Quote of The Day

Selepas musim yang berganti, cara terbaik untuk memudahkan syukurmu terlantun adalah dengan menyederhanakan harapanmu hari ini.

Wednesday, 18 August 2021

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Pada Exchange Trade Fund

 Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Pada Exchange Trade Fund

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa informasi bisnis terbaru sangat dibutuhkan sebagai referensi. Ya, salah satunya dalam bidang investasi, yang mana pada saat ini memang sedang banyak digandrungi. 

Produk investasi exchange trade fund


Pada bidang investasi, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan system Reksa Dana bukan? Terdapat beberapa jenis produk dari Reksadana yang dapat kita pilih, seperti Reksadana Pasar Uang (RDPU), Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT), dan lain sebagainya.

Selain jenis produk tersebut, Reksadana juga menghadirkan varian produk terbarunya yang bernama Exchange Trade Fund lho.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Exchange Trade Fund


Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk beluk dari Exchange Trade Fund, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 



Pengertian Exchange Trade Fund


Pada dasarnya, Exchange Trade Fund ini merupakan jenis reksa dana yang diperdagangkan seperti saham lainnya. Dengan kata lain, Exchange Trade Fund adalah reksa dana yang berupa Kontrak Investasi Kolektif (KIK), dimana unit penyertaannya diperdagangkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Menurut Gembong Suwito selaku Perencana Keuangan Finansialku, yang menyebutkan bahwa Exchange Trade Fund adalah bentuk penggabungan antar unsur reksa dana dalam pengelolaan dana (pengeloaan diverifikasi portofolio) melalui mekanisme saham dalam hal transaksi jual beli. 

Exchange Trade Fund di Negara Indonesia pertama kali dikenalkan pada tanggal 18 Desember 2017 lalu, yaitu Premier ETF LQ45 yang dirilis oleh Indopremier Asset Mangement. Sehingga tak heran, jika Exchange Trade Fund di Indonesia terus mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. 

Hal itu dijelaskan dalam data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada akhir 2021 kemarin, yang mana dana kelolaan produk reksa dana Exchange Trade Fund mulai menembus angka Rp 14,9 triliun. Adapun mengenai beberapa keunggulan dan kekurangan pada Exchange Trade Fund yang harus kamu ketahui seperti dibawah ini :


Keunggulan Exchange Trade Fund :


1. Menjadi Lebih Efisien

Keunggulan pertama dari Exchange Trade Fund yang akan dibahas, yakni menjadi lebih efisien. Sebagai contohnya, jika kamu membeli Exchange Trade Fund, maka kamu juga telah membeli sekolompok saham dengan kualitas yang bagus serta liquid dengan modal yag kecil. 

Contoh lainnya lagi, kamu membeli Exchange Trade Fund XPTD, itu artinya kamu seperti membeli seluruh saham yang ada di indeks IDX30 tersebut dengan bobot mencapai 30 saham tersebut, sehingga akan sama dengan bobot indeks IDX30. Lebih ringkasnya lagi, yakni bobot saham BCA sebesar 30% dari IDX30. 

2. Rendah Risiko dan Biaya

Dalam transaksi Exchange Trade Fund, maka pembelian atau penjualannya akan lebih rendah dari reksa  dana. Menariknya lagi, ada juga biaya Exchange Trade Fund di pasar sekunder yang sesuai dengan komisi broker. 

3. Transparansi

Pada umumnya, komposisi Exchange Trade Fund akan diumumkan setiap hari sehingga kamu bisa mengetahui dengan pasti tentang saham-saham yang dimiliki oleh reksa dana Exchange Trade Fund tersebut.  


Kekurangan Exchange Trade Fund :


1. Biaya Pajak Capital Gain

Saat kamu ingin menjual reksadana Exchange Trade Fund di BEI, maka kamu akan dikenai pajak kepada pemerintah sebesar 0,1% dari nilai penjualan.  

2. Biaya Spread

Pada Exchange Trade Fund, maka ada selisih antara harga jual dan harga beli unit penyertaan. Tentu saja hal tesebut sangat berbeda dengan reksa dana yang selalu dibeli dan dijual kembali dalam nilai aktiva bersih (NAB).


Nah, sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Exchange Trade Fund, kan? Semoga artikel ini bermanfaat ya! 


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung.
Mohon komen pakai url blog, bukan link postingan. Komen dengan menggunakan link postingan akan saya hapus karena jadi broken link. :)