di blog ini, dulu memang ga ada pengiklan yang melirik, hehe. Jadi, menurutku sudah waktunya Mak Enny memaksimalkan diri untuk melakukan monetizing blog. Lebih detailnya mungkin bisa nanya-nanya deh ama aku, atau ke suhu yang lain di Warung Blogger banyak yang lebih jago. :D

Oiya, untuk tampilan blog udah mulai ada perubahan ya? Pas dulu font tulisannya kurang sesuai dengan selera mataku, Mak. Hihi, maafkan ya jarang main karena hal ini. :D


liat deh bukti nyata kalo beneran dalam monetize blog  yang penting "content is the king" :D
Kalo menurutku, selama ini Mak Enny sudah menulis di blog, dengan konten yang sesuai dengan keinginan para perempuan yang memang membutuhkan informasi tersebut. Bagusnya siiihh, dibanyakin updatenya. Percayalah, tulisan kita akan menemukan takdirnya sendiri. Jadi yang memang awalnya diniatkan untuk berbagi, ya berbagilah lebih banyak lagi, dan juga kalo pun akhirnya ada tawaran job review, tukar link, dan kerja sama lainnya dengan web atau penyedia iklan, anggap saja itu bonus dari aktivitas ngeblog kita. Atau mungkin Mak Enny berminat untuk mulai merambah dunia penerbitan buku? Bisa lho, Mak. Masukin aja naskahnya ke gramedia, biasanya non fiksi justru lebih banyak peluang untuk diterbitkan. Terutama jika tulisan yang kita tulis memang berkualitas. Aku percaya Mak Enny bisa mewujudkan ini, meski tentu butuh waktu dan kemauan untuk melakukannya. Sukses, Mak. ;)


14 comments:

  1. Lho kirain sudah detlen, Ila?
    Saya gak buat2 karena rasanya .. sudah DL. Eh, iyakah.
    Btw, moga menang ya dan moga dapat job review :)

    ReplyDelete
  2. wih memang blum kepikiran jg monetize blog hehehe sdg sibuk2 sih ;)

    ReplyDelete
  3. mbak Ila,, aku mau diajarin monetize blog :)

    ReplyDelete
  4. tengkyuu mb ila...wah kyknya aku mesti srg nanya2 dirimu ahlinya ini..jd jgn bosen kl srg tkmention di twitter yaa..aku haus darah..eh haus ilmu..hihi.. makasih mb :))

    ReplyDelete
  5. coba promosikan artikel blog di forum2, insya allah mendatangkan trafik

    ReplyDelete
  6. mau juga donk diajarin monetize blog nya mba y

    ReplyDelete
  7. kunjungan perdana sob, salam kenal http://aan-shared.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)